Makanan Khas Daerah

Makanan Khas Daerah

Makanan Khas Daerah – Dapat dikatakan, Indonesia adalah salah satu “surga” kuliner dunia. Bagaimana tidak, tiap tiap daerah punyai sajian khasnya sendiri sehingga begitu banyak ragam makanan yang sanggup dicicipi.

Masakan-masakan berikut punyai aneka macam rasa, jadi dari manis sampai pedas dan tiap tiap masakan mempunyai tingkat kerumitan tersendiri didalam sistem pembuatannya.

Beberapa Makanan Khas Daerah di Indonesia

Nah, berikut ini adalah makanan khas daerah Indonesia 34 provinsi yang kelezatannya tak diragukan lagi. Daftar dibawah ini hanya perwakilan tiap tiap provinsi saja, gara-gara tidak mungkin menuliskan makanan daerah Indonesia yang banyak sekali jumlahnya.

1. Makanan Khas Daerah Aceh – Mie Aceh

Provinsi di ujung Pulau Sumatra ini punyai banyak makanan khas, namun yang paling tenar adalah mi Aceh. Ada tiga type mi aceh, yakni mi aceh tumis, mi aceh goreng basah, dan mi aceh kuah. Cita rasanya amat menggugah selera gara-gara diracik dengan bumbu khas Tanah Rencong.

Keistimewaan makanan ini terdapat pada ukuran mi-nya yang lebih besar dari biasa dan bumbunya amat kaya bakal rempah. Mi di sediakan dengan daging, kepiting, atau udang, dilengkapi kerupuk melinjo (emping) serta acar bawang merah dan mentimun.

2. Makanan Khas Sumatra Utara

Saat singgah ke Medan, Sumatra Utara, jangan lupa belanja bika ambon untuk oleh-oleh. Kue satu ini udah tenar di seantero nusantara. Konon, kue ini merupakan hasil modifikasi kue bingka atau bika dari Melayu dengan mengimbuhkan nira sehingga mengakibatkan kue menjadi berongga.

Ada dua versi mengenai asal-usul nama “ambon”. Pertama, gara-gara kue ini pertama kali dijual di Jalan Ambon, Medan. Kedua, kue bika adalah peninggalan Portugis setelah singgah ke Ambon. Entah mana yang benar, namun yang pasti, kue yang manis legit dan bertekstur lembut ini buat ketagihan!

3. Makanan Khas Riau

Bagi penyuka seafood, khususnya udang, makanan khas Riau yang satu ini patut dicoba: gulai belacan. Sesuai namanya, gulai belacan adalah masakan berwujud gulai udang besar yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu belacan (terasi).

Makanan ini kadangkala disebut terhitung sambal gulai belacan khas Melayu. Penggunaan bumbu terasi mengakibatkan gulai ini punyai cita rasa yang amat khas, berlainan dari gulai pada umumnya. Rasa pedasnya mengakibatkan gulai belacan selalu berhasil mengakibatkan lidah bergoyang.

4. Makanan Khas Kepulauan Riau

Sebagai provinsi yang dikelilingi lautan, tak salah jikalau Kepulauan Riau punyai makanan khas berbahan dasar hasil laut, yakni otak-otak ikan. Tak seperti di daerah lain yang biasanya berwarna putih, otak-otak khas Kepri berwarna merah gara-gara diolah dengan bumbu pedas, sesuai selera penduduk setempat.

Makanan ini dibuat dengan memadukan daging ikan (biasanya ikan parang atau tenggiri) dengan bumbu, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Aroma yang berasal dari daun pisang terbakar dan isikan di dalamnya sungguh menggugah selera.

5. Makanan Khas Sumatra Barat

Rendang yang berasal dari Padang dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah dan santan sehingga menghasilkan rasa yang amat khas.

Proses memasak yang lama tak hanya mengakibatkan daging menjadi empuk, bumbunya pun meresap kuat dan rendang menjadi lebih awet. Konon, rendang berawal dari rutinitas merantau orang Minang. Sebagai bekal perjalanan, mereka mempunyai daging yang dimasak sampai berwarna hitam sehingga lebih tahan lama.

6. Makanan Khas Jambi

Provinsi Jambi terhitung punyai makanan khas yang tak kalah enak, yakni gulai ikan patin. Gulai ini punyai rasa yang unik gara-gara pakai tempoyak atau daging durian yang difermentasi. Dijamin, para fans durian tentu bakal jatuh cinta pada masakan ini.

