Makanan Khas Manado

Makanan Khas Manado
Makanan khas Manado populer dengan cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Sajian kuliner eksotis dari tanah nyiur melambai ini biasanya berbahan dasar yang diperoleh dari kekayaan hasil laut Manado. Jika anda memiliki rencana berlibur ke Manado, tidak tersedia salahnya untuk membaca ulasan berikut ini sehingga tidak kebingungan selagi bakal berburu sajian kuliner makanan khas Manado besok.

Daftar Makanan Khas Manado

Berikut daftar lengkap kuliner Manado yang mampu anda cobalah :

Tinutuan

Resep makanan khas Manado bernama tinutuan mampu anda temukan di internet. Sajian kuliner ini merupakan campuran bervariasi sayuran hijau yang dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Tinutuan tepat disantap untuk sarapan. Bagi anda yang menanyakan bagaimana rasa dan sajian bubur ayam Manado? Maka anda kudu memesan tinutuan ini ke penjual makanan sebab sejatinya tinutuan merupakan bubur khas Manado.

Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan sajian makanan bersifat ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah jadi bervariasi menu makanan. Olahan ikan cakalang yang paling enak menurut biasanya orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Dabu Dabu

Kuliner khas Manado bercita rasa pedas ini terdiri dari bermacam macam varian diantaranya dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong, dan dabu-dabu lilang. Kesemuanya bakal enteng anda jumpai di sebagian tempat tinggal makan yang menyajikan ikan bakar.

Sambal Roa

Sambal roa terbuat dari cabai yang diolah dengan ikan roa atau ikan terbang asap. Sambal roa cocok disajikan dengan makanan tinutuan. Jangan kaget ya kecuali sambal roa ini harganya lumayan mahal sebab bahan bakunya juga agak udah didapat.

Woku Blanga

Woku blanga dimasak memanfaatkan blanga dari tanah liat. Woku sendiri merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lainnya sehingga mempunyai cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Nasi Kuning

Makanan khas Manado halal yang satu ini merupakan olahan nasi kuning layaknya nasi kuning yang banyak di temui di Jawa. Bedanya kecuali di Jawa penjual nasi kuning biasanya berjualan di pagi hari, sedang di Manado mereka berjualan jadi malam hingga dini hari.

Pisang Goreng

Pisang goreng Manado membawa cara memakan yang unik di mana pisang goreng tersbeut disantap dengan sambal dabu-dabu atau sambal roa. Pisang goreng Manado yang populer tersedia dua macam, yakni pisang sepatu dan pisang goroho yang digoreng dulu sebelum akan dimasak.

Es Brenebon

Racikan minuman es paling populer di Manado ya es brenebon namanya. Es brenebon merupakan es kacang merah. Salah satu tempat tinggal makan legendaris yang menyajikan es ini adalah tempat tinggal makan es Miangas yang berada di samping jembatan Miangas.

Klapertaart

Kuliner yang merupakan warisan Belanda ini biasa dijadikan dessert dengan rasa yang gurih. Klapertaart nikmat disantap di dalam suasana tetap dingin, sehingga kudu disimpan khususnya dulu di di dalam kulkas.

Gohu

Gohu merupakan tidak benar satu jenis makanan khas Manado yang jadi favorit. Terbuat dari buah pepaya mengkal yang diiris memanjang lantas dicampur deang air, cuka, cabe halus, gula aren, bakasang, dan jahe. Rasanya merupakan paduan dari pedas, asam, dan manis.

Ayam Tuturuga

Mirip dengan opor ayam, sajian kuliner ayam tuturuga ini sering disajikan sebagai menu makanan sehari-hari yang mempunyai cita rasa gurih dengan paduan sedikit pedas. Meskipun serupa dengan opor ayam, namun pengolahannya mengerti berlainan sebab ayam tuturuga diolah memanfaatkan tambahan sayur-sayuran bersifat daun kemangi, daun pandan, dan juga jeruk nipis.

Nasi Jaha

Nasi jaha enteng ditemukan di Manado sebab nyaris tiap-tiap tempat tinggal makan sedia kan menu nasi jaha ini. Cara memasak nasi jaha lumayan unik, beras dan ketan awalnya dimasukkan ke di dalam sebilah bambu lantas dibakar hingga beras di di dalam bambu jadi matang. Setelah itu nasi jaha siap untuk disantap.

