Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah

Saat mampir ke Jawa Tengah, entah untuk urusan pekerjaan atau cuma sekadar refreshing, mencoba Makanan Khas Jawa Tengah yang tersedia di tempat selanjutnya adalah hal kudu yang kudu dilakukan.

Ya, setiap tempat di Indonesia pasti mempunyai makanan khas yang begitu menggugah selera. Anda yang puas dengan wisata kuliner pasti dapat terlampau terhibur karenanya.

Diantara tempat yang mempunyai cukup banyak pilihan makanan khas adalah Jawa Tengah. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini tawarkan banyak sekali makanan khas yang lezat dan kudu dicoba. Nah, pada kesempatan ini kami dapat mengulas tentang ragam makanan khas Jawa Tengah untuk Anda coba.

Penasaran? Simak sebagian ulasan di bawah ini.

Dafta Makanan Khas Jawa Tengah Untuk Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal bahwa tersedia cukup banyak makanan khas Jawa Tengah yang dapat jadi daftar makanan favorit Anda. Dengan ragam makanan khas yang tersedia, pasti Anda dapat leluasa menentukan mana makanan khas yang hendak Anda santap.

Adapun sebagian makanan khas paling baik dari Jawa Tengah untuk Anda cobalah adalah sebagai berikut:

Lumpia Semarang

Anda berada di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya kalau melepas pas untuk mencoba lumpia khas Semarang. Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah terlampau terkenal. Asal makanan ini sesungguhnya dari Semarang biarpun kini sudah banyak menyebar di tempat lainnya.

Camilan khas ini dibuat dengan pakai tepung terigu yang dibentuk jadi kulit. Setelah itu, kulit selanjutnya dapat membungkus sebagian pilihan isi lumpia, seperti sayuran, udang, telur dan ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas pasti dapat terlampau menggugah selera!

Tahu Petis

petis adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang termasuk cukup populer dan populer di beraneka kalangan masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini adalah paduan dari sadar dan petis. Biasanya, makanan ini dijadikan camilan nikmat untuk rapat atau sekadar menikmati pas luang.

Nah, panganan ini dibuat dengan bahan basic sadar pong. Setelah itu, sadar digoreng hingga cukup kering.

Kemudian, didalam penyajiannya, sadar dapat disiram dengan saus petis yang berwarna hitam. Selain disiram, sebagian penjual makanan khas Jawa Tengah ini pakai petis sebagai isian tahu. Sangat menarik, bukan?

Telur Asin

tentu sudah terlampau familiar dengan makanan yang satu ini, bukan? Ya, telur asin sesungguhnya cukup enteng ditemukan di beraneka daerah, lebih-lebih di luar Jawa Tengah sekalipun.

Makanan ini umumnya dibuat dengan bahan basic telur bebek yang sudah mengalami proses direndam larutan garam hingga rasanya beralih jadi asin.

Namun, tahukah Anda kalau sesungguhnya telur asin adalah makanan khas Jawa Tengah? Nah, telur asin awalnya berasal dari tempat Brebes, Jawa Tengah. Daerah ini jadi sentra penghasil telur asin terbesar di Jawa Tengah. Tidak lengkap rasanya kalau mampir ke Brebes tanpa belanja telur asin khas tempat tersebut.

Mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Mendoan masuk didalam salah satu gorengan paling populer di Indonesia.

Namun, sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di tempat Purwokerto dan Banyumas.

Di tempat tersebut, mendoan sesungguhnya disebut dengan nama yang berbeda, salah satunya adalah tempe kemul.

Jika Anda mampir ke tempat ini, maka dapat banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, tersedia memproses tempe khusus untuk mendoan yang siap pakai. Sangat menarik, bukan?

Enting-Enting Gepuk

Enting-enting adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer. Makanan ini dibuat dengan bahan basic kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan dipadatkan. Rasa kacang dan manis dari gula menyatu dengan terlampau sempurna yang memicu camilan ini mulai begitu nikmat.

Nah, makanan khas Jawa Tengah ini dulunya berasal dari tempat Salatiga. Namun, kini Anda sudah cukup enteng menemukannya. Hal ini sebab enting-enting sudah tersebar di beraneka tempat dan umumnya menghiasi etalase toko oleh-oleh.

Nasi Gandul

Pernahkah Anda mendengar menu nasi yang satu ini? Ya, nasi gandul adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul dapat jadi menu makan siang atau makan malam yang terlampau nikmat, terlebih untuk Anda yang puas dengan kuliner pedas.

Apa yang menarik dari menu nasi ini adalah rasa gurih yang begitu kental datang didalam setiap bulir nasi yang Anda makan. Selain itu, menu ini disempurnakan dengan daging sapi, telur dan disiram dengan kuah pedas yang dapat menambah selera.

