Makanan Khas Karawang

Makanan Khas Karawang
Makanan khas karawang sesungguhnya dikenal punyai cita rasa tinggi. Walaupun, kota ini dikenal sebagai kota Industri. Tetapi, soal makanan seakan tidak senang kalah bersama menu di kota lainnya. Walaupun, lebih dari satu menunya nyaris mirip bersama kota lainnya. Namun, dari aspek tekstur, penampilan, serta rasa udah sanggup dipastikan berbeda.

Di Karawang sendiri punyai banyak sekali makanan-makanan tradisional yang cita rasanya terlalu nikmat dan juara, Tidak hanya itu, sekiranya kamu singgah ke tempat ini jangan lupa termasuk sempatkan beli oleh-oleh ya. Jangan khawatir, harganya terlalu bersahabat lho

Daftar Makanan Khas Karawang

1. Opak Ketan Rawagede

Makanan Khas Karawang Jawa Barat pertama yang sanggup kamu menikmati adalah Opak Ketan Rawagede.

Ukurannya pun sesungguhnya tidak terlalu besar dan membawa rasa yang terlalu gurih. Harganya pun hanya 10 ribu rupiah saja. Menurut banyak cerita, menu cemilan ini paling disukai oleh para raja dan pangeran kerajaan Karawang pada sementara itu.

Makanan ini pun terbuat dari bahan dasar beras yang membawa mutu baik. Biasanya, hanya bersama dua gigitan saja, kamu udah sanggup menghabiskan makanan satu ini. Biasanya, sajian ini sanggup dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau termasuk tetangga di rumah.

2. Jojongkong

Makanan khas Karawang selanjutnya adalah Jojongkong, Dimana, menu satu ini terbuat dari lebih dari satu campuran beras, tepung ketan, kanji, daun pandan suji, garam. Kemudian, untuk isinya sendiri pun menggunakan parutan kelapa dan termasuk gula merah.

Selanjutnya, kue ini dapat dibungkus bersama menggunakan daun pisang kemudian di kukus. Untuk cita rasanya, kue ini manis dan gurih, Sampai sementara ini, kamu tetap sanggup menemui dan membelinya di berbagai macam pasar tradisional di Karawang.

3. Serabi Hijau

Satu ulang kota yang menghadirkan kue khas yang tetap menjadi incaran tiap-tiap pagi.

Serabi bersama warna hijau yang menjadi ciri khas sajian karawang. Paling cocok dinikmati sementara pagi hari bersama bersama teh dan kopi.

Untuk menikmati makanan ini kebanyakan menggunakan gula aren, yang dicairkan bersama kinca.

Menu satu ini diperkenalkan jadi th. 1995. Sejak sementara itu pula sajian khas karawang ini membawa dua rasa yang berbeda.

Ada Gula aren atau termasuk gula durian yang cita rasanya terlalu khas. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal lho hanya 4 ribu hingga 6 ribu rupiah saja.

4. Kawista Madu

Bagi kamu yang bukan orang Karawang bisa saja bingung bersama kuliner khas ini. Karena nama kawista sendiri sesungguhnya tetap terlalu asing. Menu ini berasal dari buah yang termasuk dalam keluarga mojo atau suku jeruk. Ciri khas yang paling menonjol dari buah satu ini adalah kulitnya yang agak keras.

Selain itu, sekiranya udah masak bau yang dikeluarkan terlalu khas. Tidak heran sekiranya banyak yang menyebutnya sebagai java cola.

Bagi warga karawang, buah ini pun disempurnakan bersama menggunakan madu. Selain untuk tingkatkan cita rasa, madu termasuk dikenal sebagai bahan yang menyehatkan tubuh.

Minuman ini terlalu baik dikonsumsi dan baik untuk tubuh seperti, menangani sakit perut, turunkan panas serta meredakan gangguan sementara menstruasi.

5. Es Walikota

Tidak hanya kota bekasi saja yang jadi panas di siang hari. Tetapi, karawang termasuk punyai suhu yang sama.Oleh sebab itu, tidak tidak benar sekiranya kamu pilih untuk membeli es yang segar dan menyegarkan. Salah satunya adalah es walikota.

