Makanan Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap
Makanan Khas Cilacap sebenarnya ada banyak sekali, baik yang asli berasal dari daerah Cilacap maupun yang diadopsi dariresep luar daerah dan diberi sedikit modifikasi sedikit, tetapi memiliki ke-khas-an tersendiri sebagai makanan khas Cilacap.

Makanan khas Cilacap memiliki nama-nama yang lumayan asing di telinga, agar terkesan lucu apalagi oleh warga Cilacap itu sendiri. Ya, itulah keunikan berasal dari Makanan Khas Cilacap yang didalam kesehariannya menggunakan Bahasa Jawa Ngapak didalam kehidupan sehari-harinya.

Makanan khas Cilacap ini benar-benar cocok bagi anda yang hendak memberikan oleh-oleh untuk sanak saudara yang berkunjung berasal dari luar daerah, gara-gara makanan khas cilacap ini nyaris tidak sanggup ditemui di daerah lain.

Disamping itu, makanan khas Cilacap juga sanggup dijadikan sebagai ide untuk mengawali berbisnis, khususnya yang menginginkan berbisnis dan berinvestasi di sektor pariwisata, gara-gara pariwisata Cilacap kala ini sudah mulai menggeliat.

Daftar Makanan Khas Cilacap

Berikut makanan khas Cilacap yang benar-benar digemari dan ringan di jumpai di daerah Cilacap. Bahkan bisa saja salah satu berasal dari makanan ini menjadi Klangenan atau makanan favorit kamu.

1. Thempleng

Makanan Khas Cilacap ini juga biasa di sebut rempeyek, atau juga orang menyebutnya peyek, tetapi di Cilacap ada yang menyebutnya Thempleng.

Makanan Rempeyek ini dibuat berasal dari tepung beras, bersama bumbu-bumbu yang enak dan gurih. Rempeyek ini ada beraneka macam variasi, ada rempeyek kacang, kedele, teri, rebon dan kacang ijo.
Biasanya, rempeyek sanggup kami jumpai di warung-warung dan hajatan di kampung-kampung.

2. Lanthing

Lanthing merupakan makanan khas Cilacap bersama bentuk lingkaran atau ada juga yang berupa angka 8. Makanan Khas Cilacap ini dibuat berbahan basic singkong dan berupa bulat-bulat bolong ditengah.

Lanthing Rasanya gurih, renyah dan cocok sekali untuk cemilan diwaktu santai bersama keluarga, kawan ataupun pacar.

Di Adipala jikalau anda berwisata ke Pantai Sodong atau Gunung Srandil banyak pembuat lanthing yang khas enaknya dan didistribusikan ke seluruh pelosok-pelosok Cilacap sekitarnya.

3. Mendoan

Bicara daerah Ngapak, pasti tidak dapat terlewat berbicara mekanan khas Cilacap yang bernama Mendowan. Siapa sih yang tak kenal mendowan?

Sebenarnya, makanan mendoan ini bukan saja makanan khas milik daerah Cilacap saja, mendoan juga sanggup kami temui dimana-mana disekitar Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purbalingga dan Banjarnegara.

Pembuatan makanan khas Cilacap Mendoan ini adalah berasal dari tempe yang dibuat tipis dan lebar, lalu di lumuri adonan tepung yang sudah dibumbui dan diberi daun bawang sesudah itu digoreng setengah matang atau mendo.

Mendoan ini enak dinimati kala masih hangat beserta cabe rawit segar atau istilahnya “nyigit”.

4. Gembus

Makanan Khas Cilacap seterusnya adalah Gembus, orang menyebutnya bersama sebutan yang lebih keren yakni Donat Jawa.

Gembus terbuat berasal dari olahan singkong atau ketela pohon, Gembus berupa bulat layaknya donat sesudah itu digoreng.

Untuk meraih Gembus tidak sulit, penjaja gembus kebanyakan menjual gembus dagangannya di acara-acara hiburan layaknya pagelaran wayang kulit, pasar malam, ebeg atau tontonan lainnya.
Gembus enak dinikmati kala masih anget dapat mulai banget gurihnya.

