Makanan Khas Jakarta

Makanan Khas Jakarta

Berikut ini beberapa makanan khas betawi jakarta yang bisa kamu ketahui sehabis di rangkum berasal dari beragam referensi.

Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang menyimpan kekayaan kuliner khas suku Betawi.

Bagi orang yang sudah lama menginjakkan kakinya di Jakarta, tentu sudah tak asing bersama beragam makanan khas Betawi yang terlalu beragam, unik, dan tentunya enak.

Tapi untuk mereka yang belum pernah menghirup hawa khas ibukota, barangkali akan terkesima memahami fakta akan keragaman masakan yang dimiliki oleh suku Betawi.

Apabila kamu termasuk orang yang belum pernah ke Jakarta atau hanya memahami sedikit makanan khas Jakarta.

Kami akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh perihal daftar makanan khas Betawi.

Beberapa Makanan Khas Jakarta

Kamu yang pada mulanya hanya tau beberapa, dijamin akan memahami lebih banyak dan makin lama terkagum-kagum bersama negara Indonesia yang menjadi surga kuliner untuk tiap tiap manusia.

1. Kerak Telor

Untuk yang pertama, kamu barangkali sudah tidak asing bersama makanan ini. Namanya kerak telor.

Makanan khas Betawi ini bisa dikatakan sebagai ikon kuliner Jakarta yang dikenal oleh orang-orang berasal dari luar kota Jakarta.

Kerak telor sendiri adalah makanan yang dibikin berasal dari bahan dasar berupa beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, bawang goreng, dan diberi bumbu halus berasal dari campuran kelapa sangrai, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, dan kencur.

Kerak telor dimasak bersama cara yang unik. Biasanya panganan ini dimasak didalam wajan kecil tanpa gunakan minyak.

Saat dibakar bersama arang, kerak telor yang sudah 1/2 matang akan dibalik bersama bersama wajannya. Perihal rasanya, kerak telor akan memberi tambahan pengalaman baru bagi lidah kamu.

Rasa kerak telor yang gurih bersama tekstur beras ketan yang legit akan mengakibatkan kamu betah berlama-lama untuk mengunyahnya.

Selain kota jakarta yang populer bersama kerak telor, coba apa saja menu makanan khas bali yang paling terkenal?

Disana makanan yang paling enak dan populer antarai lain nasi ayam kedewatan, sate lilit, bebek betutu dan masih banyak yang lainnya.

2. Biji Ketapang

Untuk isikan kala luang, orang Jakarta membawa cemilan khas yakni kue biji ketapang.

Saat menjelang lebaran, umumnya banyak orang yang mengakibatkan biji ketapang untuk dimakan sendiri ataupun dijual. Camilan ini terlalu cocok disuguhkan dikala ada tamu dadakan.

Selain Jakarta, biji ketapang termasuk bisa ditemukan di daerah-daerah lain bersama pemakaian bahan yang beragam. Khusus di Jakarta, biji ketapang umumnya dibikin berasal dari tepung terigu yang dicampur bersama kelapa muda.

Saat digigit, biji ketapang umumnya akan renyah, terkait seberapa mahir pembuatnya.

Kalau kamu penasaran untuk coba biji ketapang yang gurih dan manis, barangkali akan ada problem untuk menemukannya kalau tidak berada didalam momen puasa atau menjelang lebaran.

Kalau kamu terlalu dambakan mencobanya, maka tak ada salahnya untuk belajar mengakibatkan sendiri. Kue ini ringan dibikin dan tidak butuh bahan-bahan yang susah dicari.

3. Geplak Betawi

Dari tekstur dan tampilannya, makanan khas Betawi yang satu ini mirip layaknya tape yakni lembut dan terlihat layaknya dibaluri bedak.

Tapi untuk rasanya, geplak betawi membawa cita rasa manis, tetapi tape rasanya asam.

Kue khas Betawi ini saat ini sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi umumnya ada di kala pesta pernikahan di mana kue ini akan dijadikan kue pengantar pengantin pada pesta pernikahan tradisi betawi.

Kamu barangkali penasaran, kenapa kue ini dinamakan geplak. Dari percakapan beberapa warga yang pernah membuatnya, kue ini dibikin bersama cara diaduk gunakan tangan dan 1/2 dipukul.

Karena dipukul maka lahirlah nama geplak betawi. Kue ini bisa tahan sampai satu minggu. Kalau senang lebih awet, kue ini bisa disimpan di didalam lemari pendingin.

Kalau kamu senang membelinya, kue ini dijual bersama harga menjadi berasal dari Rp50.000 sampai Rp100.000.

4. Dodol Betawi

Dodol sebetulnya bukan makanan asli Betawi, tapi di Jakarta, populer bersama keliru satu dodolnya yang bernama dodol betawi. Dari faktor tampilan, barangkali dodol betawi terlihat kurang menarik.

Warnanya yang hitam kecokelatan kurang menimbulkan selera, tapi tidak bersama rasanya yang banyak ragam yakni ketan putih, ketan hitam, dan durian.

Dodol betawi bukanlah makanan yang bisa didapatkan tiap tiap hari. Kehadirannya hanya pada kala Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, atau pada pesta-pesta khas Betawi.

Lihat termasuk makanan khas jawa barat

Dodol betawi menjadi makanan khas Betawi yang paling diburu oleh mereka yang tak tinggal di Jakarta, umumnya para pekerja yang ditugaskan ke luar kota dan kebetulan kota tujuannya tersebut adalah Jakarta.