Es ini menyajikan berbagai macam pilihan buah yang sanggup kamu pilih. Mulai dari nanas, semangka, nata de coco, melon, selasih, kolang-kaling, roti, stroberi serta lebih dari satu aneka jeli yang enak.

Sebagai pelengkapnya, kamu dapat diberi pilihan lebih dari satu sirup rasa buah yang sanggup kamu pilih. Paduan paling akhir dapat disempurnakan bersama es serut, susu dan termasuk gula pandan. Untuk harganya termasuk tidak terlalu mahal lho hanya 9 ribu rupiah saja per mangkoknya.

6. Brownies Durian

Brownies menjadi tidak benar satu oleh-oleh yang harus kamu beli dan kamu nikmati. Dimana, menu satu ini terbuat dari bahan durian asli. Browniesnya sendiri terlalu lembut untuk dimakan.

Cita rasa manisnya berpadu bersama aroma durian yang pas. Kalau dari aspek harga, menu satu ini tidak terlalu mahal lho. Mulai dari 40 ribuan saja.

7. Kue Semprong

Makanan kering khas Karawang ini menjadi sajian yang tepat dinikmati sementara sore hari. Bersama bersama keluarga yang tengah santai bersama secangkir teh hangat.Bentuknya terlalu unik, bulat dan panjang seperti sebuah cerutu Belanda. Saat kamu gigit ujungnya rasanya manis dan gurih.

Menurut sejarahnya, kue ini pertama kali dibawa oleh bangsa portugis yang singgah ke Indonesia mencari rempah-rempah. Bahan-bahan yang digunakan untuk memicu menu satu ini pun tidaklah sulit. Hanya menggunakan parutan kelapa, telur, tepung beras, gula halus, serta wijen.

Bagi kamu yang mengidamkan membelinya, semprong udah dijual di berbagai macam toko. Biasanya, makanan ini tersedia di tidak benar satu toples sementara lebaran datang.

8. Gegeplak Karawang

Menu makanan khas Karawang selanjutnya adalah geplak sunda. Memiliki bentuk bulat tidak beraturan bersama cita rasa manis. Ada banyak warna yang sanggup kamu pilih. Hanya saja, warna berikut hanyalah sebagai hiasan saja, bukan merupakan sebuah rasa yang berbeda.

Menggunakan parutan kelapa sebagai bumbu tambahan di atasnya Biasanya, lebih dari satu warga karawang tetap menyuguhkan kudapan ini ke tamu yang singgah ke tempat tinggal mereka. Manis gurih menjadi sajian yang tepat sekiranya dinikmati sambil bercerita.

9. Soto Tangkar

Tidak kalah bersama kota lainnya. Karawang pun menghadirkan menu soto yang tidak kalah enaknya, Tangkar namanya. Konon makanan ini udah tersedia sejak th. 1980 lho. Bila di kawasan lain menggunakan ayam atau sapi. Bila di sini, kamu sanggup menikmati bagian kulitnya dan termasuk kikil yang empuk dan gurih.

Untuk melengkapinya, satu menu soto dapat disempurnakan bersama perasan jeruk, sambal, emping dan termasuk nasi hangat yang diatasnya udah ditabur berambang goreng. Dilihat dari kuahnya, berwarna merah kekuningan. Maklum saja, memicu kuahnya, menggunakan bahan kunyit serta cabai yang digoreng terutama dahulu

Di berbagai kawasan di Karawang udah banyak yang menjajakan menu satu ini bersama harga jadi dari 18 ribu rupiah saja. Hanya saja, yang menjadi pembeda adalah lauk pendampingnya. Ada lebih dari satu warung yang terlalu lengkap seperti, tahu, tempe, sate paru, babat, iso, perkedel, tersedia yang hanya lebih dari satu saja.

10. Tahu Bambu

Makanan ringan khas karawang ini sering menjadi pilihan sementara singgah musim hujan dan hawa menjadi dingin. Tetapi, kalau diamati dari tekstur dan cara menghidangkannya, kamu sanggup melihat makanan satu ini mirip sekali bersama kuliner kupat memahami yang diatasnya disiram bersama bumbu saus kacang yang nikmat.

Perbedaan mencolok tersedia di bumbu saus kacangnya yang sedikit gurih. Biasanya disempurnakan bersama telur asin, kerupuk risoles atau termasuk bakwan. memahami yang di sajikan digoreng terutama dahulu hingga kering.. Harga satu porsinya jadi dari 8 ribu rupiah.

