Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Palembang
Palembang, kota yang benar-benar terkenal bersama dengan salah satu Makanan Khas Palembang yakni pempek merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan. Keindahan jembatan ampera yang membentang di atas sungai musi sudah dikenal banyak orang hampir di seluruh Indonesia.

Walaupun nama “pempek” sudah benar-benar melegenda di Indonesia, tapi masih banyak kembali makanan khas Palembang yang tak kalah sedap dan patut dicicipi dan dinikmati.

Jika hanya sebatas berwisata dan menikmati keindahan jembatan ampera, kami terhitung sanggup sambil menikmati bermacam macam makanan khas Palembang yang nikmat.

Daftar Makanan Khas Palembang

Berikut adalah sebagian makanan khas Palembang yang benar-benar recommended.

1. Pempek

Makanan khas Palembang satu ini benar-benar terkenal tidak hanya di Palembang, tapi seluruh Indonesia dan sesungguhnya jadi makanan favorit seluruh orang.

Pempek umumnya terbuat dari daging ikan laut yang digiling dan dicampur bersama dengan tepung kanji serta tambahan bumbu seperti telur, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Pempek dihidangkan bersama dengan saus cuko yang dibuat dari gula merah, udang kering, dan cabai. Sensasi pempek dipadukan saus cuko sesungguhnya nikmat dan segar.

Harga pempek per porsi menjadi dari Rp 10.000.

2. Tekwan

Makanan ini terhitung salah satu makanan khas Palembang yang lumayan favorit yang dibuat dari bahan basic ikan laut. Tekwan dibuat dari ikan tengiri, bawang merah, cabai, kaldu, dan udang.

Tekwan sesuai dinikmati saat hangat sebagai penghangat tubuh saat hujan dan dingin. Makanan ini terhitung sesuai ditambah bersama dengan sambal cabai rawit agar meningkatkan rasa nikmat dan hangat.

Harga per porsi tekwan menjadi dari Rp 10.000.

3. Kemplang

Kota Palembang sesungguhnya memiliki banyak hasil laut yang diolah dan jadi makanan khas Palembang. Salah satunya kemplang ini, kemplang adalah kerupuk khas dari Palembang yang terbuat dari ikan laut.

Yang unik dari kemplang ini adalah terhadap sistem pembuatannya yakni tidak di goreng tapi dipanggang di atas bara api. Hal ini mengakibatkan kerupuk lebih gurih dan tidak berminyak.

Kerupuk kemplang banyak ditemui di toko oleh-oleh di Palembang bersama dengan harga menjadi dari Rp 10.000 per bungkus.

4. Pindang Patin

Masih bersama dengan menu berbahan basic ikan, ini merupakan makanan khas Palembang yang sesuai disantap bagi pencinta makanan berkuah. Ikan patin yang di memakai umumnya disita dari sungai Musi di Palembang.

Makanan ini membawa cita rasa pedas, asam dan gurih. Bumbu yang digunakan dalam makanan ini diantaranya cabai, santan, dan diberi potongan nanas atau belimbing wuluh serta daun kemangi sebagai pelengkap.

Rasa yang khas dari ikan disatukan bersama dengan bumbu rempah jadi perpaduan yang cocok. Pindang patin umumnya dijual di tempat tinggal makan bersama dengan harga menjadi dari Rp 30.000 per porsi.

5. Kue Delapan Jam

Cukup aneh terkecuali mendengar nama makanan khas Palembang yang satu ini. Hal ini gara-gara terhadap era dahulu untuk mengakibatkan kue ini dibutuhkan saat delapan jam.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengakibatkan kue ini diantaranya tepung terigu, telur, margarin, dan gula. Kue ini memiliki cita rasa yang sama bolu, tapi kue delapan jam memiliki rasa yang lebih legit dan nikmat.

Kue delapan jam sanggup ditemui di toko oleh-oleh bersama dengan harga menjadi dari Rp 30.000 per loyang.