Dodol betawi dipasarkan bersama harga yang beragam, tapi cenderung tinggi.

Hal tersebut disebabkan oleh sistem pembuatan dodol yang tak mudah, tak sebentar, dan memerukan tenaga ekstra untuk mengaduknya.

Karena hal tersebut pula dodol betawi tak bisa dibikin oleh serampangan orang.

5. Asinan Betawi

Di Indonesia, populer dua jenis asinan yakni asinan Bogor dan asinan Betawi. Asinan bogor umumnya gunakan buah-buahan tropis dan jarang yang gunakan sayur.

Sementara asinan betawi lebih sering ditemukan berisikan sayur-sayuran layaknya sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan memahami putih.

Kuah berasal dari asinan betawi berupa bumbu kacang yang segar karena dicampur bersama cuka dan cabai.

Asinan betawi termasuk kuliner khas Betawi yang disukai oleh para fans kuliner Jakarta.

Selain enak dan menyegarkan, asinan betawi termasuk tergolong makanan yang menyehatkan karena banyak memiliki kandungan sayur-sayuran.

Sebagai pelengkap makan, asinan betawi umumnya ditambahkan bersama kerupuk mie kuning.

Di Jakarta, banyak penjaja asinan di tepi jalan. Untuk harganya, asinan betawi biasa dibandrol bersama harga jual menjadi berasal dari Rp.10.000 sampai Rp20.000.

6. Akar Kelapa

Betawi tak hanya populer bersama biji ketapangnya, tapi ada termasuk kue kering khas Betawi lainnya yang tak kalah enak dan berkarakter yakni akar kelapa.

Kue akar kelapa adalah panganan ringan yang umumnya di sediakan bersama makanan ringan lain, layaknya rengginang dan kacang goreng.

Selain di Jakarta, kue akar kelapa termasuk banyak diproduksi dan dijual di tempat Bekasi yang menurut Wikipedia menjadi produsen terbesar akar kelapa.

Tapi modern kini, kue akar kelapa makin lama tergerus oleh zaman. Penikmat kue ini menjadi menyusut agar produksinya pun tidak semasif zaman dulu.

Kalau kamu belum pernah mencobanya, kue akar kelapa membawa bentuk yang mirip bersama akar kelapa.

Rasa berasal dari kue akar kelapa ini manis bercampur gurih. Orang Betawi umumnya menyantap kue akar kelapa sebagai camilan untuk kawan minum teh atau kopi hangat di sore hari.

Pada saat-saat tertentu, lebaran misalnya, kue ini menjadi keliru satu camilan yang paling diburu, lebih-lebih oleh anak-anak.

7. Bir Pletok

Bagi mereka yang tinggal jauh berasal dari Jakarta barangkali asing dan memandang negatif bersama minuman ini.

Kalau kamu termasuk mengira kalau bir pletok adalah minuman yang memabukkan karena tersemat kata “bir”, maka hal itu keliru besar.

Meskipun bernama bir, tapi bir pletok mirip sekali bebas alkohol. Minuman khas Betawi ini termasuk bernasib mirip bersama kue akar kelapa yakni makin lama langka didapati. Tak serampangan tempat menjualnya.

Bir pletok sendiri biasa dikonsumsi oleh penduduk Betawi pada malam hari sebagai penghangat.

Selain menghangatkan, bir pletok termasuk berupa beri kesegaran karena dibikin berasal dari paduan sejumlah rempah layaknya jahe, daun pandan wangi, dan serai.

Warna yang dimiliki oleh bir pletok tercipta berasal dari tambahan kayu secang yang memberi tambahan warna merah dikala diseduh bersama air panas.

Lagi-lagi, meski bernama bir, minuman ini tidak memiliki kandungan zat adiktif. Justru sebaliknya, kalau dikonsumsi minuman ini akan menopang memperlancar aliran darah.

8. Kembang Goyang

Kue kembang goyang adalah makanan khas Jakarta berikutnya yang bisa kamu coba.

Kue ini dinamakan kembang goyang karena bentuknya yang layaknya bunga kembang dan dibikin bersama cara digoyang-goyang di atas minyak panas sampai adonannya terlepas berasal dari cetakan.

Kue ini termasuk kue tradisional khas Betawi yang paling diminati penduduk berasal dari beragam kota.

Pada mulanya, kue kembang goyang hanya bercita rasa original dan manis. Tapi makin lama ke sini, banyak variasi yang diberikan pada kembang goyang agar rasanya pun makin lama beragam.

Kue ini umumnya menjadi hidangan yang disuguhkan oleh warga Betawi untuk orang-orang yang bertamu ke rumahnya.

Dan yang lebih unik lagi, kue ini umumnya ditaruh didalam stoples bening agar pesonanya tak tertutup oleh warna-warna yang terkandung pada stoplesnya.

9. Kue Cincin

Selain kue biji ketapang, akar kelapa, dan kembang goyang, Jakarta termasuk masih menyimpan alternatif kuliner lain yakni kue cincin untuk mengakibatkan orang-orang makin lama cinta pada ibukota.

Kue cincin membawa bentuk layaknya kue donat. Yang membedakannya adalah ukuran berasal dari kue cincin lebih kecil agar tak heran kalau disebut sebagai kue cincin.

Kue cincin terlalu cocok dijadikan kawan ngemil di sore hari bersama kopi hangat ataupun teh manis.

