Makanan Khas Kalimantan Timur

 

Makan Khas Kalimantan Timur

Makassar senantiasa memiliki kekuatan tarik tersendiri. Bukan hanya sebab warga dan destinasi wisatanya yang luar biasa, tetapi terhitung produk olahan kuliner yang disajikan. Alhasil, tidak sedikit yang lantas menjadi Makanan Khas Kalimantan Timur dan kelanjutannya begitu ikonik. Kalau tidak percaya, sembari berwisata, silahkan bertanya sejumlah warga lokal mengenai makanan khas Makassar.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi Makanan Khas Kalimantan Timur, yang kondang memiliki kekayaan rasa yang luar biasa, aroma yang istimewa dan tampilan yang menarik dan menggoda, segera saja menuju tempat-tempat ini di Makassar untuk mencobanya. Dijamin nambah!

Daftar Makanan Khas Kalimantan Timur

1. Coto Makassar

Ada yang tidak cukup kecuali kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa coba Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini sebenarnya mengimbuhkan kesan mendalam bagi siapa pun yang dulu menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat renyah’ dan akan mengimbuhkan kesan mendalam kepada siapa pun pennikmatnya.

Di Makassar, ada sebagian tempat yang direkomendasi kecuali kamu tertarik coba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara dimana kuliner ini di sajikan bersama dengan kuah kental dan potongan daging besar, and ekstra daun bawang dan bawang goreng yang di sajikan terpisah. Lokasinya terhitung tetap dekat bersama dengan Pantai Losari, lho!

Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.30 hingga 18.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

2. Konro

Makanan khas Makassar ini tidak pas untuk para vegan ataupun vegetarian. Maklum, bahan dasarnya adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama dengan kayu manis, air asam jawa dan banyak ragam bahan lain, terhitung kluwak, yang biasa dijadikan bumbu basic untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini terlampau nikmat dicicipi kala panas.

Ingin cari tempat terbaik menikmati hidangan Konro ini? Konro Karebosi adalah jawabannya. Saking terkenalnya, tidak sedikit selebriti, poltisi dan public figure lain yang nampak di sini. Itu terhitung sekaligus menjadi saran buat kamu, untuk bersiap-siap antri sebab ramainya pengunjung.

Lokasi: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

3. Sop Saudara

Sejatinya, makanan khas Makassar ini bukanlah berasal dari Makassar, tetapi merupakan kuliner khas Pangkep, Sulawesi Selatan. Namun bagaimana pun juga, yang perlu rasanya.

Sop saudara yang kondang di Makassar dan dapat kamu coba berada di Jalan Irian. Warung ini buka tiap tiap hari, sepanjang 24 jam dan sudah berdiri sejak 1970an. Sop saudara bersama dengan perpaduan daging sapi berkuah dicampur bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng kering, and paru sapi goreng bersama dengan nasi putih, kamu akan memahami alasan mengapa warung ini begitu kondang di Makassar.

Lokasi: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: 15,000 IDR per porsi

4. Pallubasa

Pallubasa merupakan hidangan yang serupa bersama dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau, bersama dengan seluruh bahan dimasak di dalam kala yang lama. Yang membedakan bersama dengan Coto Makassar adalah menu pendampingnya. Pallubasa dimakan bersama dengan nasi putih, kala Coto Makassar bersama dengan ketupat.

Selain hidangan pendampingnya, bumbunya pun sedikit berebeda. Pun demikian bersama dengan tekstur daging yang dihidangkan. Untuk dapat memperoleh kesan terbaik, Pallubasa Serigala adalah rumah makan yang pas untuk coba hidangan ini.

Lokasi: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 13,000 IDR hingga 15,000 IDR

5. Pallumara

Lebih tertarik untuk menikmati seafood di Makassar, kamu dapat coba Palumara, makanan berbahan basic ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini serupa bersama dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah menjadi bahan dasarnya, bersama dengan tongkol atau bandeng menjadi pengganti.

Cara terbaik menikmati Palumara adalah bersama dengan nasi hangat, ditemani bersama dengan minumaan dingin. Spot yang paling pas untuk memperoleh kesan paling pas adalah di rumah makan Ulu Juku, yang tidak hanya menyajikan Palumara, tetapi terhitung makanan khas Makassar lainnya.

Lokasi: Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

6. Barongko

Makassar tidak hanya kondang bersama dengan makanan beratnya. Kue-kue basah di Makassar terhitung memiliki cita rasa yang maknyus. Salah satunya, Barongko.

