Amalan Berpahala Besar

Amalan Berpahala Besar – Islam adalah agama yang murah. Ia mengimbuhkan kemurahan bagi umatnya didalam menjalankan segala ajarannya. Tidak tersedia satu ajaran Islam pun yang memberatkan seorang Muslim.Tidak cuma itu, Islam terhitung mengimbuhkan pahala besar bagi tiap tiap ajaran yang dilaksanakan hamba Allah.

Ini adalah 4 ajaran gampang didalam Islam yang mempunyai pahala besar. 4 ajaran gampang ini dapat dilaksanakan oleh siapapun tiap tiap hari tanpa terasa berat, lebih-lebih justru dapat memperoleh pahala yang agung, berikut amalan-amalan tersebut:

1. Mendengarkan Adzan

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, ‘Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan sholat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya area yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. ‘Akan memperoleh syafaatku kelak pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

2. Membaca Basmalah Ketika Akan Beraktivitas

Amalan kedua yang terhitung mempunyai Amalan Berpahala Besar adalah tetap membaca basmalah disaat hendak beraktivitas, lebih-lebih didalam aktivitas yang positif.

Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amalan yang terkandung keperluan di dalamnya jika tidak diawali dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa’i).

3. Doa Masuk Pasar Untuk Mendapatkan 3 Juta Keutamaan

Hendaklah diantara kalian mengucapkan doa sebelum saat masuk kedalam pasar. Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang masuk kedalam pasar dengan membaca, (Tiada tuhan tidak cuman Allah semata, tidak tersedia sekutu bagi-Nya. Dialah yang memilii kerajaan dan pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan Dialah Maha Hidup dan tidak dapat dulu mati, ditangan-Nya segala kebaikan dan dia maha kuasa atas segala sesuatu), niscaya Allah dapat membrikan kepadanya seribu-seribu (sejuta) kebaikan dan menghapus seribu-seribu (sejuta) keburukan serta diangkat kedudukannya seribu-seribu (sejuta) derajat. Dalam riwayat lain dikatakan: Niscaya Allah dapat membangunkan tempat tinggal di didalam syurga,”(HR.Tirmidzi dan Albani menganggapnya hasan).

4. Memberi Kelonggaran bagi yang Berhutang dapat Mendapatkan Pahala Sedekah Dua Kali Lipat

Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang berikan tempo kepada seorang belum dapat membayar hutang maka tiap tiap hari ia mempunyai sedekah sampai hutang itu jatuh tempo. Jika jatuh tempo dan orang itu belum dapat membayar hutangnya kemudian ia berikan kelonggaran lagi, maka tiap tiap hari ia bersedekah dua kali lipat berasal dari harta yang dipinjamkannya,” (HR Hakim dan disepakati oleh Al-Bani).

5. Menjenguk Orang Sakit Didoakan oleh 70.000 Malaikat

“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada sementara pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat sampai sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat sampai pagi harinya. Dan dapat memperoleh jaminan buah-buahan yang siap dipetik di didalam surga,” (HR. Tirmidzi dan dia berkata hasan diakui shahih oleh Al-Bani).

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda: ”haq seorang muslim pada muslim lainnya tersedia enam. Dikatakan kepada beliau, apa itu Yaa Rasulullah?? Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: ”engkau hendaknya berikan salam disaat bertemu kepadanya, menghadirinya undangannya, berikan nasihat disaat ia meminta, mendoakannya disaat ia bersin jika ia memuji Allah, dan menjenguknya disaat ia sakit, dan engkau selenggarakan jenazahnya jika ia meninggal dunia,” (HR. Muslim).

6. Membaca Satu Huruf berasal dari Al-Qur’an Mendapat Sepuluh Pahala

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf berasal dari Al-qur’an maka ia mendapat satu kebaikan dan tiap tiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak menyatakan Aliflaammim itu satu huruf, namun aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf,”(HR. Tirmidzi).

7. Belajar di Masjid atau Membaca Al-Qur’an Pahalanya Lebih Besar daripada Mendapat Unta Dua Ekor

Rasulullah shalallahu ‘alihi wasallam bersabda:

“Siapakah diantara kalian yang pergi buthaah atau al-‘aqiiq kemudian ia pulang dengan mempunyai dua ekor unta yang bagus-bagus tanpa berbuat dosa atau memastikan tali persaudaraan? Kami menjawab, “kami semua menginginkan“. Rasulullah shalallahu ‘alihi wasallam bersabda: ”Mengapa kamu tidak pergi ke masjid kemudian kamu belajar di sana atau membaca dua ayat berasal dari kitab Allah subhaanahu wa ta’ala maka itu lebih baik daripada dua ekor unta dan sekiranya belajar atau membaca tiga atau empat ayat maka lebih baik berasal dari tiga atau empat unta dan sesudah itu tiap tiap hitungan mirip dengan hitungan unta.”(HR. Muslim dan Ahmad).

8. Muadzin atau Tukang Adzan Mendapat Pahala Sebanyak Orang Sholat Bersamanya

“Muadzin (tukan adzan) itu dapat diampuni dosa-dosanya cocok dengan panjangnya nada adzan dan pahala seperti orang-orang yang shalat bersamanya,”(HR.Al-Thabrani Dihahihkan ole al-Bani).

9. Mendoakan orang lain memperoleh pahala sebanyak orang yang didoakan.

Melakukan amalan tanpa melakukannya dengan ada problem payah namun memperoleh Amalan Berpahala Besar adalah perihal yang sangat mustahil. Amalan Berpahala Besar tanpa mengeluarkan biaya, keringat dan tenaga. Salah satu amalan yang dapat dilaksanakan adalah mendoakan orang lain.

“Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau pun perempuan niscaya Allah dapat berikan pahala kebaikan berasal dari tiap tiap mu’min laki-laki dan perempuan yang didoakannya,” (HR.al-Thabrani dan di anggap hasan oleh Albani).

10. Dahsyatnya Dzikir

Apakah tersedia kekayan yang lebih tinggi nilainya daripada dunia dan seisinya? Dzikir adalah salah satunya. Amalan ini gampang dan butuh sementara yang singkat namun dapat mengalahkan nilai kekayan dunia dan seisinya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Aku membaca: Subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (maha suci allah, segala puji bagi Allah, ga ada tuhan yang berhaq diibadahi tidak cuman Allah dan Allah maha besar). Bacaan itu lebih saya sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang di bawah cahaya matahari.” (HR. Muslim).