Doa Untuk Orang Sakit

Doa Untuk Orang Sakit – Dalam Islam, kita direkomendasi untuk saling menyayangi antar sesama manusia. Terlebih kala mereka sedang ditimpa musibah, layaknya sakit misalnya. Kita juga direkomendasi untuk menjenguk mereka dan juga memberi tambahan doa untuk orang sakit. Tujuannya sehingga ia lebih stimulan dalam melawan penyakitnya.

Adapun perihal yang terkait bersama adab, kala menjenguk orang yang sedang sakit, dalam Islam mengajarkan beberapa adab menjenguk orang sakit yang di dalamnya terkandung doa untuk orang sakit sehingga segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Berikut ini Seruni bakal memaparkan doa untuk orang sakit sesuai bersama sunnah dan juga keutamaan menjenguk orang sakit. Terdapat beberapa versi doa baik untuk perempuan, laki-laki, pun diri sendiri yang sakit. Simak selengkapnya berikut ini:

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
Sebagai sesama manusia, lebih-lebih sesama Muslim, kala seseorang diantaranya mengalami musibah, dalam perihal ini ditimpa suatu penyakit. Maka ada kewajiban kita untuk menjenguk orang tersebut, bauk yang dihinggapi sakit mudah pun berat. Menjenguk orang sakit merupakan hak pada seorang Muslim bersama Muslim lainnya yang kudu ditunaikan, sebagaimana yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ “حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إذَا لَقِيْتــَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاك
فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَك فَانْصَحْهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَ إِذاَ مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذاَ ماَتَ
فاتـْبَعْهُ”. (رَواهُ مُسلمٌ، بَابُ مِنْ حَقِّ الْمُسْلِمِ لِلْمُسْلِمِ رَدُّ السَّلَامِ برقم 2162)

Dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Hak seorang Muslim terhadap sesama Muslim itu ada enam, yaitu:

• Jika kamu bersua dengannya maka ucapkanlah salam,
• Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya,
• Jika ia menghendaki nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat,
• Jika ia bersin dan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ maka doakanlah ia bersama Yarhamukallah yang berarti “Mudah-mudahan Allah memberi tambahan rahmat kepadamu.”,
• Jika ia sakit maka jenguklah dan
• Jika ia meninggal dunia, maka iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim, No. 2162)

Rasulullah SAW juga menuntun umatnya, bagaimana memang seorang Muslim menyikapi saudaranya kala dihinggapi rasa sakit. Di sini ada peluang ibadah, ada pahala yang terlampau besar yang dijanjikan untuk orang yang menjenguk orang sakit. Sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadist.

Hadits pertama
إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا عَادَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ لَمْ يَزَلْ فِي خُرْفَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ

“Sesungguhnya seorang muslim sekiranya menjenguk saudaranya sesama muslim maka ia tetap menerus berada di khurfatil jannah hingga ia pulang (kembali).” (HR. Muslim No. 6498)

Hadits kedua
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُوْدُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيْفٌ فِي الْجَنَّةِ

“Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bershalawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di pagi hari. Dan ia miliki buah-buahan yang dipetik di dalam surga.” (HR. At-Tirmidzi no. 969)

Menjenguk orang sakit hukumnya adalah fardhu kifayah jika yang sakit adalah orang yang tidak miliki kerabat atau keluarga yang membantunya. Tanyakan keadaannya, apa kebutuhan dan dukungan yang diperlukan sehingga sakit yang dideritanya menjadi lebih mudah dan tidak makin tambah parah.

Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Setelah mengupas tentang keutamaan dalam menjenguk orang sakit, tak lupa Seruni juga bakal memberi tambahan doa kala memandang atau menjenguk orang yang sedang sakit. Adapun doanya sebagai berikut:

1. Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh
Doa berikut ini dibacakan kala kamu hendak menjenguk kawan ataupun keluarga yang sakit. Sebaiknya doa ini dipanjatkan di dalam hati sebagai pengharapan sehingga sakit yang dideritanya cepat diangkat dan diberikan kesembuha. Berikut ini lafal Arab, latin, dan berarti sebagaimana yang tercantum di dalam HR. Bukhari, No. 5742 dan Muslim, No. 2191.

“Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illa anta syifaa’an, laa yighaadiru saqoman.”

2. Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kekuatan
Selain doa di atas, kamu juga sanggup memberi tambahan doa untuknya sehingga mentalnya terdorong dan jadi kuat dalam melawan penyakit yang ia derita. Doa ini sanggup kamu sampaikan segera kepada orang yang sakit, baik dalma bhs Arab maupun berarti saja.

“Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffaollohu bimaa min khotooyah. As-alulloohal’adziima rabbal’arsyil ‘adziimi ayyu’aafiyaka wa yusyfikaya.”

3. Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kemudahan
Jika kita mendapati orang yang sedang sakit panas, maka kita sanggup mendoakannya sehingga sakit panas yang dialaminya sanggup segera disembuhkan oleh Allah SWT. Doa Berikut lafalnya.

“Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil ‘adziimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari.”

Doa setelah itu dibacakan sambil menengadahkan tangan, sesudah itu dilanjutkan bersama membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Usapkan tangan yang telah didoakan tadi ke muka orang yang sedang sakit panas. InsyaAllah panas yang dialami orang berikut perlahan lahan bakal menurun.

4. Doa untuk Orang Sakit Parah
Sakit sanggup menyerang siapa saja. Terutama jika sakit berikut cukup parah dan tidak ada mungkin untuk disembuhkan. Tentu perihal ini tida di inginkan orang banyak. Jika bisa, mereka idamkan tetap dalam suasana sehat. Tetapi, penyakit sanggup menyerang seseorang kapan saja tanpa sanggup diprediksi.

Bahkan, ada beberapa dari kita yang mengidap sakit keras. Segala macam pengobatan telah dijalankan. Tetapi, harapan untuk sembuh justru jadi jauh. Jika kamu, kerabat, atau keluargamu sedang dalam suasana layaknya ini, berpasrahlah kepada Allah SWT. Maka direkomendasi untuk membaca doa Rasulullah ini, yang terkandung dalam kitab Shahih Bukhari,

“Allahumma ahyiny maa kaanatil haatu khairan li, wa tawaffani ma kaanatil wafatu khairan li,”

Akan lebih baik lagi, jika doa diatas dibadakan sembari mengusap kepala orang yang sakit paarah dan juga meniupkan tiga kali nafas ke ubun-ubunnya.

5. Doa Agar Penyakit Diangkat Oleh Allah SWT
Jika yang sakit adalah diri sendiri, sebaiknya kita juga direkomendasi untuk berdoa dan memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Tentunya doa yang dibacakan sesuai bersama hadits Rasulullah SAW, berikut ini adalah doa minta kesembuhan untuk diri sendiri,

“A’uudzu bi’izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.”

Doa di atas, sebaiknya dibacakan sebanyak tujuh kali sembari memegani bagian tubuh yang sakit. Jangan lupa untuk memulai doa ini bersama membaca basmalah sebanyak tiga kali, bacakan doa berikut untuk kesembuhan. Sejatinya, ikhtiar pengobatan yang kamu laksanakan demi kesembuhan bakal mulai lengkap jika diiringi bersama doa.

Oleh sebab itu, jangan dulu sanggup mengamalkan doa tersebut. Dan jika idamkan doa ini lebih mustajab, lakukanlah shalat hajat dua rakaat tiap-tiap malam (jika mampu) dan panjatkan doa di atas bersama langkah yang serupa setelahnya.