Namun, Anda yang tidak suka durian terhitung tidak mesti khawatir. Anda terhitung sanggup ikut menikmati gurihnya gulai ikan patin ini gara-gara sekarang banyak yang mengganti tempoyak dengan santan. Jadi, pas singgah ke Jambi, jangan lupa mencicipi masakan ini.

7. Makanan Khas Bengkulu

Bukan hanya orang Jawa dan Sunda yang mengenal pepes, penduduk Bengkulu pun punyai makanan sejenis pepes yang disebut pendap. Namun, pepes yang satu ini amat unik. Ikan yang udah dilumuri bumbu halus dan parutan kelapa dibungkus daun talas lebih dahulu, barulah dibungkus daun pisang.

Bungkusan ikan berikut lantas diikat tali, lalu direbus sepanjang 8 jam. Proses perebusan yang amat lama memiliki tujuan untuk menghalau pengaruh gatal pada daun talas, sehingga tulang ikan menjadi lunak, dan bumbunya amat meresap. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap atau ikan laut lainnya.

8. Makanan Khas Bangka Belitung

Bagi penduduk yang tinggal di kota-kota besar, mi Bangka bukanlah makanan yang asing gara-gara lumayan banyak penjualnya. Mi Bangka nyaris mirip dengan mi ayam yang kerap Anda jumpai di mana saja. Hanya saja, di daerah asalnya, tersedia tambahan memahami kok, memahami asli Pulau Bangka.

Orang Bangka menyebut mi ini dengan sebutan mien. Ada yang menyebutkan bahwa sebetulnya mi Bangka adalah makanan Cina yang disebut hakka atau khek. Makanan ini dibawa oleh orang Han yang singgah ke Pulau Bangka untuk menambang timah.

9. Makanan Khas Sumatra Selatan

Bisa dibilang, pempek udah menjadi makanan nasional gara-gara nyaris seluruh orang memahami dan menyukainya. Makanan khas Palembang Sumsel ini dibuat dari daging ikan belida dan tepung sagu serta bumbu-bumbu, lantas dibentuk dan direbus.

Di daerah asalnya, pempek terdiri dari banyak jenis, seperti adaan, lenjer, kapal selam, telur, lenggang, panggang, keriting, pistel, dos, lebih-lebih tersedia terhitung pempek dari kulit ikan. Pempek sanggup dimakan segera dengan kuah cuko yang punyai rasa asam-pedas, atau digoreng lebih khususnya dahulu.

10. Makanan Khas Lampung

Masyarakat Lampung punyai kuliner khas andalan yang mesti pas tersedia acara kumpul warga, sambal seruit namanya. Sambal seruit dibuat dari sambal terasi, tempoyak durian, dan mangga yang dicampur dan diaduk menjadi satu menghasilkan rasa asam, pedas, dan fresh dengan aroma yang khas.

Sambal seruit biasa di sediakan dengan ikan goreng atau ikan bakar, sanggup di sediakan terpisah, disiramkan ke atas ikan, atau dicampur dengan ikan yang disuwir-suwir. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan air tawar, seperti ikan layis, belida, mas, baung, atau patin.

11. Makanan Khas DKI Jakarta

Kerak telor, itulah jajanan khas kebanggaan penduduk Betawi. Makanan yang bercita rasa gurih ini dimasak dengan cara yang amat unik. Telur dimasukkan ke wajan tanpa minyak, lalu setelah 1/2 matang, wajan dibalik ke arah anglo sampai menjadi kerak.

Selanjutnya, kerak telor ditaburi bumbu yang dibuat dari beras ketan, telur, ebi, yang disangrai kering dan dilengkapi bawang goreng dan bumbu halus berwujud kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula. Aroma khas dari anglo mengakibatkan kerak telor jadi nikmat.

Selain kerak telor, Jakarta mempunyai lebih dari satu makanan khas tradisional lain, seperti ketoprak, semur jengkol, soto betawi dan lain sebagianya.

12. Makanan Khas Banten

Jika biasanya sate terbuat dari daging kambing, ayam, atau kelinci, Provinsi Banten punyai sate bandeng yang tak kalah lezat. Sate bandeng dibuat dari daging bandeng yang udah dipisahkan dari kulit dan durinya yang dicampur bumbu-bumbu, telur, kelapa sangrai, dan santan.