5. Tahu Masak

Makanan khas berasal dari Cilacap seterusnya adalah Tahu Masak. Tapi jangan salah, makanan Tahu Masak teryata Tahunya tidak dimasak, tetapi hanya dicampurkan bersama bahan-bahan sayuran lainnya bersama bumbu kacang, agar rasanya benar-benar nikmat.

Tahu matang adalah makanan yang terdiri berasal dari memahami kotak putih yang digoreng bersama minyak sedikit, sesudah itu dipotong-potong di kasih irisan kobis, kupat, krupuk banggi, dan bumbu khas yang dipadu bersama kacang giling. Tahu matang ini sanggup kami jumpai di pasar-pasar tradisional atau di acara-acara hiburan.

6. Tahu Brontak

Tahu Brontak adalah memahami yang dibelah secara diagonal, lalu tengahnya dibelah lagi dan diisi bersama sayuran layaknya wortel dan kecambah bersama wamuan bumbu yang gurih, lalu dilumuri adonan tepungencer, sesudah itu digoreng.

Dinamakan memahami brontak, gara-gara berasal dari didalam memahami itu, terlihat sayuran yang berontak hendak menginginkan terlihat berasal dari didalam tahu.

7. Tempe Dages/ dage

Tempe dages ini dibuat berasal dari berasal dari ampas tahu, berwarna abu-abu danada juga yang putih, bentuknya kotak dan padat.

Pengolahan tempe dages mirip layaknya pengolahan pada mendowan, rasanya enak tidak kalah nikmat bersama tempe mendoan, gurih, tidak mahal meriah dan merakyat.

Tempe dages kebanyakan dijual bersama bersama tempe mendoan, memahami brontak dan pisang goreng.

8. Salai Pisang

Salai Pisang terbuat berasal dari pisang matang yang dikeringkan, rasanya manis dan gurih. Cocok untuk makanan ringan, apalagi saat ini banyak diolah beraneka variasi di goreng tepung, ditaburi coklat dan keju.

9. Rempeyek Yutuk

Salah satu makanan khas Cilacap yang populer adalah peyek yutuk. Yutuk adalah hewan laut yang mirip bersama kepiting atau udang. Yutuk rasanya enak, gurih dan menggoda jikalau sudah menjadi rempeyek. Warnanya oranye kemerah-merahan banyak dipilih gara-gara unik. Yutuk ini banyak kami jumpai di daerah pantai layaknya Widarapayung dan sekitarnya.

10. Brekecek

Brekecek makanan Khas Cilacap yakni Pathak Jahan atau disebut juga kepala Ikan Jahan. Seninya menikmati brekecek adalah bersama menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ini kepala ikan jahan dimasak bersama bumbu-bumbu mirip bersama rica-rica, tetapi pastinya tidak serupa bersama rasa didalamnya.

11. Krupuk Tengiri

Krupuk Tengiri ini terbuat berasal dari bahan basic ikan Tengiri. Bentuknya bulat dan berwarna kecoklatan, rasanya benar-benar gurih, dan mulai banget ikan tengirinya. Krupuk Tengiri ini, sanggup kami membuat cemilan disaat nonton tv ataupun sebagai kawan makan nasi atau soto.

12. Karedok

Karedok diadobsi berasal dari daerah Banjarsari Jawa Barat. Tapi, di Cilacap Karedok sudah menjadi tradisi. Mungkin didasari gara-gara Cilacap berbatasan langsung bersama Jawa Barat.

Karedok terbuat berasal dari sayuran yang masih mentah, wortel, kobis, mentimun, kacang panjang dan kecambah. Kemudian sayuran berikut disiram atau dicampur bersama bumbu sambal kacang, ditaburi krupuk banggi atau ditambah bersama memahami ataupun ketupat.

13. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Nah, jikalau anda berwisata ke Pantai Teluk Penyu Cilacap, jangan lupa untuk menikmati beraneka macam masakan sea food. Rasanya nikmat dan mantap, di racik bersama bumbu yang pas dan pastinya lezat. Harganya pun terjangkau dan lokasinya berada di pinggiran Pantai Teluk Penyu Cilacap.