11. Nasi Liwet

Nasi liwet ternyata tidak hanya tersedia di kota Solo saja lho, melainkan tersedia termasuk di Kota Karawang. Tetapi, cita rasanya sedikit berbeda dengan.

Kamu dapat merasakan perpaduan Jawa dan Sunda bersama rasa Gurih pedas. Kalau di Solo, menu ini di sajikan bersama telur rebus, sayur daun pepaya, dan suwiran ayam.

Sementara, di Karawang sendiri menyajikannya bersama tempe bacem, memahami telor ayam dan empal goreng, kentang lalapan, serta sambal.

Meskipun berbeda, tetapi liwet yang digunakan nyaris punyai cita rasa yang sama. Dari gurihnya santan serta pulennya nasi. Jadi, perpaduan dua budaya yang berbeda sanggup kamu rasakan di makanan ini.

12. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Kalau di Karawang satu menu yang tidak boleh kamu tinggalkan adalah Ikan Gabus Bumbu Pucung. Kalau diamati dari aspek tampilan kamu tentu dapat sepakat sekiranya makanan satu ini dapat mirip bersama Rawon dari Surabaya. Menggunakan keluek yang sama.

Kuahnya terlihat lebih encer bersama rasa gurih dan pedas yang tidak terlalu menyengat. Hampir di semua tempat kamu sanggup menemui sajian spesial ini.

Harga yang di tawarkan untuk satu porsinya pun banyak ragam jadi dari 10 ribu rupiah, bersama ikan gabus yang hanya dijuak separuh, atau utuh yang harganya sanggup mencapai 40 ribu rupiah.

13. Kue Ali

Menu makanan ini sanggup kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah dan termasuk tetangga. Rasanya terlalu khas dan banyak warga karawang menyebutnya sebagai kue cincin. Saat kamu gigit teksturnya terlalu lembut, manis, dan legit. Bahan dasar untuk membuatnya adalah campuran beras ketan, gula merah serta kelapa untuk digoreng.

Bentuknya pun memadai lucu yakni bulat atau kalau tidak berwujud persegi dan tetap mempertahankan lubang ditengahnya. nyaris seperti donut sebenarnya.

14. Kue Gonjing

Inilah kue tradisional yang berasal dari Karawang, konon katanya udah tersedia sejak zaman dahulu. Terbuat dari pohon kelapa dan termasuk tepung. Cita rasanya terlalu gurih dan legit. Kemudian, diatasnya ditaburi bersama gula bubuk halus yang punyai cita rasa manis.

Nah, bagi kamu yang menyukai rasa pedas. Biasanya kue ini dapat dicocol bersama saus pedas. Kamu sanggup menikmati dan membelinya di berbagai pasar tradisional di Karawang, harganya pun tidak terlalu mahal lho hanya 500 rupiah hingga seribu rupiah saja.

15. Bolu Kijing

Dari namanya bisa saja jadi menakutkan ya. tetapi, tenang menu makanan ini membawa cita rasa yang nikmat lho. Kono Bolu ini udah tersedia sejak th. 1980 lho. awalannya namanya adalah kepal. kemudian, pada era pemerintahan bupati Sumarno, diganti bersama nama kijing.

Bahan utamanya menggunakan telur bebek bersama sementara kurang lebih 10 menit. Bila bersama varian selai keseluruhan sementara 12 menit. Untuk satu kotak bolu bersama isi 25 dijual bersama harga 45 ribu rupiah.

16. Soto Gempol

Kuliner andalan karawang lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Soto Gempol. Menu satu ini udah dijual sejak th. 1980 an lho. Biasanya kamu dapat mendapatkan pilihannya seperti isian daging, ayam, babat atau termasuk usus. Cita rasanya gurih. Akan lebih nikmat bersama tambahan perasan jeruk dan termasuk kecap manis.

Kamu termasuk sanggup mengimbuhkan acar yang terbuat dari wortel, mentimun, dan bunga kol. Untuk harganya pun memadai murah hanya 30 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah. Tergantung apa saja isiannya dan porsinya.

17. Dodong Hideung

Makanan khas Karawang yang populer ini terbuat dari ketan bersama rasanya yang manis dan legit.