Sambal Bakasang

Salah satu sambal yang lumayan populer di Manado ini terbuat dari campuran telur ikan. Bahan dasarnya inilah yang mengakibatkan sambal bakasang jadi sajian sambal khas Manado yang berlainan dari jenis sambal lainnya. Rasa pedasnya mantap dan tidak mengecewakan. Jika anda mampir ke Manado dan tidak mencicipi cita rasa sambal bakasang, dijamin anda bakal menyesal.

Ayam Woku Woku

Bagi anda penyuka makanan pedas juga kudu mencicipi sajian kuliner yang satu ini. Ayam woku-woku juga dikenal dengan nama rica rica ikan. Senantiasa disajikan dengan tingkatan pedas yang mampu mengakibatkan perut jadi amat panas. Namun rasa pedas dan panas dari makanan ini tambah bakal mengakibatkan anda ketagihan dan tidak mampu berhenti mengunyah.

Rica Rodo

Terbuat dari terong dan irisan jagung manis mengakibatkan cita rasanya jadi gurih dan bertekstur renyah. Rica rodo merupakan sajian kuliner yang cocok disantap bagi anda yang merupakan vegetarian, pecinta makanan berbahan sayur di tengah ragam sajian kuliner khas Manado yang didominasi ikan sebagai bahan dasarnya.

Pisang Goroho

Pisang goroho merupakan jenis buah yang unik sebab justru lebih enak disantap disaat tetap muda, belum amat matang, berlainan dengan jenis pisang lainnya. Pisang goroho mampu disantap langsung, namun mampu juga diolah dengan cara digoreng ataupun dikukus. Rasanya sebetulnya sedikit asam, namun justru itulah yang jadi keunikan dan kekhasan dari pisang goroho ini.

Lalampa

Makanan Manado yang satu ini serupa dengan lemper Jawa sebab sama-sama berbahan dasar beras ketan dan dibungkus daun pisang. Hanya saja, lalampa membawa isian bersifat daging ikan cakalang. Beda dengan lemper yang berisi suwiran ayam atau abon. Selain itu, cara memasak lalampa ini juga berbeda, setelah dikukus lantas lalampa bakal dibakar sebelum akan disajikan.

Halua Kenari

Kue khas Manado ini memanfaatkan kenari sebagai bahan utamanya. Kacang kenari merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh subur di tanah Sulawesi. Kacang kenari ini diolah sedemikian rupa dan dilapisi dengan gula merah. Kudapan ini cocok dinikmati dengan teh atau kopi hangat di pagi atau siang hari.

Panada

Makanan yang merupakan peninggalan budaya dari Portugis ini sejatinya adalah makanan bersifat ikan yang dibalut dengan roti. Panada bersifat layaknya pastel dengan isian bersifat ikan cakalang berbumbu panpis. Harganya tidak mahal hanya 1.250 rupiah saja satu pieces.

Pala Manis

Pala manis Manado terbuat dari buah pala yang dicampur dengan cairan gula sebagai pemanisnya. Teksturnya mengkilap dan muncul bersih. Pala manis Manado mempunyai tampilan yang sedikit berlainan dengan manisan dari daerah lain.

Kacang Goyang

Makanan enteng khas Manado satu ini merupakan makanan kudu di dalam tiap-tiap hajatan warga Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom yang dibalut dengan terigu lantas dilumuri dengan gula sehingga warnanya jadi beraneka macam dan menggugah selera. Salah satu daerah penghasil kacang goyang di Manado adalah di daerah Kotamobagu.

Dodol Amurang

Manado juga membawa kuliner sejenis dodol yang dinamakan dodol amurang. Dodol yang juga dikenal sebagai dodol Manado ini banyak di memproses di daerah Minahasa. Dodol amurang dibikin dari gula aren, beras ketan, minyak kelapa murni, kacang, dan juga kayu manis. Semua bahan berikut lantas dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus dengan panas kurang lebih 120 derajat celcius sebelum akan disajikan dingin.

Perkedel Nike

Perkedel nike terbuat dari ikan nike, tidak benar satu ikan khas danau Tondano. Ikan ini juga dijuluki dengan nama wurukus. Rasanya bakal senantiasa enak walau hanya digoreng biasa tanpa dicampur apapun, bahkan kecuali diolah jadi perkedel nike, pasti lebih mantap gurihnya terasa.

