Cara Print Dokumen

Cara Print Dokumen – Microsft word adalah program pengetikan yang terlalu populer, hampir semua orang yang membawa dampak dokument seperti makalah, skripsi, buku, proposal, artikel, dan seterusnya selamanya pakai microsoft word baik versi terbaru seperti ms. word 2010, 2013, 2016 atau versi lama yaitu microsoft word 2007 .

Dalam penyimpanan file dokumen di microsoft word terbagi menjadi 2 yaitu soft copy dan hard copy, soft copy adalah penyimpanan pada harddisk atau flashdisk, sedangkan hard copy adalah dengan cara di print out pada kertas. Dengan melakukan print out maka terhubung dokument akan lebih ringan tanpa mesti terhubung microsoft word dan sebagai salinan kecuali soft copy rusak atau hilang.

Untuk ngeprint di microsoft word bukanlah perihal yang sulit, namun kecuali kamu tidak dulu melakukan print out maka perihal ini akan menjadi sukar dan membingungkan. Perlu kamu ketahui kecuali ngeprint halaman sembarangan dan tidak melakukan pengaturan pada printer terlebih dahulu maka hasil print out dapat terpotong, hasilnya tidak mirip seperti pada penampilan komputer.

Oleh dikarenakan itu maka mesti diperhatikan cara print dokumen microsoft word dengan baik dan benar agar hasilnya terlalu cocok yang diinginkan, dikarenakan hasilnya akan fatal kecuali digunakan untuk print makalah atau skripsi yang sudah ditentukan ukuran kertas dan margin.

Tips ngeprint halaman kerja microsoft word kali ini aku sajikan secara lengkap, menjadi dari versi microsoft office 2007, 2010, 2013 dan 2016. Jadi kamu dapat mengatur cocok dengan versi office yang digunakan.

Ada yang mesti diperhatikan sebelum Cara Print Dokumen di ms word, pada lain:

  • Mengetahui ukuran dan jenis kertas (Baca: Perbedaan Ukuran Kertas F4/Folio, A4, A3, Legal, Letter dan Kuarto)
  • Setting ukuran kertas dan margin (Baca: Cara Mengatur Ukuran Kertas dan Margin di Microsoft Word)
  • Jika sudah tahu kertas yang digunakan untuk ngeprint, sesudah itu tinggal praktik tutorial di bawah ini.
  • Pilih tab File. Tampilan Backstage akan muncul.
    Pilih Print. Panel Print akan muncul.
  • Print: Klik tombol ini untuk mencetak dokumen.
  • Copies: Di sini, Anda dapat pilih berapa banyak salinan yang akan dicetak.
  • Printer: Jika Anda mempunyai sebagian printer, pilih salah satu yang ingin Anda gunakan.
  • Settings: Di sini, Anda dapat pilih untuk mencetak semua dokumen, hanya halaman ini, atau cetak kustom untuk mencetak halaman tertentu.
  • Single plus Double-Sided Printing: Pilih apakah akan mencetak pada satu atau kedua segi kertas, kecuali printer Anda menopang pengaturan ini.
  • Collated: Jika Anda mencetak sebagian salinan, Anda dapat pilih bagaimana halaman akan diurutkan. Collated akan menyortir mereka 1, 2, 3, 1, 2, 3. Uncollated akan menyortir mereka 1, 1, 2, 2, 3, 3.
  • Page Orientation: Di sini, Anda dapat pilih orientasi portrait (vertikal) atau landscape (horizontal).
  • Paper Size: Anda dapat pilih ukuran kertas yang ingin Anda gunakan, kecuali printer Anda menopang pengaturan ini.
  • Margin: Di sini, Anda dapat mengatur margin halaman.
  • Scaling: Opsi ini sangat mungkin Anda untuk mencetak lebih dari satu halaman pada satu lembar atau ukuran dokumen agar cocok dengan ukuran kertas tertentu.
  • Page Selection: Anda dapat mengklik panah, untuk memandang halaman yang tidak sama di panel Preview.+
  • Zoom Control / Zoom to Page: Klik dan tarik slider untuk pakai kontrol pembesaran. Jumlah sebelah kiri slider bar mencerminkan takaran zoom. Anda dapat mengklik Zoom ke tombol Zoom to Page untuk mengatur kontrol zoom agar muat satu halaman di jendela.
  • Preview Pane: Di sini, Anda dapat memandang pratinjau tentang bagaimana lembar kerja Anda akan nampak saat dicetak.

Mencetak dokumen:

  1. Arahkan ke panel Print, lantas pilih printer yang diinginkan.
  2. Masukkan jumlah salinan yang akan dicetak.
  3. Pilih pengaturan tambahan kecuali diperlukan.

Kadang-kadang Anda kemungkinan menjadi tidak mesti mencetak semua dokumen, di mana pencetakan kasus kustom kemungkinan lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Apakah Anda mencetak sebagian halaman individu atau beraneka halaman, Word sangat mungkin Anda untuk pilih identik halaman yang ingin Anda cetak.