Bahan dasar kue ini adalah gula merah yang dicampur bersama sagu. Dari hasil olahan bahan tersebut terciptalah cita rasa manis dan gurih.

Sebagai informasi tambahan, kue cincin termasuk bisa ditemui di tempat Bandung bersama sebutan kue ali agrem.

10. Kue Rangi

Belum beranjak berasal dari bahasan kue khas Betawi, kali ini ada kue rangi atau sagu rangi yang termasuk termasuk keliru satu kue traidisonal berasal dari Betawi.

Sesuai namanya, kue ini terbuat berasal dari tepung kanji atau penduduk Betawi lebih akrab menyebutnya bersama tepung sagu.

Selain tepung kanji, ada termasuk bahan lain layaknya kelapa parut panggang. Kue ini dimatangkan bersama cara dipanggang didalam cetakan khusus.

Eksistensi berasal dari kue rangi masih kuat. Kamu bisa bersama ringan mendapatkannya di Jakarta ataupun di kota-kota lain yang tak jauh berasal dari Jakarta.

Kue sagu rangi di sediakan bersama olesan gula merah yang diberi tambahan tepung kanji agar sedikit kental. Saat dimakan, lidah akan menangkap rasa gurih dan sedikit manis berasal dari gula merahnya.

Bagi orang yang masih awam bersama makanan khas Betawi, umumnya beranggap kue rangi dan kue pancong sama, padahal berbeda, berasal dari faktor tekstur, rasa, dan bahan yang digunakan.

11. Kue Pepe

Orang Betawi nampak tak pernah berhenti didalam berkreasi untuk meningkatkan kekayaan kulinernya.

Selain nama-nama kue buatan orang Betawi sebelumnya, ada termasuk kue pepe yang tentunya sudah terlalu familiar di telinga banyak orang.

Kue pepe ini membawa tampilan yang cantik bersama lapisan warna yang berlapis-lapis.

Selain populer bersama sebutan kue pepe, ternyata kue ini termasuk akrab dipanggil bersama kue lapis sagu karena dibikin berasal dari adonan tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan santan.

Dikarenakan kue ini berlapiskan warna-warni, maka banyak orang yang sesuaikan lapisan warnanya cocok selera.

Kue ini menjadi legit kala digigit. Keberadaan kue ini umumnya ada dikala pesta-pesta hajatan orang Betawi. Kue pepe biasa di sediakan di atas piring.

Warna-warni yang merona bersama tekstur yang terlihat lengket dan kenyal memberi tambahan ciri khas tersendiri pada fisik kue pepe.

Kalau kamu berkeinginan untuk mencicipi kue pepe, jangan sampai di lepaskan plastik permukaannya agar kue tidak lengket.

12. Toge Goreng

Toge goreng kala ini masih banyak di jual di kawasan ibukota. Biasanya makanan khas orang Betawi ini bisa ditemukan di pinggiran jalan atau kala festival-festival tertentu.

Bagi penduduk Betawi, Makanan Khas Jakarta ini bagaikan suatu hal yang tak boleh dilewatkan kalau terlihat keberadaannya.

Jadi tak heran kalau toge goreng tetap ramai dikelilingi oleh para pembeli. Terlebih bersama harganya yang murah, toge goreng tetap beroleh tempat di hati para penikmatnya.

Kamu yang belum pernah coba makanan ini, toge goreng adalah makanan yang berisikan mie kuning, toge, dan daun kucai.

Semua bahan tersebut digoreng gunakan air, bukan minyak. Setelah agak lama, toge bersama bahan lain tadi akan di sediakan bersama lontong dan dicampurkan kembali bersama tauco dan oncom.

Toge goreng punya cita rasa asam manis yang dihasilkan berasal dari tauco dan oncomnya. Selain enak, toge goreng termasuk membawa aroma yang menggoda selera.

13. Wajik Betawi

Wajik adalah panganan khas Betawi yang tak kalah bersama makanan khas Betawi lain contoh dodol, kembang goyang, kue akar kelapa, dan biji ketapang.

Kue wajik kala ini sudah jarang ditemui karena eksistensinya yang menjadi pudar dan tergeser oleh produk-produk berasal dari luar.

Menurut informasi yang diberikan oleh pelancong yang menuliskan ceritanya didalam web DetikFood, penjaja wajik betawi masih bisa ditemukan di tempat Condet.

Kue yang menjadi warisan nenek moyang ini rasanya enak. Kue wajik betawi terbuat berasal dari beras ketan yang dicampur bersama gula, santan, dan parutan kelapa.

Kue ini umumnya berwarna-warni dan dibungkus. Ada yang warna merah, kuning, hijau, dan macam-macam warna terang lainnya.

Sedangkan pembungkus luarnya adalah kertas minyak berwarna bening.

Menurut beberapa orang Betawi, pemakaian kertas minyak sebagai pembungkus adalah untuk membedakan wajik betawi bersama wajik berasal dari tempat lain yang Mengenakan daun pisang.

14. Kue Ape

Kalau tadi ada kue pepe, saat ini ada kue ape. Menurut warga Jakarta, penamaan kue ini bermula pada kisah seseorang yang melakukan eksperimen untuk mengakibatkan kue.

Ketika kue itu jadi, ada yang bertanya, “Ini kue ape, Bang?”. Lucunya, si pembuat kue tersebut justru menjawab, “Ya, kue ape, pake nanye segale!”.

