Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Dalam bekerja, kadang-kadang anda dapat menjadi tidak ada tantangan ulang atau bosan dengan pekerjaan yang anda tekuni sehingga membuatmu mengidamkan resign atau terlihat dari pekerjaan.

Faktor keluarga termasuk dapat memengaruhi pekerjaanmu sehingga mengharuskanmu untuk terlihat dari kantor di mana anda bekerja. Untuk merawat reputasimu sehingga tidak buruk dan tetap punya citra baik di perusahan baru dan lamamu, sudah pasti anda kudu alasan yang logis mengapa terlihat dari pekerjaan.

Jika anda adalah seorang karyawan yang bekerja terhadap sebuah perusahaan dan mengidamkan laksanakan pengunduran diri atau resign, silakan lihat bagaimana misal surat resign pengunduran diri yang baik dan benar sehingga perusahaan tempat anda bekerja sudi terima keputusan anda dan tidak menimbulkan suatu hal yang tidak baik.

Sebagai seorang karyawan, ada banyak alasan bagi anda untuk laksanakan pengunduran diri kerja resign dari perusahaan tempat bekerja andaikata karena lingkungan kerja yang tidak cocok dengan kepribadian anda, gaji yang tidak cocok dengan pekerjaan yang diperintahkan oleh perusahaan, resign karena mengidamkan mengurus keluarga, resign karena masalah kesehatan yang tidak kunjung baik dan yang terakhir karena meraih pekerjaan baru yang lebih menjanjikan dan punya salary lebih banyak ketimbang tempat kerja sebelumnya.

Jika anda mengidamkan mengundurkan diri atau resign dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang tidak dapat dengan cara meninggalkan begitu saja perusahaan tempat anda bekerja, ada prosedur yang kudu ditunaikan sehingga pengunduran diri resign anda tidak menyebabkan anda dicap sebagai karyawan yang tidak menjunjung pekerjaan. Untuk itu anda kudu menyebabkan surat resign dan misal surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Walau terkesan lumayan sepele, alasan mengapa resign dari pekerjaan dapat memengaruhi reputasimu di tempat lama bekerja dan tempat baru yang dapat anda tuju.

Di segi lain, saat anda terlihat dari pekerjaan, anda tidak dapat terlihat begitu saja tanpa berpamitan atau beri tambahan sepatah kata kepada perusahaan lama.

Dengan itu anda membutuhkan sebuah surat pengunduran diri, yang dapat menghindarkanmu dari stigma bahwa dirimu adalah karyawan yang tidak pikirkan dengan pekerjaan.

Jika anda tidak begitu mengerti bagaimana menyebabkan surat pengunduran diri, banyak misal yang dapat anda lihat di bermacam sarana daring.

Hal yang Harus Ada di Dalam Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan bukanlah perihal yang mudah. Walaupun dapat berpisah, anda kudu tetap merawat pertalian baik demi menjaga nama baik dan koneksi di dunia kerja.

Maka dari itu, selanjutnya adalah unsur-unsur dalam Contoh Surat Pengunduran Diri yang baik dan sopan.

1. Tujuan yang Logis
Terangkan alasan anda mengundurkan diri dari sebuah intansi dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak usah jelaskan alasan secara panjang. Perusahaan hanya kudu mengerti alasanmu mengundurkan diri, bukan konsep hidupmu dalam 5 tahun.

2. Pilihan Kata Sopan
Rangkai kalimat sehingga terdengar sopan dan penuh hormat. Bukan karena dapat meninggalkan perusahaan tempat anda bekerja, anda bebas berbicara semau hati. Ingat, koneksi di dunia kerja itu benar-benar penting. Memiliki nama baik di sebuah perusahaan dapat jadi batu lompatan untuk kariermu di masa depan.

3. Identitas Diri
Di dalam Contoh Surat Pengunduran Diri kerja, nama, alamat, dan jabatan kudu dicantumkan. Fungsinya adalah sebagai data perusahaan, dan Info yang lebih mendetail.

4. Ucapkan Rasa Terima Kasih
Unsur berikutnya yang kudu ada di dalam misal surat resign kerja adalah ucapan rasa terima kasih.

Pada paragraf kedua sesudah penjelasan alasan mengundurkan diri, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih karena udah diberikan peluang untuk bekerja terhadap perusahaan yang menaungimu.

Poin ini dapat membuatmu tampak lebih profesional dan rendah hati, sehingga perusahaan pun menjadi lebih segan.

5. Berikan Juga Ucapan “Mohon Maaf”
Selain ucapan terima kasih, anda termasuk kudu mencantumkan permintaan maaf kalau selama bekerja masih ada beberapa tugas yang belum terselesaikan. Kamu termasuk dapat mengemukakan mohon maaf kalau selama ini laksanakan kekeliruan secara sengaja atau tidak sengaja.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Dengan lihat misal surat resign yang baik dan benar diharapkan dapat beri tambahan gagasan bagi anda untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan sehingga perusahaan tempat anda bekerja sudi untuk terima dan tidak menimbulkan kesan negatif tentang pengunduran diri anda.

Setelah belajar unsur-unsur di dalam misal surat resign kerja, selanjutnya adalah format yang dapat anda contek.

Jakarta, 1 Agustus 2020

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. XXXXX
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….
Alamat: …………
Jabatan: ………
Nomor ID: ……….

Dengan terdapatnya surat ini, saya memiliki tujuan untuk mengajukan permintaan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu termasuk terhadap tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang udah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu udah beri tambahan peluang bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya termasuk mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini udah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya termasuk mengidamkan mengucapkan rasa terima kasih terhadap rekan-rekan kerja yang udah berjuang dengan dalam mencapai obyek perusahaan.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak ulang jadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya termasuk mohon maaf andaikata selama ini saya laksanakan kekeliruan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat makin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya bikin dengan penuh kesadaran serta atas permintaan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

Selain format surat pengunduran diri kerja di atas, anda termasuk dapat mencontek dari misal surat pengunduran diri di bawah ini.