Contoh Surat Edaran

Contoh Surat Edaran – Penggunaan berasal dari surat edaran tidak terbatas terhadap instansi pemerintah saja. Namun surat edaran termasuk sering dan lazim dipergunakan dengan berbagai macam tujuan. Yang mana semuanya punya tujuan untuk mengimbuhkan informasi atau sifatnya adalah sebuah pemberitahuan. Meski begitu, surat edaran yang waktu ini dipakai dan tersebar luas, tetap sering terkandung sebagian kesalahan format maupun bahasa.

Kali ini kamu bakal dipertunjukkan berbagai umpama surat edaran yang bakal kita jabarkan dan bakal disampaikan sebagian umpama penulisan surat edaran dengan tata cara yagn baik dan benar. Beberapa umpama di bawah ini merupakan umpama surat dinas yang sering digunakan di sebagian instansi dan organisasi yang ada di Indonesia.

Salah umpama berasal dari surat resmi yaitu surat edaran. Merupakan sebuah pemberitahuan tercantum secara resmi berasal dari sebuah lembaga/ instansi/ perusahaan/ organisasi maupun perorangan. Surat ini biasanya berisikan informasi dan penjelasan berkenaan suatu hal penting di dalam area lingkup tertentu.

Berfungsi untuk memberitahu khalayak lazim mengenai perubahan terhadap ketetapan atau bakal diadakannya aktivitas tertentu. Dilihat berasal dari model informasi yang disampaikan surat edaran terbagi ke dalam dua jenis, yaitu surat edaran terbatas dan surat edaran tidak terbatas.

Surat edaran terbatas dapat dikatakan berwujud tertutup, sebab biasanya hanya dimaksudkan bagi satu lingkup tertentu saja. Misalnya Contoh Surat Edaran perusahaan kepada para karyawannya, Contoh Surat Edaran OSIS kepada pengurusnya, dan lain sebagainya.

Sedangkan surat edaran tidak terbatas berwujud terbuka, dimana dimaksudkan kepada khalayak lazim dan berhak diketahui oleh siapa saja. Misalnya saja surat edaran Kapolri kepada seluruh masyarakat Indonesia mengenai razia kombinasi kendaraan bermotor.

Bagian-Bagian Surat

1. Kepala Surat
Bagian pertama ini terdiri berasal dari kop surat, logo instansi/ perusahaan/ organisasi, nama dan alamat yang memicu surat, judul dan nomor surat, dan juga tempat dan tanggal dikeluarkannya surat tersebut.

Pada anggota judul surat biasanya bertuliskan “SURAT EDARAN” diikuti oleh info nomor surat di bawahnya.

Tempat dan tanggal surat dituliskan di pojok kanan bawah info judul dan nomor surat.

Alamat terhadap kop surat kudu tercantum dengan lengkap untuk menjauhkan terjadinya kesalahan penyampaian informasi kepada khalayak umum.

Letak berasal dari kepala surat tentu saja di anggota paling atas berasal dari surat. Jangan sampai terlewat ya kop surat ini sebab kop tersebut dapat pilih keresmian sebuah surat.

2. Isi Surat
Merupakan anggota badan (inti) berasal dari surat edaran. Berisikan informasi atau pengumuman tertentu yang ingin disampaikan.

Sama dengan surat lainnya anggota isi terdiri berasal dari pendahuluan (latar belakang informasi tersebut dibuat), inti surat, dan penutup.

Isi surat ini haruslah ditulis dengan mengetahui maksud dan tujuan diedarkannya surat. Gunakan bahasa yang tidak bertele-tele dan juga ringan dipahami, dan tentu saja kudu sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

3. Kaki Surat
Sesuai dengan fungsinya, kaki surat adalah anggota yang meninggalkan jejak terhadap surat tersebut. Dalam hal ini berwujud nama dan sinyal tangan pejabat yang berwenang.

Selain itu segala informasi berkenaan pembuat surat, seperti NIP (jika) ada, jabatan, dan tembusan (jika ada).