Entah benar atau tidak, kue ape ini termasuk jajanan yang tak pernah lekang ditelan zaman.

Kue ape ini termasuk biasa disebut orang bersama “kue tetek” karena bentuknya yang bulat tipis bersama pinggirang garing dan benjolan pada bagian tengahnya.

Kue ini didominasi bersama warna hijau yang merupakan hasil paduan tepung beras atau terigu bersama air daun suji.

Selain di Jakarta, kue ape termasuk bisa bersama ringan ditemukan di kota-kota lain yang masih berada di sekitaran Jakarta.

Kue ini termasuk tetap laris dibeli. Pasanya, kue ape tak hanya enak, tapi termasuk tidak mahal meriah.

15. Manisan Kolang Kaling

Saat bulan puasa, banyak orang Jakarta yang menjadi berburu kolang-kaling untuk dijadikan santapan berbuka.

Manisan kolang-kaling umumnya di sediakan bersama bersama es campur atau es buah. Rasa berasal dari makanan khas Betawi ini manis pekat bersama tekstur yang legit dan kenyal.

Jika kamu rentan bersama batuk, maka tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan ini.

Jika kamu penasaran bersama makanan ini, manisan kolang kaling dibikin berasal dari buah atap yang warnanya putih susu cenderung transparan.

Buah ini tinggi akan serat dan keliru satu pemanfaatannya adalah untuk manisan. Apabila kamu dambakan mencobanya, makanan ini bisa dibikin sendiri.

Di Internet sudah banyak orang yang sharing informasi perihal arahan untuk mengakibatkan kolang kaling.

16. Gabus Pucung

Gabus pucung adalah keliru satu makanan khas Betawi yang termasuk menjadi ikon kuliner warga Betawi.

Nama gabus pucung sendiri merupakan paduan berasal dari bahan utama pembuatannya, yakni ikan gabus dan buah pucung.

Kamu barangkali sudah tak asing bersama ikan gabus, tapi bagaimana bersama buah pucung? Buah pucung ini zaman pernah banyak tumbuh di tempat Jakarta tempo dulu, lebih-lebih di kawasan penyangga Jakarta.

Karena hal itulah banyak tempat di Jakarta yang menyematkan pucung ke dalamnya, layaknya Kampung Teluk Pucung, Kampung Pondok Pucung, dan Pasar Pucung.

Sayur gabus pucung membawa nilai tradisi. Pada kala dulu, sayur ini biasa dijadikan hantaran atau makanan yang diantar oleh anak kepada orang tua atau berasal dari menantu kepada mertua kala menjelang bulan puasa dan lebaran.

Tujuan berasal dari aktivitas tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahim. Tapi makin lama ke sini, hanya sedikit warga Betawi yang masih menjaga kebiasaan semacam ini.

Mungkin karena alasan itu pula, sayur gabus pucung ini menjadi susah ditemukan di tempat asalnya, yakni Jakarta.

17. Laksa

Laksa adalah panganan yang populer di didalam dan luar negeri, contoh Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Ibukota negara kita, Jakarta, ternyata membawa laksa khas Betawi yang menjadi keliru satu kuliner langka di Jakarta.

Laksa yang tadinya merupakan makanan peranakan ini kini menjadi berubah bentuk di banyak daerah. Di Jakarta, laksa betawi membawa cita rasa yang tidak sama bersama laksa berasal dari tempat-tempat lain.

Meskipun kuah laksa berwarna kuning layaknya umumnya, tapi kuah tersebut umumnya ditambahkan udang rebon.

Selain tidak sama berasal dari faktor rasa, laksa betawi termasuk punya cara penyajian yang berbeda.

Laksa betawi di sediakan bersama telur, toge, daun kemangi, kucai, dan potongan ketupat. Selain itu ada termasuk orang yang memberi tambahan bihun dan perkedel sebagai pelengkap.

18. Sayur Babanci

Makanan khas Betawi berikutnya adalah sayur babanci. Sayur babanci termasuk sering dinamakan ketupat babanci.

Sayur ini merupakan keliru satu ikon kuliner khas Betawi yang menjadi jarang ditemukan.

Menurunnya kepopuleran berasal dari sayur babanci karena bahan dan rempah-rempah untuk membuatnya sudah susah ditemukan di Jakarta. Sayur ini dinamakan sayur babanci karena tidak memahami jenisnya.

Meskipun bernama sayur, tapi makanan ini mirip sekali tidak punya campuran sayur di dalamnya.

Bicara perihal rasa, sayur babanci atau ketupat babanci mempuynai cita rasa yang irip bersama gulai di mana terkandung roma yang dominan dan rasa rempah yang kuat.

Makanan khas Betawi satu ini termasuk dibilang unik karena pembuatannya wajib gunakan 21 jenis bahan, bumbu, dan rempah.

Dari sekian banyaknya, ada beberapa rempah yang kini makin lama langka yakni kedaung, tai angin, botor, temu mangga, temu kunci, lempuyang, dan bangle.

19. Kue Talam

Kue talam merupakan sajian khas Betawi yang biasa dijadikan hidangan berbuka. Kue ini akan makin lama nikmat kalau disantap bersama teh hangat.

Kudapan tradisional khas Betawi satu ini membawa rasa yang begitu nikmat bersama tambahan tekstur kue yang lembut dan berpadu bersama gurihnya santan.

Meskipun kue ini termasuk makanan jadul, ternyata kepopuleran berasal dari kue talam konsisten memancar.