Nasi Liwet

Menu nasi lain yang tidak boleh dilewatkan pas Anda berada di Jawa Tengah adalah nasi liwet. Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari tempat Solo dan sudah terlampau populer di beraneka daerah. Bahkan, kalau disimak, nasi liwet sudah jadi ikon dari provinsi Jawa Tengah untuk hal kuliner.

Apa yang menarik dari menu nasi liwet adalah cara matang nasi yang unik dengan tambahan santan dan daun pandan untuk membuatnya lebih gurih. Selain itu, untuk penyajiannya, nasi liwet disajikan dengan daun pisang dan diberi lauk yang cukup lengkap yang umumnya dapat Anda menentukan sendiri.

Rondo Royal

Nama makanan ini sesungguhnya kerap menimbulkan tafsir ganda. Ya, hal ini sebab rondo didalam bhs Jawa bermakna janda dan royal adalah puas memberi. Namun, makanan khas Jawa Tengah ini tidak sesudah itu diartikan sebagai janda tidak mahal hati yang puas memberi. Entah bagaimana asal dari nama makanan ini.

Nah, camilan satu ini berasal dari Jepara dan cukup populer di kalangan masyarakat. Camilan ini dibuat dengan bahan basic tape singkong yang sesudah itu dibalut dengan adonan tepung dan digoreng. Ya, secara singkat, rondo royal adalah tape singkong goreng! Namun, makanan ini mempunyai rasa yang begitu gurih dan lezat.

Soto Kudus

Buat Anda pengagum kuliner soto, menikmati soto Kudus di pagi atau siang hari adalah inspirasi yang tepat. Soto Kudus adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang terlampau nikmat dan terkenal. Seperti namanya, panganan ini awalnya berasal dari Kudus. Namun, kini di sebagian tempat sudah kerap ditemukan type soto yang satu ini.

Apa yang menarik dari soto Kudus salah satunya adalah cara penyajiannya. Biasanya, soto ini disajikan dengan pakai mangkuk yang kecil. Namun, jangan salah, rasa soto ini begitu nikmat. Selain itu, untuk pilihan daging, Anda dapat menentukan soto dengan daging sapi atau kerbau. Cukup unik, bukan?

Getuk

Anda pasti sudah kenal dengan makanan ini, bukan? Memang, getuk sudah banyak ditemukan di beraneka daerah, lebih-lebih di luar Jawa Tengah. Namun, awalnya, makanan ini nampak di tempat Jawa Tengah sehingga jadi salah satu makanan khas Jawa Tengah hingga kini.

Pada mulanya, getuk nampak dengan warna putih saja. Namun, kini, camilan dengan bahan basic singkong ini nampak dengan begitu banyak ragam variasi yang berbeda. Getuk yang diberi tambahan kelapa muda parut mempunyai rasa yang cukup manis dan terlampau gurih sehingga sesuai untuk camilan dengan dengan teh hangat.

Wajik

Makanan khas Jawa Tengah lain yang kudu Anda cobalah adalah wajik. Bisa dikatakan bahwa camilan ini termasuk salah satu yang masih tersedia biarpun termasuk panganan yang tradisional. Ya, hal ini sebab wajik sudah nampak sejak zaman dahulu, tetapi dapat bertahan salah satu gerusan makanan modern sebab rasanya yang khas.

Camilan ini dibuat dengan bahan basic beras ketan yang dimasak dengan campuran gula jawa. Nah, sebab campurannya ini maka wajik dulunya nampak dengan warna cokelat. Namun, kini makanan khas Jawa Tengah ini nampak dengan aneka warna yang lebih menarik. Untuk produk yang satu ini, wajik dibuat dengan bahan gula pasir.

Dawet Ireng

Jika Anda berada di Purworejo, tersedia baiknya kalau Anda mampir ke warung dan merasakan dawet ireng. Ya, dawet iring adalah salah satu sajian khas dari Jawa Tengah. Seperti namanya, apa yang menarik dari minuman dawet ini adalah warnanya yang hitam.

Warna hitam dari dawet ini berasal dari bahan alami yang digunakan, yaitu abu jerami. Bahan selanjutnya ditambahkan pada pas proses pembuatan cendol. Rasa dawet ini begitu nikmat dan manis. Menikmati dawet ireng di siang hari yang panas pasti dapat terlampau menyegarkan.

Mangut Beong

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang kudu Anda coba. Ya, hal ini beralasan sebab sajian ini cuma dapat ditemukan di tempat Magelang saja, tepatnya di kira-kira Candi Borobudur. Makanan ini terlampau populer sebab keunikan dan rasanya yang begitu lezat.