Ayam Rica Rica

Kuliner yang satu ini lumayan enteng anda jumpai di warung makan yang tersedia di Manado. Diolah dengan bumbu khas Manado tentu saja mengakibatkan rasanya jadi lebih mantap dan lebih pedas. Penasaran? Jangan lupa pesan ayam rica rica ini ya disaat mampir ke Manado.

Ikan Tude

Ikan tude merupakan sejenis ikan kembung, namun rasanya lebih gurih daripada ikan kembung. Ikan ini diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar, dan disajikan dengan sambal dabu-dabu Manado. Sungguh kenikmatan yang hakiki.

Paniki

Makanan ekstrim Manado ini terbuat dari daging kelelawar. Daging berikut dimasak dengan santan kental dan tambahan bumbu rempah, serupa layaknya oseng-oseng mercon. Sekedar informasi, daging paniki warnanya hitam. Tertarik untuk mencoba?

RW (erwe)

Berbahan dasar daging anjing yang dimasak layaknya daging sapi biasa mengakibatkan masakan RW (erwe) ini hanya dimakan oleh orang-orang spesifik saja. Untuk rasanya, mungkin anda kudu mencobanya sendiri.

Babi Putar

Babi putar merupakan sajian kuliner Manado di mana satu ekor babi dibakar di atas bara api sembari diputar putar. Babi putar biasanya disajikan terhadap selagi pesta.

Saguer

Saguer merupakan minuman khas Manado yang diambil alih dari pohon saguer. Rasanya asam warnanya putih kekuningan. Saguer ini punya kandungan alkohol dan jadi minuman kudu yang kudu disajikan selagi tersedia upacara adat. Minuman ini juga dijual di warung-warung dengan kisaran harga perliter 30 ribu rupiah.

Tinoransak

Kuliner tinoransak dari Manado dibikin dari daging babi yang dibumbui dan dimasukkan ke di dalam buluh bambu. Ada rahasia di dalam mengolahnya, sehingga warnanya tidak rusak, biasanya orang Manadoakan memasukkan sedikit darah sebelum akan dipanaskan. Tinoransak selagi ini tak hanya diolah dari daging babi juga diolah dari daging sapi atau kambing dan bahkan ayam, sehingga umat muslim mampu menyantapnya dan jadi makanan khas Manado yang halal.

Kue Apang
Instagram by @raberica Kue apang terbuat dari tepung beras dan tepung terigu membawa rasa gurih manis. Satu kue apang dijual dengan harga 3 ribu rupiah saja.

Pangi dan Saut
Instagram by @eliza.meisye Pangi merupakan makanan yang terbuat dari tanaman kluwak atau daun pangi yang dicampur dengan bumbu-bumbu alami. Sedangkan saut terbuat dari pelepah pisang muda yang dicampur dengan bumbu-bumbu alami diantaranya jahe, kemangi, biji pala, daun bawang, dan juga cabai. Persamaan dari kedua kuliner ini adalah cara memasaknya sama-sama memanfaatkan buluh bambu dan sama-sama jadi menu sayuran yang lezat juga sehat.

Kawok
Instagram by @beautyinge82 Satu kembali kuliner ekstrim di Manado, yakni kawok. Makanan khas Manado tikus ini sebetulnya terbuat dari daging tikus hutan yang berekor putih. Kawok dimasak dengan beraneka macam bumbu dapur dan cabai. Rasa yang dihasilkan merupakan campuran pada pedas dan gurih.

Es Tiji Mei
Instagram by @bentuman_toast_box_puri Es tiji mei merupakan es kacang merah, minuman khas Manado. Terbuat dari kacang merah yang dicampur dengan gula dan susu sehingga minuman ini membawa gizi yang tinggi.

Es Manado
Instagram by @muharamia_miiu Terbuat dari sirsak yang dicampur dengan mutiara, jelly, buah alpukat, dan juga sari kelapa mengakibatkan es manado jadi minuman khas yang rasanya segar. Satu gelas es Manado hanya dihargai 5 ribu rupiah saja. Ayo diserbu!

Kue Lampu lampu
Instagram by @omacucur Kue yang berwarna hijau dan dibungkus dengan daun pisang ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, santan, daun pandan, air daun suji, dan juga gula merah. Cara pembuatannya dengan dikukus dan hanya dijual seharga 1500 rupiah, lumayan tidak mahal dengan tekstur yang lembut serupa dengan agar-agar.