Campuran berikut dimasukkan ke kulit bandeng, lalu dijepit dengan bilah bambu, dan dibaluri dengan sisa bumbu. Selanjutnya, bandeng dibungkus daun pisang dan dibakar. Sate bandeng sanggup segera dimakan atau disantap dengan kuah santan dan gula cokelat.

13. Makanan Khas Jawa Barat

Jawa Barat, khususnya Bandung, merupakan salah satu obyek wisata kuliner yang banyak diincar para pemburu kelezatan. Salah satu jajanan khas Sunda yang lumayan tenar adalah surabi atau serabi, yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dibakar pakai tungku dan cetakan dari tanah liat.

Seiring dengan kepopulerannya, surabi kini tidak hanya punyai rasa orisinal atau rasa oncom yang gurih dan legit. Para penjual surabi berkreasi mengakibatkan varian topping baru dengan sensasi rasa kekinian, seperti keju, coklat, durian, stroberi, kacang, dan sebagainya sehingga sesuai untuk segala selera.

Selain serabi atau penduduk sunda menyebutnya sorabi, tersedia terhitung makanan dan minuman khas tradisional lain dari Jawa Barat, diantaranya adalah bajigur, peyeum, batagor Bandung, dodol Garut atau terhitung kue Mochi khas Sukabumi.report this ad

14. Makanan Khas Jawa Tengah

Menyebut kata Semarang, tentu orang bakal segera teringat pada lumpia. Lumpia khas Ibukota Jawa Tengah ini berlainan dari lumpia biasanya yang biasa dijual di tukang gorengan pinggir jalan. Ada dua type lumpia yang biasa dijual, yakni lumpia goreng dan basah yang dua-duanya mirip nikmatnya.

Lumpia terdiri dari kulit yang dibuat dari adonan tepung dan telur yang didadar dan adonan isikan yang terdiri dari udang dan rebung yang dibumbui. Tak hanya lumpianya, sausnya pun lain dari yang lain, dibuat dari gula merah, cuka, serta bumbu-bumbu dan dikentalkan dengan tepung maizena.

15. Makanan Khas Jawa Timur

Rujak adalah makanan yang biasanya terdiri dari irisan buah-buahan yang dicampur dengan sambal. Namun, tersedia yang berlainan dengan rujak cingur, makanan khas Surabaya, Jatim. Tak hanya buah dan sayuran, rujak ini pakai cingur atau moncong sapi sebagai salah satu bahannya.

Seporsi rujak cingur memuat mentimun, kerahi, mangga muda, kedondong, nanas, bengkuang, kangkung, kacang panjang, taoge, cingur, serta irisan lontong yang disiram saus. Sausnya pun amat khas gara-gara punya kandungan petis udang. Sebagai pelengkap, rujak cingur ditaburi kerupuk.

16. Makanan Khas DI Yogyakarta

Salah satu agenda yang tak boleh dilewatkan pas singgah ke Yogyakarta adalah makan gudeg. Makanan ini dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu sepanjang berjam-jam sampai empuk. Gudeg di sediakan dengan sambal goreng krecek, telur pindang, dan ayam, lalu disiram santan areh.

Ada tiga macam gudeg, yakni gudeg basah yang di sediakan dengan sedikit kuah santan, gudeg kering yang dimasak lebih lama, dan gudeg manggar (bunga kelapa). Gudeg basah dan kering tetap sanggup ditemukan dengan mudah, namun gudeg manggar kini jadi langka gara-gara keterbatasan manggar.

17. Makanan Khas Bali

Bermula dari hidangan spesifik untuk upacara rutinitas dan keagamaan, ayam betutu lantas tenar sebagai kuliner khas Pulau Dewata yang amat lezat. Bumbu khas Bali yang kaya rempah menghasilkan aroma dan rasa yang amat khas, pas rasa pedasnya sanggup menghidupkan selera makan.

Betutu berasal dari kata be (ayam) dan tunu (bakar). Makanan ini diolah dari ayam utuh yang udah disita tulang-tulangnya, lantas dilumuri bumbu Bali dan dibungkus daun pisang. Setelah itu, ayam dikukus, lalu dibakar didalam api sekam.

18. Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat tak hanya tenar dengan pantai-pantainya yang indah, namun terhitung kuliner tradisionalnya. Ayam taliwang yang dikenal punyai rasa super pedas ini menjadi menu yang paling dicari para wisatawan pas singgah ke NTB, khususnya ke Pulau Lombok.