Nah, kemungkinan Anda bertanya apa itu beong, bukan? Secara sekilas, beong mirip dengan ikan lele tetapi pasti saja bukan termasuk keluarga lele. Ikan ini ditemukan di Sungai Progo. Selain itu, ikan mempunyai rasa yang lezat dan daging yang biarpun lembut tetapi tidak enteng hancur.

Berkecek

Pernahkah Anda mendengar nama makanan khas Jawa Tengah ini? Memang, nama makanan khas ini sedikit aneh dan kesulitan diucapkan. Jika dilihat, sajian ini mirip dengan pecel dengan sebagian sayuran dan guyuran sambal kacang yang pedas. Namun, sebagian sayuran yang digunakan didalam suasana mentah.

Makanan yang berasal dari Cilacap ini jadi idola bagi masyarakat sekitar. Selain rasanya yang nikmat, harga berkecek cenderung tidak mahal dan tepat di kantong.

Nasi Grombyang

Nasi grombyang adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer dan nikmat. Olahan nasi ini berasal dari tempat Pemalang. Hingga kini, nasi grombyang masih cukup ramai dicari oleh masyarakat sekitar, terlebih para wisatawan yang mampir ke Pemalang.

Nah, apa yang menarik dari menu ini adalah cara penyajiannya. Olahan nasi disajikan dengan kuah yang lebih banyak daripada isinya sehingga menu nasi nampak grombyang-grombyang. Isi makanan khas Jawa Tengah ini adalah nasi, daging kerbau dan kuah pedas. Kombinasi ini dapat menciptakan rasa kuliner yang mantap dan menggugah selera.

Getuk Goreng

Sebagaimana dibahas di awal bahwa getuk adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang begitu populer dan jadi legenda. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang getuk goreng? Ya, getuk sesungguhnya pada dasarnya disajikan dengan cara di kukus. Namun, getuk dari Banyumas ini mempunyai cara yang unik.

Getuk yang dibuat dari singkong dan campuran gula ini dapat digoreng untuk disajikan. Ada kesan kering dari makanan ini. Namun, pas dinikmati, salah satu makanan khas Jawa Tengah dapat mulai begitu gurih dan manis. Anda pasti dapat menyukainya!

Jenang Kudus

Apakah Anda dulu mencoba dodol Garut? Nah, Jawa Tengah mempunyai jenang dodol versi mereka sendiri. Salah satu makanan khas ini nampak di tempat Kudus. Secara sekilas, jenang Kudus mempunyai detil yang mirip dengan dodol Garut. Hanya saja, camilan ini dibungkus memanjang dengan ukuran kecil pakai plastik bening.

Nah, di Kudus, Anda dapat dengan enteng meraih produk camilan ini sebab banyak toko oleh-oleh yang menyediakannya. Selain itu, jenang Kudus termasuk sudah mulai menyebar di beraneka tempat lain dan jadi salah satu ikon makanan khas Jawa Tengah yang istimewa.

Mi Ongklok

Untuk Anda pengagum kuliner mi, maka mencoba mi ongklok adalah salah satu pilihan yang tepat. Mi ongklok merupakan makanan khas yang berasal dari tempat Wonosobo. Kuliner mi ini cukup unik dengan campuran kol dan termasuk daun kucai.

Selain itu, apa yang menarik dari makanan khas ini adalah kuah mi dicampur dengan bahan tepung kanji. Campuran tepung kanji ini dapat memicu kuah mi jadi lebih kental. Nah, kamu dapat memberi tambahan sebagian lauk, seperti sate sapi, tempe kemul atau keripik sadar sebagai pendamping pas menikmati mi.

Garang Asem

Berkunjung ke Jawa Tengah tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba garang asem. Ya, ini adalah salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang begitu familiar di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Sajian kuliner yang satu ini cukup enteng ditemukan di sebagian kabupaten di Jawa Tengah, seperti Kudus, Semarang, Pati, Demak dan termasuk Pekalongan.

Garang asem dibuat dengan bahan basic daging ayam. Nah, apa yang menarik dari makanan ini adalah daging ayam diolah dengan santan, asam dan cabai.

Ketika matang, Anda dapat merasakan olahan daging yang unik dan lezat. Dalam penyajiannya, kuliner khas Jawa Tengah ini disajikan dengan daun pisang sehingga nampak lebih tradisional.

Intip

adalah makanan khas yang berasal dari Solo. Panganan ini sesungguhnya merupakan kerak nasi. Ya, kerak nasi selanjutnya dikeringkan, diberi bumbu sesudah itu digoreng.

Salah satu makanan khas ini jadi camilan rakyat yang tidak mahal meriah dan cukup enteng didapatkan di banyak lokasi di Jawa Tengah.