Kue talam umumnya dibikin berasal dari campuran tepung terigu, tepung beras, atau tepung tapioka.

Melalui tangan-tangan terampil, campuran bahan tersebut akan menjadi kue yang bertekstur lembut, mulus, dan bercita rasa manis.

Kalau kamu tak tahan untuk mencobanya, kue talam umumnya dijual bersama kue-kue basah lainnya. Kue talam akan dikemas bersama plastik transparan.

Harga berasal dari kue ini dipasarkan menjadi berasal dari Rp1.500 per potong.

20. Kue Lumpur

Dikarenakan teksturnya yang lembut dan halus, orang-orang menamakan kue ini bersama kue lumpur.

Kue lumpur membawa bentuk bulan bersama warna yang dominan kuning di bagian atas dan kuning kecokelatan di bagian bawahnya.

Warna kuning ini merupakan dampak berasal dari pemakaian kuning telur. Pada bagian atas kue umumnya ditanam sebutir kismis untuk pemercantik tampilan.

Kue lumpur termasuk membawa nasib baik yang mirip layaknya kue talam. Tingkat eksistensi berasal dari kue ini termasuk tak pernah redup.

Kamu bisa bersama ringan mendapati kue ini di toko-toko kue atau roti peranakan Tionghoa.

Yang terlalu disayangkan berasal dari kue ini adalah menjadi sulitnya diteukan kue lumpur yang asli.

Para penjaja kala ini sudah banyak memberi tambahan sentuhan untuk memberi tambahan model baru pada tampilan maupun rasanya.

21. Sengkulun

Banyak orang menilai makanan khas Betawi yang satu ini unik karena penamaannya, sengkulun.

Kue sengkulun merupakan kuliner yang berkunjung lewat dampak kebudayaan Tionghoa.

Pada kala itu, atau di awali sejak abad ke-5, tanah Jakarta yang diserbu oleh banyak ragam etnik dan bangsa masih bisa bersama mudahnya ditemui kue ini.

Tapi untuk sekarang, kue sengkulun menjadi hilang berasal dari peredaran Jakarta.

Kue sengkulun merupakan kue khas tanah Betawi yang membawa tampilan mirip bersama kue keranjang. Kue sengkulun dibikin berasal dari bahan baku berupa beras ketan.

Pada bagian permukaan kue sengkulun terlihat bintil-bintil kasar. Untuk teksturnya, kue ini lembut, lunak, dan kenyal. Sedangkan rasa berasal dari kue sengkulun ini gurih karena pemakaian santan yang memadai kental.

Ketika itu, kue sengkulun hanya berwarna cokelat karena gunakan pewarna alami berupa gula merah. Namun seiring perkembangan, kue sengkulun menjadi dimodifikasi bersama pewarna buatan.

22. Kue Putu Mayang

Kekayaan kuliner penduduk Betawi setelah itu diramaikan oleh kue putu mayang.

Kue putu mayang adalah warisan kuliner tradisional berasal dari penduduk ibukota yang sering disantap sebagai hidangan pengganjal perut.

Kue putu mayang membawa cita rasa manis bersama tekstur yang kenyal. Kue yang menjadi olahan khas penduduk Betawi ini berwarna-warni agar berpenampilan cantik.

Kue putu mayang dibikin berasal dari bahan baku utama berupa tepung beras, santan kelapa, dan gula merah.

Penyajian putu mayang umumnya bersama kuah gula merah. Rasa manis yang dihasilkan bukanlah berasal dari kuenya, melainkan kuahnya.

Saat ini penjaja kue putu mayang masih eksis di dataran Jakarta. Biasanya para penjualnya gunakan gerobak untuk berkeliling.

23. Kue Cantik Manis

“Udeh cantik, manis lagi!”. Begitulah tanggapan warga Betawi yang kali pertama berjumpa bersama kue ini.

Tidak hiraukan siapa yang pertama kali menamakan makanan khas Betawi ini karena yang terutama kue cantik manis ini enak dan disukai banyak orang.

Selain enak, kue cantik manis termasuk lembut dan bertekstur kenyal agar tidak mengakibatkan mulut wajib berolahraga keras didalam mengunyahnya.

Kue cantik manis terbuat berasal dari bahan baku tepung hunkue dan santan. Melelui percakapan beberapa pembuatnya, kue cantik manis ini tidak bisa dibikin oleh serampangan orang, lebih-lebih untuk mereka yang tidak dambakan ribet.

Pasalnya, kue cantik manis butuh kesabaran ekstra pada kala pembungkusannya gunakan kemasan plastik ataupun daun pisang.

Selain dikenal luas sebagai cantik manis, kue ini termasuk sering disebut bersama kue jentik manis atau cente manis.

24. Kue Dongkal

Kuliner tradisional khas Betawi yang tak kalah enak berasal dari kuliner-kuliner lainnya adalah kue dongkal.

Kue dongkal merupakan panganan khas Betawi yang dibikin sampai berupa layaknya tumpeng.

Modern kini kue dongkal menjadi susah ditemukan dan apalagi banyak orang yang belum pernah mendengar kue tradisional ini.

Untuk itu, lewat tulisan ini kamu wajib berkenalan sedikit bersama warisan kuliner Betawi yang menjadi terkikis zaman ini.

Kue dongkal merupakan kudapan khas ibukota yang dibikin berasal dari campuran tepung beras, tepung sagu, dan gula merah.

