Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Berbicara berkenaan alat musik tradisional asal Jawa Barat, tidak benar satu yang paling terkenal adalah angklung. Popularitas berasal dari alat musik khas Jawa Barat satu ini lebih-lebih udah mendunia. Namun, alat musik tradisional di Jawa Barat tak hanya Angklung. Ada banyak sekali alat musik tradisional lainnya yang berasal berasal dari Jawa Barat yang tak kalah menarik dan unik.

Penasaran seperti apa alat musik khas Jawa Barat lainnya? Yuk, kenali lebih didalam kesenian Nusantara melalui ragam alat musik tradisional khas Jawa Barat berikut:

Alat Musik Tradisional Jawa Barat

1. Calung
Alat-alat musik khas Jawa Barat sebetulnya terkenal dikarenakan terbuat berasal dari bahan bambu. Selain angklung, ada pula alat musik calung yang termasuk dibikin berasal dari bambu. Meski sama-sama terbuat berasal dari lapisan batang bambu, alat musik calung khas Jawa Barat ini memiliki langkah berlainan untuk dimainkan, yakni dipuluk menggun dapat alat pemukul spesifik pada ruas bambu untuk menghasilkan nada merdu dengan nada-nada yang berbeda.

2. Celempung
Masih terbuat berasal dari bambu, alat musik tradisional berasal dari Jawa Barat sesudah itu adalah Celembung. Alat musik tradisional yang unik ini tak begitu diketahui asal muasal dan juga sejak kapan diciptakan.

Dibuat berasal dari kulit bambu dan menggunakan resonansi di didalam ruas bambu untuk menghasilakan suara, alat musik dimainkan dengan langkah dipukul sembari tidak benar satu tangan lain sesuaikan pengolahan nada berasal dari badang celempung.

3. Suling
Tak kalah terkenal berasal dari angklung, suling bambu adalah alat musik tradisional asal Jawa Barat sesudah itu yang udah banyak diketahui masyarakat. Kini suling ini udah banyak dimodifikasi menjadi alat musik yang lebih modern. Namun, jika didalam kebudayaan Sunda, alat musik suling terbuat berasal dari bambu dan memilik empat hingga enam lubang sebagai pengatur melodi berasal dari yang hasilkan oleh alat musik tiup ini.

4. Karinding
Alat musik tiup tradisional asal Jawa Barat tidak hanya suling, tetap ada Karinding. Karinding daapt terbuat berasal dari bambu ataupun pelepah pohon aren. Uniknya, Karinding yang terbuat berasal dari bambu biasanya dibikin untuk digunakan para laki-laki, tetapi yang terbuat berasal dari pelepah pohon aren dibikin bagi para perempuan.

Cara memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan langkah ditiup pada pahian tiga ruas yang dimilikinya sembari tangan memukul pada bagian tidak benar satu sisinya untuk menciptakan resonansi nada merdu yang harmonis.

5. Kecapi
Dalam tembang Sunda, alat musik tradisional sesudah itu ini kerap digunakan sebagai tidak benar satu instrumen musiknya. Dimainkan dengan langkah dipetik, Kecapi adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang terbagi menjadi dua tipe bagian.

Kecapi Indung atau kecapi induk yang memiliki ukuran lebih besar dan berdawai 18 hingga 20 digunakan sebagai instrumen untuk memimpin jalannya musik seperti beri tambahan intro hingga pilih tempo. Sedangkan Kecapi Rincik atau kecapi anak dimainkan sebagai iringan musik dengan isi jeda-jeda antar nada dengan frekuensi tinggi. Unik sekali, bukan?

6. Jentreng
Sekilas Jentreng nampak tak jauh berlainan berasal dari alat musik Kecapi yang sama-sama berasal berasal dari Jawa Barat. Namun, sebetulnya Jentreng sangatlah berlainan dengan Kecapi. Alat musik petik tradisional Jawa Barat ini memiliki ukuran lebih kecil dan juga senar yang berjumlah hanya 7 buah.

7. Rebab
Alat musik Rebab dipercayai udah ada sejak abad ke-9 masehi. Kala itu, alat musik tradisional ini memasuki daratan Sunda melalui para pedagang Timur Tengah yang datang ke Indonesia. Awalnya, alat musik ini terbuat berasal dari tembaga dengan dua hingga tiga dawai. Namun, kini Rebab udah banyak dibikin berasal dari bahan kayu.

Cara memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan langkah digesek seperti biola. Umumnya, Rebab dimainkan dengan serangkainan alat musik Gamelan lainnya sebagai pengiring begitu banyak ragam pertunjukkan seni tradisional.

8. Tarawangsa
Dimainkan dengan langkah digesek seperti alat musik tradisional khas Sunda sebelumnya, Tarawangsa merupakan tidak benar satu alat musik Sunda yang berusia cukup tua. Alat musik ini sendiri udah tercatat didalam naskah kuno adab ke-18 Sewaka Darma.

Memiliki dua dawai, alat musik ini dimainkan dengan langkah menggesek tidak benar satu dawai sembari memerik dawai satunya untuk menghasilkan harmoni suara. Alat musik tradisional ini kerap dimainkan dengan alat musik Jentreng.

9. Kendang
Satu lagi alat musik tradisional asal Sunda yang cukup umum, yakni Kendang atau Gendang. Alat musik ini dimainkan dengan langkah dipukul atau kerap disebut termasuk ditepak. Tempo dan kemampuan pukulan menjadi kunci didalam pementasan musik menggunakan alat musik tradisional ini.

Alat musikĀ  ini terbuat berasal dari kayu kelapa, cempepak, ataupun nangka yang dilapisi kulit hewan seperti kerbau atau kambing.

10. Jenglong
Alat musik tradisional sesudah itu adalah Jenglong yang terbuat berasal dari kayu dan termasuk logam besi atau kuningan yang disusun dan diikatkan mennggunakan tali. Dimainkan dengan langkah dipukul, alat musik tradisional ini memiliki peran untuk beri tambahan kerangka lagu dan juga beri tambahan nada dasar didalam pentas musik.

11. Angklung
Dikutip didalam buku ‘The Amazing of Indonesia: 71 Keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui’ oleh Sugeng HR, angklung adalah alat musik tradisional khas penduduk Sunda, Jawa Barat. Alat musik angklung terbuat berasal dari bambu dan dibunyikan dengan langkah digoyangkan.

Angklung terdiri berasal dari dua, tiga atau empat bambu dengan lapisan dua, tiga dan empat nada. Bambu yang biasa digunakan untuk mengakibatkan angklung adalah awi wulung atau bambu hitam dan awi temen atau bambu putih.

Alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat bernama angklung berfaedah sebagai pembangkit semangat didalam pertempuran. Jenis-jenis angklung adalah angklung kanekes, angklung dogdog lojor, angklung gubrag, angklung badeng dan angklung padaeng. Sejak th. 2010, UNESCO udah mendaftarkan angklung sebagai karya agung budaya hiasan dan non bendawi manusia.

Sejak 2010, Angklung udah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang jadi mengakibatkan alat musik ini jadi mendunia.

12. Arumba
Arumba adalah satu kelompok alat musik bambu khas Jawa Barat yang dimainkan secara seiring untuk menghasilkan sebuah pertunjukkan musik. Komposisi esemble berasal dari Arumba sendiri terdiri berasal dari Angkung Solo, Gambang Melodi, Gambang Pengiring, Bass Lodong, dan termasuk Gendang.

Arumba sendiri kerap menjadi bagian berasal dari beraneka pertunjukkan kesenian tradisional khas Sunda di Jawa Barat.