Mata Maling

Nama makanan khas dari Jawa Tengah ini sesungguhnya terlampau unik dan cenderung aneh. Namun, pas Anda menyaksikan wujudnya, Anda pasti tidak dapat menyangka. Ya, mata maling adalah camilan khas dari Jawa Tengah yang dibuat dari kulit melinjo.

Kulit melinjo selanjutnya dapat dibersihkan, diberi bumbu rempah, sedikit gula dan cabai sesudah itu digoreng. Ya, mata maling adalah kulit melinjo goreng! Meskipun tampak sederhana, makanan khas Jawa Tengah ini mempunyai rasa khas yang gurih, manis dan pedas. Sangat sesuai untuk camilan pas santai.

Karang Gesing

Kuliner khas Jawa Tengah lain yang patut untuk Anda cobalah adalah karang gesing. Beberapa orang menyangka bahwa makanan ini adalah olahan seafood.

Padahal, karang gesing adalah makanan khas dari Solo yang dibuat dengan bahan pisang! Pisang selanjutnya diolah dengan santan dan gula hingga mempunyai rasa yang terlampau gurih dan manis.

Sosis Solo

Sosis pada umumnya terbuat dari daging yang dihaluskan dan dibungkus dengan usus atau semacamnya. Namun, di Solo, Anda dapat menemukan sosis yang unik. Ya, salah satu makanan khas Jawa Tengah ini terlampau populer dan jadi ikon di Jawa Tengah.

Sosis Solo dibuat dengan bahan telur dadar sebagai kulit –sebagaimana kulit lumpia tetapi lebih lembut. Setelah itu, kulit selanjutnya diisi dengan gilingan daging ayam atau daging sapi. Di Solo, tersedia dua type makanan khas Jawa Tengah ini, yaitu sosis solo basah yang di kukus dan sosis Solo kering yang digoreng.

Serabi Notosuman

Serabi adalah salah satu makanan yang terlampau populer dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang cenderung manis. Namun, biarpun sudah banyak ditemukan di mana saja, Jawa Tengah mempunyai salah satu serabi yang unik dan kudu Anda coba: serabi Notosuman.

Ya, serabi ini jadi makanan khas Jawa Tengah yang terlampau terkenal. Serabi ini dibuat dengan bahan tepung beras, santan, gula, daun pandan dan garam.

Apa yang menarik dari serabi ini adalah cara mengolahnya masih terlampau simple dan tradisional tetapi membuahkan cita rasa serabi yang khas dan memicu ketagihan.

Sup Matahari

Sup matahari merupakan makanan khas Jawa Tengah yang sesuai untuk Anda coba. Sup ini merupakan sup yang dibuat dengan bahan galantine ayam yang ditambahkan begitu banyak ragam type jamur dan wortel. Apa yang menarik dari sup ini adalah bahan selanjutnya dapat dibungkus dengan telur dadar.

Nah, bahan-bahan yang dibungkus sesudah itu disiram dengan kuah panas. Telur dadar yang membungkus tadi dapat terbuka dan mekar seperti bunga.

Inilah basic kenapa makanan khas ini dinamakan dengan nama sup matahari. Anda dapat menemukan menu makanan ini di sebagian pusat kuliner Jawa Tengah.

Bakso Babat

Bakso sesungguhnya jadi inspirasi kuliner yang tidak dapat dulu habis. Nah, di Jawa Tengah, Anda dapat menemukan variasi menu bakso yang enak. Ya, bakso sebagai salah satu makanan khas Jawa Tengah ini terlampau unik sebab ada tambahan babat yang digunakan.

Secara umum, bakso ini tampak seperti biasanya. Bakso daging sapi disajikan dengan mi, taoge, sadar dan lainnya. Namun, tambahan babat memicu menu ini jadi berbeda. Anda yang puas dengan olahan daging pasti dapat menikmati sajian kuliner yang satu ini.

Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas dari Jawa Tengah yang dapat dianggap sebagai panganan tradisional. Ya, makanan khas Jawa Tengah ini sudah tersedia sejak zaman dahulu kala.

Camilan ini terbuat dari singkong yang diolah dan ditambahkan dengan parutan kelapa muda. Nah, tiwul cukup enteng ditemukan di tempat Wonogiri.

Sroto Purbalingga

Salah satu makanan khas yang unik dan sesuai untuk wawasan kuliner Anda adalah sroto Purbalingga. Makanan ini sesungguhnya merupakan olahan soto daging biasa. Apa yang menarik dari menu soto ini adalah ada tambahan kerupuk putih dan taburan kacang pada menu soto yang dihidangkan.

Nah, demikian sebagian pilihan tentang kuliner khas Jawa Tengah yang dapat Anda coba. Dengan aneka makanan tersebut, dapat dicermati bahwa Jawa Tengah jadi salah satu tempat yang kaya dapat olahan kuliner. Nah, mana menu kuliner yang dapat Anda cobalah pertama kali?