Kue ini dibikin bersama metode tradisional yakni dikukus bersama dandang dan kerucut tumpeng.

Setelah kue sudah siap disantap, umumnya diberi taburan parutan kelapa pada permukaannya.

Kue dongkal membawa rasa gurih dan manis karena gula merah yang sedikit mencair.

Kue dongkal bisa disantap untuk menahan lapar beberapa kala karena dibikin berasal dari tepung beras. Paling enak kalau makan kue dongkal kala masih hangat, di pagi atau sore hari bersama secangkir teh hangat.

25. Es Selendang Mayang

Jika pada mulanya ada kue putu mayang, maka kali ini ada minuman khas Betawi yang bernama es selendang mayang.

Minuman satu ini termasuk minuman zaman dulu. Mungkin karena itu pula saat ini ini menjadi susah didapati es selendang mayang.

Paling-paling minuman ini ada hanya pada acara-acara khusus contoh Lebaran Betawi yang diadakan di beragam tempat.

Biasanya minuman ini akan disertai bersama bersama label “minuman Betawi jadul”.

Es selendang mayang sendiri pernah diminum untuk membasahi tenggorokan yang kehausan akibat pekerjaan yang menumpuk sekaligus terpaan cahaya matahari.

Karena terkandung es di dalamnya, maka minuman ini akan berupa menyegarkan.

Bahkan bukan hanya itu, karena es selendang mayang dibikin berasal dari bahan dasar tepung beras, maka banyak termasuk orang yang meneguk secangkir es selendang mayang untuk kurangi rasa lapar pada waktu-waktu tertentu.

26. Es Goyang

Jakarta tempoe doeloe meninggalkan sejuta kenangan lewat foto, benda, dan apalagi makanan yang keliru satunya adalah es goyang.

Es goyang pada kala itu atau tepatnya di jaman 90-an bisa diibaratkan layaknya es krim a la Indonesia. Ketika itu es goyang banyak dijajakan di sekolah-sekolah dan menjadi buruan anak-anak kala bel istirahat berbunyi.

Menurut Indonesia Kaya, es goyang adalah minuman yang berasal berasal dari Bandung.

Akan tapi karena penjualnya lebih banyak ditemukan di Jakarta, maka banyak yang beranggapan kalau es goyang adalah minuman khas Jakarta.

Es goyang sendiri adalah es biasa yang dicampurkan bersama santan kelapa, gula pasir, perisa, dan tepung hunkue. Es goyang membawa banyak varian rasa sepert alpukat, durian, dan cokelat.

27. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah makanan khas Betawi yang membawa sistem matang tidak sama bersama nasi putih biasa.

Mula-mula beras diaron gunakan air santan, daun salam, daun jeruk, serai, dan laos yang setelahnya dikukus sampai matang.

Nasi yang dihasilkan lewat sistem tersebut akan bercita rasa gurih dan beraroma lebih harum.

Tampilan berasal dari nasi uduk pun berbeda. Warnanya tidak nampak putih dan butiran nasinya termasuk tidak lengket satu mirip lain.

Setelah nasi uduk jadi, maka nasi siap di sediakan bersama lauknya. Orang Betawi umumnya gunakan lauk pauk layaknya orek tempe, tahu, ayamg goreng, daun kemangi, dan sambal goreng.

Setelah tersusun sempurna, pada bagian atas nasi akan ditaburi bersama bawang goreng.

Selain nikmat di sediakan bersama sambal cabai terasi, nasi uduk termasuk tak kalah nikmat kalau di sediakan bersama sambal kacang, apalagi ditambah bersama gorengan.

28. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas Betawi yang masih bersaudara bersama makanan khas Sunda layaknya karedok dan lotek misalnya.

Gado-gado bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang jemu bersama lauk yang monoton.

Makanan ini terdiri berasal dari banyak ragam sayuran layaknya kacang panjang, toge, nangka, bersama pelengkap layaknya kentang, tempe, tahu, dan telur.

Sebelum menghimpun bahan, umumnya dibikin lebih-lebih dahulu sambalnya yakni sambal kacang.

Setelah sambal kacang sudah diulek, bahan-bahan tadi akan ditaruh di atasnya dan kemudian diaduk sampai semua bahan terkena sambal kacang.

Makanan ini terlalu menyehatkan karena terdiri berasal dari banyak macam sayuran, termasuk kaya protein karena terkandung tempe dan memahami di dalamnya.

29. Semur Jengkol

Kuliner khas Betawi yang masih eksis sampai kini keliru satunya adalah semur jengkol.

Diprediksi kalau semur jengkol akan konsisten ada sampai kapan pun. Semur jengkol menjadi sajian yang tidak sama walau tidak semua orang menyukainya bersama alasan aroma yang diciptakan sehabis memakannya.

Meskipun demikian, semur jengkol tetap disukai banyak orang, lebih-lebih warga Jakarta yang masih keturunan Betawi.

Disadur berasal dari Jakarta Kita, semur jengkol merupakan makanan yang terinspirasi berasal dari dampak budaya luar, yakni budaya Eropa, Timur Tengah, India, dan Cina.

Jika ditilik sejenak, barangkali ada benarnya mengingat Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Eropa, keliru satunya Belanda sampai 350-an tahun lamanya.

Selain Belanda, pemakaian rempah-rempahnya termasuk merupakan dampak berasal dari bangsa India dan Timur Tengah. Sementara cita rasa kecapnya adalah dampak masakan Tionghoa peranakan.