Menggunakan ketan hitam yang dibalut bersama santan. Tidak hanya itu saja, tersedia yang menyenangkan lho, di mana menu satu ini terdaftar di UNESCO lho.

18. Ayam Goreng Sajolna

Ayam Goreng Sajolna menjadi tidak benar satu sajian yang khas. Gorengnya terlalu empuk bersama cita rasanya yang gurih dan termasuk legit.

Kemudian, penyajiannya pun disempurnakan bersama sambal dadak yang membawa cita rasa terlalu pedas. Kamu pun sanggup menggunakan jeroannya atau enggak. nah, untuk menu satu ini kamu harus merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah saja.

19. Rengginang Ketan

Ada ulang oleh-oleh yang sanggup kamu beli selama kamu di karawang. Rengginang ketan yang rasanya pun tidak kalah nikmat bersama berbagai macam makanan ini yang ada. Tidak hanya menggunakan warna putihnya saja. Melainkan, tersedia ulang merah, hitam.

Tidak hanya dijual dalam bentuk masak saja. Kamu juga, sanggup membelinya dalam bentuk yang mentah lho. Mulai dari 10 ribu rupiah hingga 20 ribuan. Jadi, jangan lupa untuk membelinya ya.

20. Gandasturi

Gandasturi menjadi tidak benar satu menu makanan yang harus kamu menikmati sekiranya berada di Karawang. Terbuat dari kacang hijau yang dibalut bersama tepung lantas digoreng. Kalau rasanya jangan ditanya ulang cita rasanya enak, gurih dan teksturnya terlalu renyah lho.

Ada lebih dari satu tempat yang sanggup kamu beli bersama harga yang jadi dari 20 ribu rupiah saja. Bagaimana , penasaran bersama menu ini? Jangan lupa beli ya.

21. Soto Sadang

Mungkin, inilah sajian soto paling akhir yang sanggup kamu temui di karawang. Kuahnya bening bersama cita rasa gurih yang nikmat dan lezat, paling cocok disantap untuk sarapan pagi. Tetapi, kalau kamu melihat lebih dalam lagi, bentuknya nyaris mirip sop.

Ada irisan ayam, kentang, daun seledri, Harganya jadi dari 30 ribu rupiah. Dimana, kamu termasuk sanggup pilih isian lainnya seperti babat atau paru.

22. Kerupuk Bontot

Oleh-oleh paling akhir yang sanggup kamu temui adalah kerupuk bontot. Dimana, bahan utamanya adalah limbah dari sisa adonan kerupuk ikan. Rasanya pun memadai nikmat, lebih-lebih sekiranya dicocol bersama sambal. Maka dapat menimbulkan rasa pedas gurih yang memicu kamu ketagihan untuk menikmatinya ulang dan lagi.

Tidak hanya menggunakan sambal saja, kebanyakan kerupuk satu ini termasuk sanggup disantap bersama kuah pempek atau termasuk sambal kacang.

Lebih nikmat ulang sekiranya disantap menggunakan ayam bakar dan termasuk nasi hangat. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal lho. Hanya 10 ribu rupiah saja. Kamu sanggup membelinya di berbagai toko oleh-oleh yang tersedia di Karawang.

24. Pepes Walahar

Makanan khas Daerah Karawang sanggup kamu temui di dekat bendungan walahar. Ada lebih dari satu pepes yang sanggup kamu menikmati jadi dari jambal, jamur, oncom, ikan mas, teri tahu. dari cita rasanya pun terlalu gurih dan sedikit pedas. Dengan menggunakan daun pisang yang memicu aroma wangi segera tercium sementara menu ini disajikan.

Biasanya dapat di sajikan bersama menggunakan nasi putih dan termasuk sambal yang membawa rasa pedas. Ada ulang yang disempurnakan bersama lebih dari satu sayuran seperti, sayur asem atau termasuk lodeh. Harganya pun tidak terlalu mahal jadi dari 5 ribu rupiah saja.

Bagi Pelancong

Makanan khas Karawang menghadirkan berbagai macam menu yang dijamin memicu lidah kamu bergoyang tanpa henti. Selain itu, kamu termasuk tidak harus bersusah payah mencari semua menu pilihannya. Karena, udah tersedia di berbagai macam warung, restoran, dan pasar-pasar Tradisional.