Kue berbahan basic pisang ini manis dan memiliki tekstur lembut. Kue dibikin di dalam cetakan khusus dan lantas dibungkus bersama dengan daun pisang sebelum akan disajikan. Cara menikmatinya pun dapat sesuai selera, panas sudi pun dingin. Di Makassar, tempat terbaik untuk dapat mencicipi kue tradisional ini adalah di MAMA Toko Kue dan Es Krim.

Lokasi: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 3,500 IDR per biji

7. Pisang Epe

Makanan khas Makassar dari bahan pisang kepok ini begitu ikonik. Pisang kepok 1/2 masak dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, lantas dibakar kembali. Tambahkan topping campuran gula merah dan air daun pandan terhitung garam, serta durian, kecuali ada, maka kamu akan memperoleh camilan bersama dengan rasa istimewa.

Momen paling pas menikmatinya kala sore hingga malam, kala tempat ideal untuk coba dessert Makassar ini adalah di sepanjang pantai Losari. Meski banyak penjaja yang menjual camilan ini, kualitas rasanya nyaris sama, dan sedap semua. Slurp!

Lokasi: Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 16.00 hingga 24.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 12,000 IDR per porsi

8. Es Palu Butung

Kalau menginginkan menikmati es campur ala Makassar, silahkan coba Es Palu Butung. Tidak hanya tawarkan rasa yang manis, tetapi terhitung menyajikan sensasi menyegarkan. Kuliner ini paling sesuai untuk dinikmati kala hawa panas dan kamu dijamin akan minta tambah.

Es Palu Butung terdiri dari potongan pisang manis, bubur sumsum ditambah susu kental manis, sirup merah dan es serut, di sajikan di dalam mangkuk. RM Bravo menjadi salah satu lokasi favorit di Makassar untuk menikmati Es Palu Butung ini.

Lokasi: Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiaap hari, mulai 09.00 hingga 21.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 15,000 IDR per porsi

9. Gogoso

Camilan ini ‘keluar’ di waktu-waktu lebaran saja. Biasanya di sajikan bersama dengan telur asin, gogoso merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan yang dibakar di dalam daun pisang.

Makanan khas Makassar ini banyak disukai warga keturunan Bugis-Makassar. Meski kebanyakan nampak di kala yang khusus, kamu tetap dapat mendapatkannya di MAMA Toko Kue dan Es Krim. Rasanya gurih dan sedap, lho!

Lokasi: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR untuk dua gogoso dan satu telur asin

10. Kapurung

Apa jadinya ikan atau daging ayam dicampur bersama dengan bermacam sayuran dan sari atau tepung sagu? Kamu dapat mencicipinya segera makanan khas Makassar bernama Kapurung. Kuliner ini merupakan sajian tradisional khas Sulawesi Selatan, terutama di tempat Luwu, Kota Palopo.

Meski merupakan makanan tradisional, rasanya yang manis dan asam mengimbuhkan kesehatan bagi penikmatnya dan berhasil membuat Kapurung merambah ke tempat metropolitan, terhitung Makassar. Lokasi terbaik untuk merasakan kuliner lezat ini adalah di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo. Joss!

Lokasi: BTP Bumi Tamalanrea Permai, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No.12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

11. Mie Titi

Ingin coba kuliner ala Tionghoa di Makassar, Mie Titi adalah yang harus kamu coba. Bukan hanya rasanya yang gurih, gabungan ‘lauk’ di sajian ini terhitung begitu melimpah, mulai dari daging, seafood hingga sayuran yang menyehatkan.

Jika kamu tertarik menikmati sajian ini, segera saja menuju ke Mie Titi Panakukkang, tempat di mana semuanya bermula. Kamu terhitung harus mempersiapkan diri untuk terperanjat bersama dengan porsinya yang luar biasa.

Lokasi: Jalan Boulevard No.25, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 2.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR untuk satu porsi besar

12. Juku Pallu Ce’la

Terbuat dari ikan Cakalang, atau dapat terhitung ikan Layang, Bolu, Sibula’ atau Tembang, kuliner Pallu Ce’la dimasak bersama dengan bumbu yang cukup sederhana, garam dan kunyit. Namun, sebab tehnik memasak yang spesial, ada rasa yang begitu berkesan disaat kamu mencicipinya.

Kalau kamu tertarik mencicipi masakan rumahan warga Makassar ini, Rumah Makan Seafood Apong menyajikannya. Harganya terhitung relatif terjangkau, lho!