14. Kripik dan Stik Sukun

Cilacap selain populer kaya bersama hasil lautnya, juga membawa product unggulan dibidang pertanian yakni Sukun. Di Cilacap, Sukun diolah menjadi kripik dan stik.

Kripik Sukun berupa tipis, sedang stik sukun berupa persegi panjang. Diolah bersama digoreng, rasanya enak dan gurih.

15. Cethil atau Cenil

Cethil terbuat berasal dari pati singkong, diolah berupa bulat-bulat atau kotak-kotak, dan diberi warna cocok selera. Cenil ini dimakan bersama kelapa, ditaburi bersama gula pasir atau gula jawa.

16. Lopis

Lopis merupakan jajanan pasar yang rasanya legit dan manis. Kue Lopis ini terbuat berasal dari beras ketan dibungkus daun pisang dan dikukus.

Rasanya benar-benar nikmat, karene penyajianya dilumuri saus gula merah beserta kelapa parut. Kue Lopis ini sanggup kami jumpai dipasar-pasar tradisional di Cilacap dan sekitarnya.

17. Lepet

Lepet terbuat berasal dari beras ketan dan kelapa parut yang dililit-lilit bersama janur kuning. Di Cilacap, lepet disuguhkan disaat acara tujuh bulanan wanita yang sedang hamil.

Lepet menjadi hidangan atau sajian di acara selamatan. Ada mitos, jikalau lepet nya rasanya asin artinya bayi yang dikandung laki-laki dan jikalau lepetnya tidak asin bayinya perempuan.

Nggak tau juga sih benar apa nggak nya….

18. Mi Ayam

Mi ayam Cilacap banyak terbujuk oleh masakan Cina. Mi nya berwarna putih bersama sawi yang direbus, ayam dan kuahnya dipisah. Biasanya ditambah sendiri bersama saos tomat, kecap dan sambal serta krupuk pangsit. Rasanya enak, nikmat dan gurih.

19. Mi Goreng dan Nasi Goreng

Mi goreng dan nasi goreng Cilacap populer gara-gara rasanya yang gurih dan enak. Bumbu-bumbunya benar-benar berani. Mi nya terbuat berasal dari mi kriting atau mi nya lebih kecil agar tidak eneg.

Siapapun yang menikmatinya pasti ketagihan. Mi goreng dan nasi goreng ini biasa kami jumpai di mana-mana.

20. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan soto yang khas wilayah Banyumas dan sekitarnya. Ada soto babat, soto daging sapi dan soto ayam. Biasanya terdiri berasal dari soun, toge, krupuk banggi, kobis, ayam, babat, daging, lontong atau nasi bersama kuah yang kental berwarna kecoklatan dan sambel kacang atau sambal cabe.

21. Kripik Tempe

Kripik tempe ini juga salah satu khas Banyumas tetapi juga juga makanan khas Cilacap.

Kripik tempe ini layaknya tempe mendoan, tetapi digoreng kering sampe renyah atau kriuk, bahasa kerennya crispy.

Bentuknya tipis warnanya coklat, rasanya nikmat, renyah dan gurih. Cocok membuat cemilan, dimakan bersama nasi atau membuat oleh-oleh.

Rasanya benar-benar enak dan lezat. Biasanya dinikmati bersama tempe mendoan atau krupuk mireng.

22. Manggleng

Makanan Khas Cilacap yang ke duapuluh dua adalah Manggleng. Menggleng terbuat berasal dari ketela pohon yang dipotong-potong layaknya balok kecil, lalu diberi bumbu garam dan ketumbar agar grih, dan dimatangkan bersama langkah digoreng.

Nah, itulah beberapa makanan yang sanggup kami jumpai dan benar-benar di kangenin oleh sedulur-sedulur yang ada diperantauan. Salam Ngapak ora ngapak ora kepenak, ora ngapak dupak…