Mencetak dokumen seperti tugas makalah atau paper sementara kuliah adalah perihal yang rutin dilakukan. Selain tugas harian, tersedia terhitung tugas akhir seperti skripsi atau tesis yang perlu lebih banyak kertas di dalam prosesnya. Tidak hanya bagi anak kuliahan, para pekerja kantoran pun pasti sering mencetak dokumen-dokumen laporan.

Mencetak atau Cara Print Dokumen umumnya hanya ditunaikan pada salah satu lembar kertas saja. Sementara, lembar sebaliknya dibiarkan kosong. Praktik ini, tak sekedar boros kertas terhitung tidak cukup efisien. Padahal cara print bolak-balik dapat ditunaikan dengan lumayan mudah, dan dapat digunakan di beraneka format dokumen.

Untuk itu, di dalam artikel ini akan diberikan sebagian Cara Print Dokumen bolak-balik yang dapat digunakan baik untuk file dokumen berformat Word, Excel, maupun PDF.

Cara print bolak balik tak sekedar ditunaikan secara manual terhitung dapat di-setting secara otomatis. Berikut cara print bolak balik yang dirangkum dari liputan6.com.

1. Cara Print Bolak Balik Manual

Cara print bolak balik manual dapat ditunaikan saat Anda merubah pengaturan default menjadi duplex printing tiap tiap kali hendak mencetak dokumen. Saat mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak tiap tiap halaman di segi pertama lembar kertas dan Anda mesti membaliknya untuk mencetak kembali di segi yang kedua. Seperti ini beberapa langkah dari cara prinnt bolak balik manual;

  1. Masuk ke menu Print pada Microsoft Word.
  2. Pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah dan pilih “Manual
  3. Duplex”, lantas simpan pengaturan.
  4. Kembali ke dokumen di Word.
    Print dokumen dan Word akan menghendaki Anda untuk memasukkan halaman untuk dicetak di segi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, tersedia terhitung cara print bolak balik manual yang lain. Cara manual ini dapat Anda pakai saat ingin mencetak dokumen seperti skripsi dan tesis yang mempunyai tambahan header atau footer. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka dokumen di Word, Klik “Print”.
  2. Pilih opsi “Print Odd Numbered Pages”, Klik “OK” untuk mencetak halaman ini.
  3. Masukkan kertas ke di dalam printer. Perlu diketahui, bahwa mencetak duplex secara manual mengharuskan Anda untuk membalik kertas sendiri untuk halaman selanjutnya. Coba terlebih dahulu di sebagian sampel kertas untuk memastikan umpan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.
  4. Kembali ke dokumen di Word. Pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman sesudah itu di segi lain kertas.

2. Cara Print Bolak-balik Otomatis

Selain dengan cara manual, Anda terhitung dapat mencetak dokumen bolak-balik secara otomatis. Jika printer Anda sudah menopang percetakan duplex, maka Anda dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik.

Beberapa jenis printer umumnya sediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa mesti Anda atur secara manual. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda dapat berikan sinyal centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer.

Maka secara otomatis, Anda tidak mesti kembali melakukan pengaturan tiap tiap kali akan mencetak dokumen yang panjang. Akan namun kecuali pengaturan otomatis tidak tersedia, maka sudi tidak sudi Anda mesti mengaturnya secara manual.

3. Cara Print Bolak-balik Excel

Cara print bolak-balik yang kali ini spesifik untuk dipraktikkan pada dokumen berformat excel. Jika printer Anda mempunyai support pada duplex printing, maka yang mesti Anda melakukan adalah;

  1. Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau dapat terhitung CTRL + P.
  2. Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan
  3. Di Setting, pilih Print on Both Sides.
  4. Kemudian, pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides.
  5. Dan yang terakhir pilih Flip sheets on long edge.
  6. Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Namun kecuali printer yang Anda mempunyai tidak mempunyai support pada duplex printing, maka cara print bolak-balik yang mesti Anda melakukan adalah;

  1. Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau dapat terhitung CTRL + P.
  2. Masuk menu Printer List, lalu pilih printer yang akan digunakan.
  3. Cetak halaman pertama dengan mengisikan angka 1 pada Pages box lalu klik tombol Print.
  4. Jika sudah selesai mencetak, balik halaman lalu masukkan kembali ke printer.
  5. Pada pages Pages box isi angka 2 lalu klik tombol Print.
  6. Untuk halaman ketiga dan sesudah itu mengulangi cara di atas hingga semua halaman tercetak.

4. Cara Print Bolak-balik PDF

Untuk cara print bolak-balik bagi dokumen berformat PDF, selanjutnya adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti;

  1. Klik Tab File pada Adobe Reader, lalu pilih Print atau dapat terhitung CTRL + P.
  2. Pada Printer Dialog, pilih Print On Both Sides Of Paper.
  3. Print On Both Sides Of Paper.
  4. Selanjutnya, klik Print untuk melakukan pencetakan.

Seperti itulah 4 cara print bolak-balik yang dapat Anda praktikkan dengan mengatur jenis dokumen punya Anda. Memang lebih dianjurkan untuk belanja printer yang mempunyai support pada duplex, Agar Anda dapat melakukan print bolak balik secara lebih mudah.