Makanan Khas Jawa Timur


Makanan khas Jawa Timur itu banyak dan enak-enak lho. Tiap area yang tersedia di Jawa Timur pun membawa makanan yang berbeda-beda. Dan kamu pasti bakal mendapatkan sensasi wisata kuliner di Jawa Timur yang mengesankan.

Misalnya kalau kami ke Lamongan tersedia soto khas yang jadi makanan andalan. Dari terhadap penasaran, segera kami lihat aja yuk apa aja makanan khas yang tersedia di Jawa Timur dan penjelasannya.

Daftar Makanan Khas Jawa Timur

1. Soto Lamongan

Salah satu type soto yang jadi khas kota Lamongan ini udah mudah kami jumpai di area lain. Ada yang bikin beda antara soto ini bersama soto yang lain lho.

Namanya koya, terhadap tau nggak koya itu apaan? Koya itu semacam bubuk gurih yang terbuat berasal dari kerupuk udang serupa bawang putih.

Kalau ingin tau rasanya soto lamongan, cari aja di kota kamu, atau kalau nggak ya main-main ke Lamongan juga boleh kok. Soto ini sedap banget lho, bahkan dimakan saat hujan turun, jadi jadi syahdu.

2. Rawon

Udah dulu lihat makanan yang kuahnya coklat kehitam-hitaman nggak? Nah makanan yang namanya rawon ini warna kuahnya kayak gitu. Warna gelapnya didapat berasal dari keliru satu bahan yang bernama kluwek.

Kalau di Jawa Timur, rawon yang paling kondang itu di area Pasuruan. Makanan berkuah nan menggoda ini biasanya dimakan bersama nasi, tersedia juga yang mengimbuhkan bawang goreng dan kerupuk.

Rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau, telur dan juga daging sapi. Pengen nyobain makan rawon? Cari aja di area kamu tinggal, atau main lah ke Jawa Timur biar dapet rasa aslinya tuh.

3. Rujak Cingur

Kalau makan rujak kan biasanya irisan buah-buahan yang dikasih sambel gitu kan. Nah, kalau rujak cingur ini beda lho isinya. Cingur sendiri artinya adalah mulut, jadi rujak mulut sapi, hiiiii. Bahan yang tersedia di dalam rujak ini adalah cingur dan juga sayuran serta pelengkap lainnya.

Tapi, yang bikin rasanya sedap itu bumbu yang digunakan. Bumbunya terdiri berasal dari petis, gula merah, cabe dan juga kacang tanah yang udah digoreng.

Nah, kesemua bumbu tadi diulek dan diencerkan bersama sedikit air. Rasanya sungguh mantab, bahkan kalau kamu makannya di Jawa Timur.

4. Lontong Balap

Makanan yang satu ini bukan perlombaan ataupun kompetisi ya. Ini murni sebuah makanan yang jadi keliru satu khasnya Jawa Timur, namanya lontong balap. Keunikan namanya ini pasti sepadan bersama kelezatan rasanya.

Nah, lontong balap ini terdiri berasal dari berbagai macam bahan, tersedia lontong, tauge, paham goreng, lenthok, kecap, bawang goreng dan pelengkapnya sambal. Terus disiram bersama kuah yang rasanya fresh dan mantab.

Makanan yang satu ini udah tersedia berasal dari jaman dahulu, sebelum akan negara api menyerang lho. Jualannya dipikul gitu, dibawa keliling kota bersama peralatannya.

Tapi sekarang jualannya udah terhadap mempunyai kios sendiri, jadi nggak wajib mikul berat-berat lagi. Cobain deh makanan legendaris ini, pasti bakal kenyang tuh.

5. Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan khas Jawa Timur yang udah kondang bakal kelezatannya. Bukan cuma orang Indonesia aja lho yang suka serupa makanan ini, orang luar negeri pun juga suka serupa gado-gado.

Makanan ini terbilang lumayan sehat, bahannya aja terdiri berasal dari sayuran rebus, tahu, tempe, telur, kentang dan kadang ditambahi ketupat. Terus di atasnya disiram saus kacang yang bikin rasanya jadi mantab.