Taliwang adalah nama sebuah kampung di Kota Mataram yang merupakan asal muasal makanan ini. Untuk memasaknya sebetulnya dibutuhkan pas sedikit lama. Ayam yang udah dibakar, dimasak dengan bumbu dan santan, lalu dibakar lagi. Ayam taliwang biasanya di sediakan dengan plecing kangkung.

19. Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

Jagung adalah tanaman yang banyak ditanam di Nusa Tenggara Timur. Karena itulah, makanan khas provinsi ini terhitung berbahan dasar jagung yang diberi nama catemak jagung. Selain jagung, catemak terhitung memuat kacang hijau, kacang tanah, dan sayuran yang dimasak didalam kuah asin dan sedikit manis.

20. Makanan Khas Kalimantan Utara

Ingin makan kepiting tanpa mesti sibuk memecahkan cangkangnya? Cobalah olahan kepiting soka khas Kalimantan Utara. Kepiting soka dibalut tepung dan digoreng kering, lalu disiram saus asam manis. Nikmatnya perpaduan pada kepiting yang renyah dan sausnya sungguh tak terlupakan.
Makanan Khas Kalimantan Selatan

21. Makanan Khas Kalimantan Selatan

Indonesia punyai banyak ragam soto, salah satunya yang lumayan tenar adalah soto Banjar, kuliner khas dari Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Soto ini pakai ayam kampung suwir sebagai bahan utamanya dengan kuah kaldu yang gurih dan segar.

Perbedaan soto Banjar dengan soto lainnya terdapat pada bumbu dan cara menyantapnya. Soto Banjar pakai cengkih dan kapulaga sehingga aromanya amat khas. Jika soto di daerah lain biasanya dinikmati dengan nasi, soto Banjar disantap dengan lontong dan perkedel kentang.

22. Makanan Khas Kalimantan Tengah

Siapa bilang rotan hanya sanggup dibuat menjadi kerajinan tangan? Suku Dayak di Kalimantan Tengah punyai resep produksi tunas rotan menjadi masakan yang unik dan lezat yang dinamakan “Juhu Umbut Rotan”. Tak seperti rotan tua, tekstur tunas rotan tetap amat kenyal.

Namun, gara-gara rasanya sedikit pahit, umbut rotan mesti diolah dengan bumbu khusus. Biasanya, umbut rotan dimasak dengan ikan baung dan terong asam, menghasilkan perpaduan rasa gurih, asam, sedikit pahit, dan manis.

23. Makanan Khas Kalimantan Barat

Pecinta bubur mesti coba kuliner satu ini: Bubur Sambas khas Kalimantan Barat. Dahulu, kuliner melayu Sambas ini hanya sanggup dinikmati kalangan kerajaan. Bubur ini dibuat dari beras tumbuk yang ditumis tanpa minyak, aneka macam sayuran, serta kacang dan ikan teri goreng.

Bubur ini amat bergizi gara-gara punya kandungan banyak sayuran, seperti kangkung, daun kesum, dan pakis. Bahkan, pada resep aslinya, type sayuran yang digunakan untuk mengakibatkan bubur pedas sanggup mencapai tiga puluh macam. Meski bernama bubur pedas, hidangan ini tidak jadi pedas jikalau tidak dilengkapi sambal.

24. Makanan Khas Kalimantan Timur

Jika berjalan-jalan ke Samarinda, Anda bakal mendapatkan banyak penjual ayam cincane. Kuliner asli Kalimantan Timur berikut berwujud ayam kampung yang diolah dengan bumbu khas berwarna merah sedap, lantas dibakar. Cukup disantap dengan nasi putih, kelezatan ayam cincane udah amat terasa.

25. Makanan Khas Gorontalo

Sejarah kadangkala sanggup dipelajari dari makanan. Contohnya, kuliner khas dari Gorontalo, binte biluhuta. Sajian berbahan utama jagung ini konon dibuat untuk menyatukan Kerajaan Gorontalo dan Kerajaan Limboto yang kerap berperang.

Dalam bahasa Gorontalo, binte biluhuta artinya “jagung yang disiram”. Makanan sejenis sup ini diolah dari pipilan jagung yang dimasak dengan udang dan ikan cakalang serta rempah-rempah khas daerah setempat yang menghasilkan tiga rasa didalam satu sajian: manis, asam, dan pedas.