30. Soto Betawi

Kepopuleran soto betawi sampai kini masih terasa. Hal ini bisa dibuktikan bersama mudahnya dijumpai tempat-tempat makan yang menerakan soto betawi pada daftar menunya.

Alasan soto betawi tetap eksis sampai kini tak lain karena kenikmatan dan kekhasannya.

Soto betawi adalah makanan khas Betawi yang terlalu populer di Jakarta. Soto betawi termasuk ikon kuliner Betawi, mirip layaknya soto Madura yang populer di Madura.

Soto betawi termasuk berupa mirip bersama soto-soto lain yakni berkuah. Yang membedakan adalah isiannya.

Soto betawi lebih banyak gunakan jeroan. Selain jeroan, umumnya termasuk disertakan organ-organ sapi lain layaknya mata, torpedo, dan hati.

Apabila kamu belum pernah sama sekali coba makanan ini, maka terlalu direkomendasikan untuk mencobanya. Soto betawi kala ini dijual bersama harga menjadi Rp20.000an.

31. Kue Cucur

Kue cucur adalah jajanan khas Betawi yang menjadi kesukaan banyak orang, lebih-lebih anak-anak.

Hingga kini kue cucur masih ringan ditemui di toko-toko yang menjual kue atau umumnya termasuk bisa ditemui di tempat-tempat yang menjual nasi uduk.

Kue cucur umumnya akan ditaruh berdampingan bersama kue-kue lain maupun gorengan.

Kue yang digemari banyak orang ini membawa bentuk pipih bersama warna kecokelatan.

Sampai saat ini belum banyak yang melakukan modifikasi berasal dari kue cucur tanpa diketahui alasannya.

Kemungkinan para penjualnya tak dambakan mengakibatkan kerusakan kelebihan berasal dari cita rasa dan tekstur original yang dimiliki oleh kue cucur yakni manis, gurih, legit di bagian tengah, dan renyah di bagian pinggirannya.

32. Roti Gambang

Makanan ini dinamakan roti gambang karena bentuk rotiny yang mirip seiert alat musik tradisional Betawi yakni gambang.

Kalau kamu tak tahu, gambang adalah alat musik yang dimainkan bersama cara dipukul.

Alat musik ini umumnya menjadi alat musik yang wajib ada didalam kesenian musik gambang kromong.

Kembali membahas roti gambang, makanan khas Betawi ini merupakan warisan kuliner berasal dari zaman Belanda yang membawa cita rasa unik dan khas.

Roti gambang sendiri digunakan dulunya gunakan adonan berasal dari ragi untuk bahan pengembang.

Namun kala ini sudah dimodifikasi bersama gunakan baking powder. Selain itu, pada kala itu termasuk digunakan gula pasir, tapi saat ini digunakan gula mearh atau gula aren.

Sementara bumbunya gunakan bubuk kayu manis yang dulunya gunakan bumbu lapis legit.

Hasil modifikasi tersebut mengakibatkan roti gambang bertekstur empuk tapi tidak selembut roti. Cita rasanya manis bercampur bersama aroma khas kayu manis.

33. Ongol-ongol

Kue ongol-ongol termasuk termasuk kuliner traidisonal penduduk Betawi. Makanan khas Betawi yang termasuk camilan ini umumnya ada pada pesta tradisi penduduk Betawi contoh pernikahan dan khitanan.

Kue bersama nama unik ini dibikin berasal dari bahan baku berupa tepung sagu dan gula aren.

Sama layaknya kue sengkulun, kue ongol-ongol termasuk lebih nikmat kalau di sediakan bersama bersama parutan kelapa yang ditaburi pada bagian atasnya.

Bicara perihal rasanya, kue ongol-ongol sudah tentu enak. Sedangkan teksturnya cenderung kenyal dan lembut.

Kue ini membawa aroma khas yang disebabkan oleh pemakaian gula aren. Akan lebih enak kalau kue ongol-ongol dibikin gunakan gula aren alami.

Menyantap ongol-ongol akan lebih nikmat kalau ditemani bersama beberapa jenis minuman contoh jus dan teh hangat.

34. Kue Lupis

Jangan sampai kamu keliru menyebutnya, ini kue lupis, bukan kue lapis. Dari bentuk, bahan pembuatannya saja sudah berbeda, maka sudah tentu rasanya termasuk berbeda.

Kue lupis dibikin gunakan beras ketan yang tidak diberikan pengawet. Kue lupis pada umumnya di sediakan bersama siraman kuah gula aren.

Akibat tercampur bersama gula aren, maka terbentuklah cita rasa manis kala memakan kue ini.

Kue lupis paling enak disantap pada kala pagi hari bersama bersama teh hangat atau kopi.

Kalau kamu bukan orang Jakarta yang kembali berkesempatan di Jakarta, kue lupis bisa dibeli bersama harga menjadi Rp3.000 per potongnya.

Kue ini termasuk bisa dibeli per lonjor yang dijual bersama harga kira-kira Rp18.000. Sebatas informasi, per lonjor kue lupis umumnya terdiri berasal dari 12 potong.

35. Kue Sagon

Apabila dilihat tampilan dan bentuknya, barangkali tak ada yang teristimewa berasal dari makanan khas Betawi ini.

Tapi sehabis lidah kamu memberanikan diri untuk menangkap rasanya, maka kamu akan dibikin ketagihan untuk konsisten memakannya.