Hal-hal tersebut kudu tercantum terhadap anggota kaki surat. Agar sah secara hukum, jangan lupa mencantumkan cap dan stempel lembaga/ instansi/ organisasi.

Ketiga poin di atas adalah bagian-bagian surat edaran yang kudu ditulis dan jangan sampai terlewat. Susunannya pun jangan sampai salah.

Karena surat tersebut sifatnya resmi maka bahasa yang digunakan kudu baku loh ya jangan gunakan bahasa sehari-hari.

Contoh Surat Edaran

Surat resmi sendiri punyai model yang beragam, salah satu yang biasa digunakan adalah surat edaran. Surat edaran merupakan surat yang biasa digunakan oleh instansi untuk menyampaikan sebuah informasi.

Biasanya wujud surat edaran berwujud pemberitahuan mengenai instansi tertentu, baik yang bersangkutan dengan kebijakan, kerja, aturan, ataupun yang lainnya.

Seperti yang udah dijelaskan di atas bahwa surat edaran merupakan model surat yang berwujud resmi, oleh karenanya dalam pembuatan surat tersebut kudu memenuhi syarat surat resmi seperti terkandung kop surat, perihal, lampiran, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya wujud surat yang dapat dijadikan referensi dapat dilihat terhadap umpama di bawah ini:

1. Contoh Surat Edaran Resmi Pemerintahan
Instansi pemerintahan merupakan instansi yang berwujud resmi, oleh karenanya surat-surat yang dikeluarkan pun berwujud resmi. Salah satu surat resmi yang sering digunakan oleh pemerintahan adalah surat edaran.

Surat tersebut berisi pemberitahuan berkenaan suatu aturan/kebijakan atau apalagi aktivitas yang dibuat oleh pemerintahan.

Adapun wujud surat tersebut dapat di melihat terhadap umpama surat edaran resmi pemerintahan di bawah ini:

PEMERINTAH KOTA MADYA BANDA ACEH
KECAMATAN KUTA BARO KUTA ALAM
Jln. Kelapa Dua No. 65 Kuta Baro Jaya Banda Aceh Telepon (0651) 675465

Banda Aceh, 14 Maret 2018

Nomor : 20/KB/2018
Sifat : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama

Yth. Ketua RW 05, 06, 07 dan 10
Kelurahan Kuta Baro
Di Banda Aceh

Melalui surat ketentuan berasal dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Banda Aceh Nomor: 05/2.654 terhadap tanggal 10 Maret 2018 berkenaan hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah dan juga penanggulangan bencana banjir, maka dengan surat ini kita mohon kepada para pengurus RW sehingga mengoordinasi/mengarahkan seluruh warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang bakal dikerjakan terhadap :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Lingkungan Masing – Masing RW

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama papa kita ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Kuta Baro,

Budi Seto

2. Contoh Surat Edaran Perusahaan
Seringkali perusahaan memicu surat untuk berbagai keperluan. Hal itu disebabkan sebab perusahaan berwujud resmi maka surat lah yang jadi alat komunikasi kepada pihak lain.

Di pada sekian banyak surat yang digunakan perusahaan, terkandung salah satu surat yang berfaedah untuk memberitahukan segala perubahan kebijakan perusahaan baik yang mengenai dengan karyawan, pekerjaan itu sendiri, dan lain-lain.

Surat tersebut disebut surat edaran. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana surat tersebut? Simak salah satu umpama surat edaran perusahaan tersebut ini:

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 14 Maret 2018

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Sehubungan dengan ada Peraturan Pemerintah Kota Bandung nomor: 72/PP/X/2018 berkenaan ketetapan dilarang merokok terhadap lingkungan kerja, maka dengan ini kita melarang kepada seluruh pegawai karyawan PT. Segar Alam Abadi untuk tidak merokok di lingkungan kantor kalau terhadap ruangan smooking tempat yang udah disediakan.

Demikian surat edaran ini dibuat harap jadi maklum dan dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Mengetahui,
Direktur SDM PT. Segar Alam Abadi,

Drs. Budi Seto