26. Makanan Khas Sulawesi Utara

Masyarakat Sulawesi Utara, punyai kuliner khas yang udah amat terkenal, yakni bubur Manado yang biasa disantap pas sarapan. Bubur ini terhitung disebut tinutuan, yang artinya semrawut gara-gara tampilan bubur ini sebetulnya keluar acak-acakan. Namun, jangan salah, rasanya amat lezat.

Bubur Manado punyai cita rasa manis dan gurih yang berasal dari beras, jagung, ubi kayu, labu kuning, kangkung, bayam, daun gedi, daun melinjo, dan daun kemangi. Tinutuan jadi jadi lezat jikalau dilengkapi dengan sambal.

27. Makanan Khas Sulawesi Tengah

Sup ikan jantung pisang, itulah makanan khas dari Sulawesi Tengah. Meski bernama sup, kuliner satu ini lebih mirip gulai. Kuahnya berwarna kuning kental gara-gara dibuat dari santan dan kunyit, tak hanya bumbu lainnya. Perpaduan ikan kakap dan irisan jantung pisang mengimbuhkan sensasi rasa yang amat khas.

28. Makanan Khas Sulawesi Selatan

Di kota-kota besar, coto Makassar biasanya hanya tersedia di restoran besar atau hotel berbintang. Bahan utama coto Makassar adalah daging dan jeroan sapi yang dimasak didalam pas lama dengan aneka bumbu. Penggunaan kacang tanah dan tauco mengimbuhkan rasa yang amat khas.

Dalam sistem memasaknya, daging dan jeroan mesti melalui dua kali perebusan. Daging dan jeroan direbus sampai matang, lantas diangkat dipotong-potong, lalu direbus lagi. Setelah itu, ke didalam air rebusan, dituangkan bumbu-bumbu yang udah ditumis.

29. Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat

Selain di Jawa, cucur terhitung dikenal di Sulawesi Barat dan menjadi jajanan khas yang selalu tersedia pada acara-acara pernikahan, khitanan, atau lainnya. Bahan untuk mengakibatkan kue cucur amat sederhana, yakni tepung beras dan gula aren yang digoreng didalam minyak kelapa sehingga rasanya manis dan gurih.

30. Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengara

Saat Hari Raya Idulfitri, penduduk Sulawesi Tenggara merayakannya dengan sajian khas, lapa-lapa. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan dibungkus pakai daun kelapa muda. Lapa-lapa biasanya disantap dengan ikan kaholenarore atau ikan asin.

31. Makanan Khas Maluku

Sebagai sebuah pulau, Maluku kaya bakal hasil laut, khususnya ikan. Masyarakat pulau ini pun punyai makanan khas berbahan ikan, yakni ikan asar atau ikan asap. Biasanya, ikan yang digunakan adalah dari type cakalang dan tuna. Ikan asar disantap dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku.

32. Makanan Khas Maluku Utara

Bukan hanya orang Jepang, penduduk Ternate, Maluku Utara, terhitung punyai makanan khas berwujud ikan mentah yang dinamakan gohu ikan. Daging ikan tuna dipotong-potong, dilumuri garam dan air lemon, lalu didiamkan lebih dari satu saat. Sebelum disantap, ikan disiram tumisan bawang merah dan cabe rawit.

33. Makanan Khas Papua

Papeda atau Bubur sagu khas Papua terhitung merupakan salah satu kuliner yang udah lumayan terkenal. Papeda dibuat dari tepung sagu yang berasal dari batang pohon sagu tua yang diparut dan disita sari patinya. Makanan ini biasanya di sediakan pada acara-acara khusus.

Akan tetapi, papeda sekarang sanggup dimakan kapan saja. Bubur bertekstur lembek dan lengket ini tidak punyai rasa sehingga mesti disantap dengan lauk seperti ikan kuah kuning, sayur ganemo, sayur tagas-tagas atau anuve habre.

34. Makanan Khas Daerahs Papua Barat

Jika mengidamkan merasakan ikan bakar yang rasanya berbeda, cobalah singgah ke Manokwari, Papua Barat. Di sini, terkandung makanan khas berwujud ikan bakar yang dibumbui dengan sambal khas yang hanya sanggup ditemukan di Papua Barat.

Tak hanya cita rasanya yang lezat, makanan khas suatu daerah kerap kali merupakan anggota penting dari budaya dan rutinitas suku-suku yang tersedia di Indonesia. Mengenal makanan- makanan khas Indonesia terhitung artinya mempelajari kekayaan budaya nusantara.