Kalau kamu sudi nyobain, bisa saja di kota Kamu udah tersedia nih makanan semacam salad ini.

6. Tahu Tek

Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah tahu, ya udah paham juga sih kalau diamati berasal dari namanya. Tahu tek ini tahunya digoreng setengah masak kemudian ditambahi bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng dan timun.

Nah, setelah itu disiramlah bersama bumbu yang terbuat berasal dari kacang tanah goreng dan petis yang udah dihaluskan. Cobain aja deh rasanya, biar kamu nggak penasaran lho.

7. Pecel

Makanan Enak Khas Jawa Timur yang satu ini udah tidak diragukan ulang rasanya. Banyak sekali yang menyukai makanan ini . Di Jawa Timur sendiri makanan ini terbagi atas beberapa pecel khas daerah. Seperti pecel khas Malang tersedia juga pecel khas Kediri tersedia pecel khas Jember. Atau yang paling kondang pecel berasal dari Madiun.

Makanan ini amat kondang sebab bahan makanan yang mudah ditemukan juga tidak cuman itu rasa yang nikmat berasal dari pecel sendiri.

Biasanya, pecel pakai sayuran, seperti bayam, toge, kenikir, bunga turi, dan beberapa lainnya. Semua sayurnya direbus khususnya dahulu sampai matang, baru disusun di piring dan disiram bersama sambel kacang.

Rasanya pasti amat mantab. Bahkan, dimakan tanpa nasi pun juga lezat dan mengenyangkan.

8. Bakso Malang

Buat kamu pengagum bakso, keliru satu makanan khas Jawa Timur juga bakso lho, tepatnya di Kota Malang. Di sana tersedia bakso yang amat kondang dan dinamai cocok nama kotanya, bakso Malang.

Berbeda berasal dari bakso biasa, bakso Malang mempunyai berbagai macam type bakso. Ada bakso biasa, bakso telor, bakso urat, bakso udang, bakso goreng dan sanggup juga kamu mengimbuhkan bersama pangsit kering atau basah, siomay, ati, ampela, tahu, mie, dan lontong.

Pokoknya komplit banget deh bakso Malang ini, kamu bahkan sanggup tuh pesan semua type bakso ke dalam mangkokmu. Mungkin mangkoknya yang nggak muat kalau kamu memesan seluruhnya di dalam satu mangkok saja.

9. Nasi Tumpang

Sego tumpang atau nasi tumpang adalah makanan khas Kediri. Diberi nama nasi tumpang sebab pakai kuah berasal dari sambal tumpang.

Sambal tumpang dibuat berasal dari tempe yang udah basi atau kalau orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Tempe tersebut dimasak bersama bersama ayam, kadang tersedia juga yang kenakan rambak atau krupuk kulit sapi.

10. Lodho Ayam

Kalau kamu berkunjung ke Tulungagung, sempatkanlah mencicipi keliru satu makanan khas yang tersedia di sana, lodho ayam. Makanan khas bersama bahan dasar ayam yang dimasak pakai bumbu dan resep turun temurun mempunyai rasa lezat tentunya.

Lodho ayam ini mempunyai dua type masakan, yang pertama adalah lodho bersama kuah encer, yang ke-2 yakni lodho kuah kental. Semua serupa enaknya, bahkan kalau dimakan bersama pakai nasi panas atau tiwul.

11. Rujak Soto

Buat kamu yang main ke Jawa Timur bagian timur sampai ke Banyuwangi tersedia satu makanan yang sanggup kamu cobain nih di sana, namanya rujak soto.

Itu sebenernya rujak apa soto sih? Nah, ternyata, di Banyuwangi itu ciri khasnya adalah memadukan dua makanan jadi satu. Contohnya buntut rawon, tersedia juga yang namanya pecel rawon. Nah, rujak soto pun penggabungan dua makanan jadi satu.