Kue Pinende
pinende_manado Kue tradisional khas Manado ini berbahan dasar serupa dengan jenis kue Manado lainnya. Ditambah dengan siraman sirup gula merah di bagian atasnya mengakibatkan kue pinede ini cocok dijadikan cemilan manis di sore hari.

Kue Balapis Manado
Instagram by @doudytatipang Kue yang satu ini teksturnya berlapis-lapis dan disaat digigit jadi amat lembut. Beraroma pandan dan tersedia lapisan yang rasanya layaknya coklat mengakibatkan kue balapis Manado ini banyak disukai oleh orang-orang jadi dari anak-anak hingga dewasa.

Ayam Isi Buluh
Instagram by @khai2509 Sajian kuliner yang satu ini diolah dengan cara khusus, yakni diolah di di dalam buluh. Buluh merupakan bambu yang digunakan sebagai media memproses makanan di Manado. Rasanya segar dan persentase rempah rempahnya amat terasa.

Pampis
Instagram by @tchjournal Masakan tradisional dari Manado ini merupakan olahan ikan cakalang yang disuwir dengan tambahan bumbu khas Manado. Pampis beda dengan cakalang fufu. Jika cakalang fufu diasapi, maka pampis tidak sebab dimasak hingga kering.

Binyolos
Instagram by @marinisupit Kudapan khas Manado bernama binyolos ini berbahan utama ubi sehingga punya kandungan karbohidrat. Rasanya manis wajar sehingga tidak mengakibatkan eneg. Binyolos merupakan cemilan enteng yang biasa disantap penduduk Manado di pagi dan sore hari.

Sayur Ganemo
Instagram by @elkearing Sayur ganemo merupakan sajian kuliner bersifat sayuran yang terdiri dari campuran daun melinjo, labu kuning, dan bunga pepaya. Sayur ganemo merupakan sajian kuliner klasik yang tetap eksis hingga sekarang. Kelezatannya sungguh melegenda sehingga tiap-tiap orang yang mampir ke Manado kudu mencicipi sayur ganemo ini.

Kue Gulung
Instagram by @yuu_lia Satu kembali cemilan khas Manado bersifat kue yang rasanya tidak diragukan lagi. Tampilannya serupa dengan kue semprong dari Karawang dengan rasa yang gurih dan renyah disaat digigit. Kue gulung terbuat dari sagu dan membawa warna dominan coklat sebab dibikin dengan cara dipanggang di di dalam oven. Cemilan khas Manado ini mampu dengan enteng anda dapatkan di pusat oleh oleh Kota Manado untuk dijadikan buah tangan dan dibagikan ke keluarga maupun kerabat dekat.

Kue Bangket
Instagram by @food_and_passion Berikutnya tersedia kue bangket yang berasal dari kepulauan Talaud. Bahan yang dipakai untuk mengakibatkan kue ini serupa dengan bahan mengakibatkan kue gulung, yakni sagu. Kue ini pertama kali di memproses di Desa Rainis, Kecamatan Rainis, Kepulauan Talaud. Kue khas Manado ini juga cocok dijadikan buah tangan sebab selagi ini udah dikemas dengan kemasan yang modern dan enteng untuk dibawa. Harganya juga relatif tidak mahal kira-kira 15 hingga dengan 25 ribu rupiah.

Papare
papare khas manado Papare terbuat dari daging ikan yang disajikan dengan cara unik. Ikan tongkol yang udah dimasak dengan bumbu tumis lantas dimasukkan ke di dalam sebuah pare yang udah khususnya dulu dibuang bijinya, lantas diikat dengan benang untuk digoreng.

Setiap daerah sebetulnya udah mempunyai keunikan di dalam bidang kulinernya masing-masing, begitu pula dengan makanan khas Manado yang nyaris sebagian besar berbahan baku ikan dan ayam-ayaman dan disajikan dengan bumbu pedas. Selain sebagian sajian kuliner yang tersedia di di dalam daftar tersebut, terdapat sebagian yang mampu dijadikan oleh oleh khas Manado. Agar lebih mengerti dengan budaya Manado, jangan lupa juga untuk membaca ulasan mengenai wisata Manado. Terimakasih.