Lokasi: Jalan Pangeran Diponegoro No.95, Melayu, Wajo, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 11.00 hingga 21.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

13. Bebek Palekko

Makanan Khas Kalimantan Timur dari bahan bebek? Bebek Palekko adalah kuliner yang harus kamu cari. Untuk yang paling favorit, kamu dapat segera menuju ke Palekko Makassar.

Hidangan ini merupakan makanan khas Bugis yang terbuat dari daging bebek yang dicincang. Rasanya didesain sedemikian rupa untuk membuat penikmatnya bercucuran keringat sebab kepedasan. Meski demikian, kamu tidak akan dapat berhenti hingga hidangan di depan kamu habis. Ajaib, kan?

Lokasi: Jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 09.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 40,000 IDR untuk bebek kecil (setengah ekor) dan 55,000 IDR per porsi untuk bebek ukuran besar (utuh satu ekor)

14. Burasa

Burasa, sajian yang serupa lontong ini, terbuat dari beras bersama dengan tekstur lembut dan dibungkus daun pisang muda. Burasa di sajikan bersama dengan taburan bumbu kelapa kering, garam, gula dan cabai.

Tidak sukar menemukan ‘lontong ala Makassar’ ini. Kamu dapat mencarinya di pasar atau tempat penjaja kue dan makanan. Bagi kamu yang menginginkan segera merasakan Burasa, Bakso 33 Makassar siap menyajikannya.

Lokasi: Jl. Bete-Bete No.35, Barana, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setip hari, mulai dari 07.30 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

15. Songkolo Bagadang

Kulineran sedang malam di Makassar, mengapa tidak? Ada Songkolo Bagadang yang patut kamu coba. Nasi ketan hitam atau putih bersama dengan serundeng atau parutan kelapa sangrai sebagai toppingnya ini terlampau menarik untuk dicicipi. Belum kembali tambahan ikan teri asin, telur dan sambal kuning untuk menambah kenikmatan.

Makanan Khas Kalimantan Timur ini kerap dijumpai di acara-acara rutinitas di Sulawesi Selatan. Tapi kamu tidak harus risau sebab kamu dapat mencobanya di Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang siap menemani malam panjangmu di Makassar.

Lokasi: Jl. Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 5,000 IDR per porsi

16. Sarabba

Jika di tempat lain memiliki sekoteng, stmj dan wedang uwuh, Makassar terhitung menyajikan minuman sejenis bersama dengan nama Sarabba. Terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren dan merica bubuk, kamu akan memperoleh sensasi yang menghangatkan badan kala konsumsi minuman ini.

Sarabba Daeng Hasna menjadi salah satu warung minuman ternama di Makassar yang menyajikannya. Berdiri sejak 1983, warung Sarabba ini sempat sebagian kali rubah lokasi sebelum akan kelanjutannya kini menetap di jalur Bulusaraung, setidaknya hingga kala ini.

Lokasi: Jl. Bulu Saraung, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai 07.30 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 7,500 IDR untuk sarabba biasa, 10,000 IDR untuk sarabba susu atau sarabba telur

17. Konro Bakar

Jika sudah dulu mencicipi Sop Konro, tidak ada salahnya coba Konro Bakar, yang pastinya tawarkan sensasi berbeda bersama dengan cita rasa yang istimewa. Sekali lagi, makanan khas Makassar ini bukan untuk para vegan, ya!

Iga yang dibakar dan di sajikan di dalam kondisi panas ini harus dinikmati hingga tidak tersisa. Tidak harus malu akan belepotan sebab sausnya sebab itulah tanpa kamu menikmati hidangan ini sepenuhnya. Kalau tidak sabar untuk mencoba, segera menuju ke Konro Karebosi ya!

Lokasi: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 11.00 hingga 23.00 WITA
Harga: Mulai dari 40,000 IDR per porsi

18. Sop Ubi

Jika kamu tidak cukup mengenal sop ubi Makassar, tidak ada salahnya mencobanya di Sop Ubi Datumuseng, salah satu yang paling kondang di Sulawesi Selatan.

Sop bersama dengan isian ubi yang dipotong kecil, tauge, bihun, telur, daun bawang, bawang goreng dan daging itu terlampau pas dinikmati kala panas. Jangan lupa terhitung untuk mengimbuhkan makanan sampingan, layaknya emping, kacang goreng, kerupuk udang, bahkan burasa.

Lokasi: Jl. Datumuseng (Dalam Lorong) (Samping RS Stella Maris), Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

Masih banyak Makanan Khas Kalimantan Timur lainnya yang harus kamu coba, tetapi dari 18 daftar di atas, yang mana yang paling membuatmu tertarik?