Rujak soto merupakan penggabungan antara rujak bersama soto kuning. Tapi, jangan dibayangin kayak kamu mengkombinasikan rujak serupa soto ya. Rujak yang digunakan adalah rujak sayur yang dicampur bersama soto babat, dan terciptalah rujak soto bercitarasa unik.

12. Nasi Krawu

Kamu paham kan area di Jawa Timur yang kondang bersama semennya, yup bener banget, Gresik namanya. Nah, di area ini ternyata tersedia makanan khas yang sedap lho, nasi krawu.

Buat kamu yang singgah ke kota ini, amat dianjurkan bikin nyicipin deh. Soalnya, nasi krawu ini sedap banget, dibuat berasal dari berbagai bahan, tersedia daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal trasi.

Nasi krawu juga mempunyai ciri khas dalam penyajiannya, yakni bersama pakai daun pisang sebagai alasnya.

13. Sego Tempong

Buat kamu yang bukan berasal dari Jawa Timur khususnya Bayuwangi pasti jarang sekali mendengar nama makanan yang satu ini. Sego tempong merupakan makanan tradisional khas berasal dari Banyuwangi.

Dinamai sego tempong sebab sego adalah nasi dan tempong artinya memukul atau menampar. Mungkin sebab saking pedasnya kuliner yang satu ini.

Sego tempong merupakan sajian yang terdiri berasal dari nasi dan sayuran pelengkap. Kamu bakal mendapatkan rebusan bayam, kenikir, dan kemangi. Tak lupa, sambal yang pedas jadi saus yang disiram di atasnya.

Selain itu, tersedia lauk yang lezat menemani sayur yang pedas tadi. Ada tempe, tahu, ayam goreng, dan bakwan jagung. Kamu sanggup menentukan mana lauk yang lebih kamu sukai.

14. Sate Madura

Kalau kamu lihat di film-film atau sarana elektronik lain, pedagang sate biasanya dideskripsikan sebagai orang Madura. Dan, sate yang paling kondang adalah sate Madura. Kamu sanggup mendapatkan hampir di tiap kota besar di Indonesia.

Sate Madura bukan cuma sate ayam saja, namun juga sate kambing yang serupa lezatnya. Kalau sate kambing, biasanya bakal tersedia kaki kambing yang digantung di gerobak milik penjualnya. Memanggang sate Madura biasanya pakai arang batok kelapa.

Sate khas ini kenakan bumbu kacang yang halus untuk sausnya. Kacang ditumbuk sampai halus bersama bersama sedikit bawang merah dan petis. Bumbu kacang ini yang menaikkan cita rasa berasal dari sate Madura lho.

15. Bebek Sinjay

Kalau kamu pengagum kuliner bebek-bebekan, pasti udah tidak asing ulang bersama olahan yang satu ini, bebek sinjay. Makanan khas yang wajib hukumnya kamu cicipi kalau singgah ke Bangkalan, Madura.

Bebek sinjay paling nikmat kalau dimakan bersama bersama nasi hangat dan kremesan, jangan lupa sambal pencit yang terbuat berasal dari mangga mudanya juga.

Salah satu yang bikin masakan berbahan bebek ini diminati adalah sebab daging bebeknya yang empuk dan tidak tersedia bau amis. Kalau ingin coba, bisa saja di kota kamu tersedia yang menjajakan bebek sinjay ini, cepetan dicari dan rasakan kelezatannya.

16. Lontong Kupang

Mungkin kamu jarang mendengar nama makanan yang satu ini, lontong kupang. Makanan khas Jawa Timur ini kondang di area Surabaya, Sidoarjo, dan juga Pasuruan. Kamu sanggup bersama mudah menemui lontong kupang ini di area pesisir Jawa Timur.

Lontong kupang terbuat berasal dari bahan kupang putih atau yang mempunyai nama ilmiah Corbula faba H. Sejenis hewan laut bentuknya menyerupai kerang berukuran kecil sebesar beras atau biji kedelai.