Kue ini merupakan camilan yang sama juga bersama hari raya lebaran dan perayaan-perayaan lain.

Bagi penduduk Betawi, kue sagon adalah menu yang wajib diusahakan ada dikala lebaran tiba.

Kue sagon merupakan kue kering yang dibikin berasal dari bahan dasar tepung beras ketan yang dicampur bersama kelapa.

Kue ini membawa cita rasa yang manis bersama aroma harum. Keberadaan kue sagon sebetulnya tidak diketahui kapan dan di mana untuk pertama kalinya.

Ada yang beranggap kalau kue ini berasal berasal dari tanah Jawa, tapi tak sedikit termasuk daerah-daerah lain di Indonesia yang mengira kalau kue ini berasal berasal dari daerahnya.

36. Nasi Ulam

Nasi ulam adalah nasi ramesnya Betawi. Nasi ulam adalah makanan khas Jakarta yang terdiri berasal dari banyak lauk, mirip layaknya nasi uduk.

Yang membedakan nasi ulam dan nasi uduk adalah nasi ulam umumnya dicampur bersama serundeng kelapa dan tumbukan kacang tanah, kala nasi uduk tidak.

Nasi ulam bisa di sediakan didalam keadaan kering ataupun basah, terkait selera penikmatnya.

Di kawasan jakarta, nasi ulam basah bisa bersama ringan ditemui di tempat Betawi perkotaan.

Sementara nasi ulam kering lebih ringan dijumpai di pinggiran Jakarta.

Nasi ulam basah umumnya Mengenakan guyuran kuah semur bersama lauk bihun goreng, irisan telur dadar, tempe memahami goreng, empal, dendeng sapi, cumi goreng, dan perkedel kentang.

Sedangkan nasi ulam kering tidak gunakan kuah semur, menjadi nasinya hanya dicampur bersama serundeng dan diberi tambahan taburan kacang tanah, potongan mentimun, daun kemangi, tauge, dan bihun goreng.

37. Ketoprak

Jika di Jawa Timur ketoprak adalah kesenian, maka di Jakarta ketoprak adalah nama makanan.

Ketoprak khas Betawi adalah kuliner yang penyebarannya memadai luas. Bukan hanya di Jakarta, di beragam kota lain di pulau Jawa banyak penjaja ketoprak keliling ataupun mangkal.

Tingkat kepopuleran ketoprak menjadi bukti kalau makanan khas Betawi ini punya tempat tersendiri di hati para penikmatnya.

Ketoprak sendiri merupakan makanan yang terdiri berasal dari ketupat potong bersama bumbu kacang dan campuran bahan lain layaknya mihun, tauge, dan memahami goreng.

Ketoprak membawa cita rasa yang sungguh nikmat, apalagi kalau di sediakan bersama kerupuk tapioka merah dan bawang goreng.

Ketoprak termasuk makin lama menikmati kalau di sediakan bersama telur rebus atau telur dadar.

38. Pindang Bandeng Betawi

Pindang barangkali sama juga bersama kota Palembang. Tapi di tempat Betawi, kamu termasuk bisa menemukan pindang, yakni pindang bandeng khas Betawi.

Makanan ini tidak tersebar luas di tanah Betawi. Keberadaannya lebih dominan di tempat Tugu yang mana orang-orang termasuk puas menyebutnya bersama nama pindang serani.

Pemilihan nama tersebut konon karena pada zaman pernah makanan ini menjadi makanan yang paling digemari oleh penduduk Nasrani.

Pindang bandeng betawi pada kala itu biasa disantap sebagai menu sarapan. Pembuatannya sendiri dilaksanakan satu hari sebelumnya.

Menu pindang bandeng khas Betawi sendiri membawa ciri khas yang menjadikannya beda bersama pindang bandeng berasal dari tempat lain.

Perbedaan itu terletak pada pemakaian rempah serta penambahan kecap sebagai pemanis berasal dari masakan tersebut.

39. Soto Tangkar

Selain soto betawi, ada termasuk soto tangkar yang memberi tambahan kitab warisan kuliner suku Betawi.

Soto tangkar membawa tingkat perbedaan yang memadai drastis di mana soto tangkar gunakan potongan iga sapi sebagai bahan utamanya, tetapi soto betawi gunakan jeroan dan bagian tubuh sapi layaknya kaki, babat, dan paru-paru.

Berdasarkan sejarah, makanan ini dinamakan soto tangkar karena pada jaman kolonial Belanda, orang-orang Betawi hanya bisa membeli tangkar, yakni potongan iga yang berdaging sedikit.

Mau tidak mau, penduduk Betawi pada kala itu wajib kreatif didalam mengolahnya agar lahirlah makanan khas Betawi yang bernama soto tangkar.

Semakin ke sini, soto tangkar bisa ditambahkan bersama isian berupa kikil ataupun jeroan sapi.

Lihat termasuk makanan khas bandung

Itulah sejumlah makanan khas Betawi yang bisa kamu coba kalau sudah jemu bersama makanan yang terkesan itu-itu saja.

Dari sekian banyak makanan yang ditampilkan, ada beberapa yang masih menjadi kontroversi dan adu klaim berasal dari mana sebetulnya makanan itu berasal.

Tanpa mengabaikan perdebatan yang ada, alangkah baiknya kalau kami sama-sama merawat kekayaan kuliner nusantara bersama berupaya agar konsisten melestarikannya lewat beragam cara.