Film Horror Indonesia Yang Mungkin Belum Anda Tonton

Industri film Indonesia kondang produktif mengolah film-film bertema horror. Tidak kalah bersama film horor Hollywood ataupun film horor Jepang dan Thailand, tidak sedikit film horor Indonesia yang bisa membawa dampak bulu kuduk meremang.

Nah, membawa dampak anda yang puas melihat kengerian film horror, kali ini kita bisa membicarakan kumpulan film horror Indonesia terbaik selama jaman yang mesti disaksikan membawa dampak barang siapa yang ngaku sebagai pecinta film horror.

1. Jelangkung – 2001

Film Horror Indonesia terbaik yang pertama diangkat dari urban legend kondang di Indonesia, Jelangkung.

Mengusung judul yang sama, film horror Indonesia ini awalannya tidak dibuat untuk bioskop dan ditayangkan di TransTV yang kala itu belum mengudara secara nasional. Kualitasnya kemudian membawa film ini ke layar bioskop dan mendulang kesuksesan.

Jelangkung mengisahkan tentang emapat sekawan yang sebenarnya tengah berburu tempat-tempat angker guna raih pengalaman mistis.

Sayangnya, tentang selanjutnya nggak mereka dapatkan hingga pada kunjungan mereka ke desa Angkerbatu di Jawa Barat.

Singkat cerita, Soni, salah satu dari empat sekawan selanjutnya memastikan untuk manfaatkan ritual Jelangkung untuk raih pengetahuan gaib. Setelah itu, justru malapetaka yang bisa menghantui empat sekawan ini.

2. Macabre/Rumah Dara – 2009

Rumah Dara atau yang punya judul lain Macabre adalah film horror yang merupakan kelanjutan dari sekuel lepasnya pada film antologi horror Indonesia, “Takut”. Berbeda bersama genre film horror Indonesia yang umumnya berkutat pada hantu dan setan, Rumah Dara lebih mengususng tema thriler bersama karakter antagonis berupa seorang psikopat.

Film horror Indonesia ini menceritakan sepasang suami istri dan bayi mereka yang hendak berlibur ke Bandung bersama rekan dan saudara mereka. Ditengah perjalanan, mereka bersua Maya, seorang gadis yang mengaku baru saja dirampok. Berniat mendukung Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya pulang kerumahnya. Di tempat tinggal tersebut, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka. Disinilah satu persatu mereka terjerat di dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Untuk yang nggak kuat adegan penuh darah dan pembunuhan, film horror Indonesia satu ini barangkali mesti anda hindari.

3. Pengabdi Setan – 1980

Pengabdi Setan yang dirilis pada 1980 adalah film horror Indonesia yang benar-benar kondang pada masanya, bahkan di tingkat Internasional. Saking suksesnya, film ini dibuat ulang pada 2017 bersama judul yang sama, dan mendulang kesuksesan. Film horror Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya tapi jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini jadi terungkap kala sang ibu meninggal.

Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga tempat tinggal jadi memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

4. Ratu Ilmu Hitam – 1981

Berbicara film horror Indonesia terbaik, tak bisa lengkap rasanya jikalau tak memasukkan film yang dibintangi ratu horror Indonesia, Suzzana. Ratu Ilmu Hitam yang dirilis pada 1981 adalah salah satu film Suzzanna terbaik yang sukses menyabet penghargaan sinematografi terbaik dan nominasi aktris terbaik pada FFI 1982. Film horror Indonesia ini berkisah tentang Murni, gadis desa yang dibakar dan dibuang ke jurang oleh masyarakat karena dianggap menganggu sang mantan kekasih bersama manfaatkan pengetahuan hitam.

Beruntungnya Murni diselamatkan seorang dukun yang ternyata adalah orang yang manfaatkan pengetahuan hitam tersebut. Dihasut untuk membalas dendam, Murni pada akhirnya mempelajari bermacam pengetahuan hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam.

5. Modus Anomali – 2012

Sebuah keluarga tengah berlibur disebuah villa kecil di tengah hutan. Liburan mereka awalannya jadi benar-benar menyenangkan hingga pada akhirnya mereka semua terbunuh. Saat itulah muncul sosok Evan yang tiba-tiba hilang ingatan dan dihadapkan oleh bermacam bukti bahwa baru saja berlangsung pembunuhan mengerikan.

Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita, dan terhitung bermacam senjata yang tampaknya baru saja digunakan untuk membunuh. Siapakah sebenernya Evan? Dan mengapa keluarga selanjutnya dibunuh? Teka-teki inilah yang bisa anda temui jawabannya melalui film Horor Modos Anomali karya Joko Anwar.

6. Keramat – 2009

Keramat adalah film horror Indonesia karya sutradara Monti Tiwa yang masuk kedalam jajaran film horror terbaik Indonesia selanjutnya. Berkisah tentang sebuah tim mengolah film yang tengah laksanakan pre-shooting di sebuah desa terpencil di Bantul.

Sayangnya, banyak konflik yang berlangsung diantara tim, jadi dari molornya jadwal hingga ketidaksepahaman naskah. Konflik jadi menjadi-jadi kala salah satu pemain kemudian mengalami kerasukan. Untuk menyelamatkan pemain selanjutnya mereka terpaksa menemui paranormal dan pada akhirnya terjerat di di dalam hutan yang penuh keanehan dan terhitung misteri.

7. Kuntilanak – 2006

Film horror Indonesia seterusnya yang bisa dikategorikan sebagai film horror terbaik adalah Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle.Film horror satu ini mengisahkan Samantha, gadis broken home yang memastikan untuk muncul dari tempat tinggal dan tukar ke sebuah kost-kost-an misterius.

Tak disangka, Samantha ternyata punya garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak. Ditambah lagi, keluarga pemilik Kost selanjutnya ternyata dulu laksanakan pesugihan kepada Kuntilanak. Keanehan jadi berlangsung pada Samantha yang di dalam kamarnya terdapat cermin keramat, yang jadi penghubung dunia manusia dan dunia gaib.

Bagaimana kelanjutan teror Kuntilanak di dalam kehidupan Samantha? Cari menyadari jawabannya di film Kuntilanak.

8. Pengabdi Setan – 2017

Film besutan Joko Anwar ini adalah prequel dari film berjudul sama yang tayang pada th. 1981. Ceritanya berkisah tentang seorang ibu yang jatuh sakit dan pada akhirnya meninggal. Belakangan diketahui jikalau sang ibu merupakan seorang pengikut sekte pemuja setan. Di th. 2017, film ini disebut sebut sebagai salah satu film horor paling seram yang tayang selama th. 2017-2018.

9. Mata Batin – 2017

Film horor Indonesia terbaik seterusnya berjudul Mata Batin. Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil yang mengaku sering melihat arwah di rumahnya. Ketika sang kakak mengkonsultasikan permasalah adiknya pada orang pintar, pada akhirnya dia menyadari jikalau rumahnya sebenarnya dipenuhi oleh arwah gentayangan sesudah mata batinnya dibuka.

Film ini punya cerita mencekam dan penuh bersama kejutan yang bisa membawa dampak anda cemas ke kamar kecil di kala malam.