Untuk memasak kupang ini, pertama wajib dikupas khususnya dahulu, kemudian dimasak bersama bersama bumbu-bumbu. Penyajiannya biasanya pakai lontong dan lentho, selanjutnya ditambahkan kuah petis. Kamu sanggup mengimbuhkan sedikit perasan jeruk nipis agar menaikkan rasa sedap.

17. Gethuk Pisang

Untuk jajanan khas Jawa Timur, kamu sanggup coba nikmati kelezatan gethuk pisang. Gethuk ini pasti saja berbeda berasal dari gethuk singkong.

Perbedaan pertama pasti terhadap bahan bakunya, gethuk pisang pakai pisang. Biasanya pisang yang digunakan adalah pisang raja nangka.

Gethuk pisang khas Kediri ini mempunyai rasa manis serta asam yang khas. Teksturnya sedikit keras namun lembut, memicu gethuk pisang paling sedap dimakan saat kami sedang nikmati secangkir teh hangat.

18. Brem

Kalau kamu naik sanggup jurusan Jawa Timur dan melalui Kota Madiun, bisa saja bakal mendapatkan penjaja brem. Salah satu jajanan yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh.

Brem dibuat berasal dari sari ketan yang kemudian dimasak selanjutnya dikeringkan. Sari ketan yang diambil, sebelumnya udah difermentasi khususnya dahulu selama satu malam.

19. Pecel Lele

Kalau makanan yang satu ini pasti kamu sanggup bersama mudah menemukannya di kotamu. Biasanya penjaja makanan ini bakal menjajakan makanannya saat malam tiba. Untuk isikan perut-perut kosong di malam hari yang susah melacak makanan.

Pecel lele ini berasal berasal dari Jawa Timur, tepatnya berasal dari area Lamongan. Sesuai bersama namanya, sajian utama warung yang menjajakan menu ini adalah lele. Lele digoreng khususnya dahulu sampai matang, baru kemudian disediakan bersama bersama nasi hangat lengkap bersama sambal dan lalapannya.

20. Sambel Wader

Sambel wader merupakan keliru satu olahan makanan berbahan dasar ikan yang asalnya berasal dari Mojokerto, keliru satu kota di Jawa Timur. Sambel wader ini merupakan makanan yang dibuat berasal dari bahan wader. Kamu paham wader kan? Itu lho, keliru satu type ikan yang biasa hidup di sungai.

Walaupun ikannya berukuran kecil, namun rasanya nggak kalah serupa ikan-ikan jumbo berasal dari lautan luas sana. Apalagi di dalam sambel wader ini kami nggak cuma dapet satu ikan saja, tersedia banyak yang sanggup kamu makan dalam satu porsinya.

Ikan wader lumayan digoreng sampai matang, baru kemudian ditambahkan sambel dan disajikan.

Masakan berbahan ikan ini emang enak, tapi, tersedia area lain yang olahan ikannya nggak kalah sedap lho. Masakan khas Maluku berbahan ikan juga mempunyai rasa yang lezat.

21. Ledre

Ledre, keliru satu makanan yang berasal berasal dari Kota Bojonegoro, Jawa Timur. Bentuknya seperti kue semprong, yah, bikin kamu yang paham kue ini aja ya tapi, hehe.

Makanan ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh saat tersedia yang berkunjung ke Bojonegoro. Ya, biarpun nggak semua yang berasal dari Bojonegoro membawa makanan ini sih. Dan, nggak semua yang membawa ledre sebagai oleh-olehnya juga habis berasal dari Bojonegoro.

Jajanan ini terbuat berasal dari tepung beras yang dicampur bersama pisang raja, santan, telur, minyak kacang, dan gula pasir. Dimasak bersifat lembarang tipis, baru kemudian digulung sampai bersifat silinder panjang.

Ledre mempunyai tekstur yang renyah, sedap banget disantap sambil nikmati secangkir kopi atau teh.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Jawa Timur. Kamu wajib cobain seluruhnya ya, biar tau gimana lezatnya makanan khas Indonesia itu. Jangan lupa juga cobain kuliner khas Jakarta, makanan khas Jawa Tengah, dan makanan khas Betawi 🙂