6. Laksan

Makanan ini adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan basic ikan dan tepung kanji. Adonan campuran tepung dan ikan kemudian dibentuk jadi lingkaran pipih sama pempek.

Yang membedakan laksan dan pempek adalah terhadap kuahnya. Jika pempek memakai cuko, laksan memakai kuah santan kental yang pedas. Laksan umumnya dihidangkan sebagai lauk menu makan dan benar-benar mengakibatkan kenyang.

Harga laksan per porsi menjadi dari Rp 15.000 per porsi.

7. Martabak HAR

Nama HAR di sini adalah kepanjangan dari Haji Abdul Rozak, orang yang menciptakan martabak ini. Martabak HAR dibuat dari kulit lumpia yang hanya diisi telur, tidak seperti martabak lain yang umumnya diisi daging.

Yang khas dari martabak HAR ini adalah terhadap penyajiannya yang dihidangkan bersama dengan saus kuah kari kental. Dalam menikmatinya, martabak HAR akan dicocol terhadap kuah kari kental yang terhitung sanggup ditambah cabai sesuai selera.

Martabak HAR di Palembang terletak di Jalan Jenderal Soedirman, Ilir18. Harga martabak ini menjadi dari Rp 18.000.

8. Lapis Kojo

Lapis ini hampir sama bersama dengan kue lapis yang ada di area lain. Namun, yang unik dari lapis kojo ini adalah pemakaian daun pandan sebagai pemberi aroma dan warna.

Kue lapis kojo dibuat dari bahan tepun terigu, telur, gula, dan santan. Rasa daun pandan yang sedap jadi rasa yang dominan terhadap kue lapis ini, agar kue ini terhitung banyak disukai orang.

Lapis kojo umumnya dijual di toko kue dan toko oleh-oleh bersama dengan harga menjadi dari Rp 20.000.

9. Mie Celor

Makanan berbahan basic mie basah ini lumayan unik dari mie jenis lain. Makanan khas Palembang ini dihidangkan bersama dengan campuran kuah santan kental dan kaldu ebi atau udang kering.

Dalam semangkuk mie celor, umumnya terkandung tauge, irisan telur rebus, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Yang khas dari mie ini adalah rasanya yakni terhadap kuahnya yang memiliki cita rasa udang yang kuat dan menggugah selera.

Mie celor banyak dijual di sekitar Palembang bersama dengan harga menjadi dari Rp 12.000 per porsi.

10. Celimpungan

Makanan khas Palembang yang terhitung berkuah ini asli dari Sumatera Selatan. Celimpungan memakai bahan basic dari ikan dan tepung kanji yang hampir sama bersama dengan pempek.

Yang berlainan dari celimpungan ini adalah terhadap wujud dan kuahnya. Celimpungan berbentu bulat pipih bersama dengan ukuran diameter 10 sentimeter.

Yang khas dan unik ini adalah kuahnya yang terbuat dari santan kelapa dan racikan bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam.

Celimpungan terhitung dihidangkan bersama dengan sambal pedas yang meningkatkan rasa nikmat. Harga per porsi celimpungan menjadi dari Rp 12.000.

11. Kue Maksuba

Palembang terhitung memiliki makanan khas yang berjenis kue yang sama bersama dengan lapis dan kue delapan jam, yakni kue maksuba.

Yang membedakan maksuba bersama dengan lapis dan kue delapan jam adalah terhadap cara pembuatan yang berlainan yang menghasilkan tekstur yang lebih lunak dan empuk terhadap kue maksuba.

Bahan pembuatannya sama yaitu, tepung terigu, telur, gula, dan perasa. Harga kue maksuba per loyang menjadi dari Rp 25.000.

12. Sambal Tempoyak

Jika kami makan sambal yang umumnya terbuat dari cabai dan terasi, sambal tempoyak ini lumayan unik.

Sambal ini jadi khas gara-gara memakai bahan basic buah durian yang difermentasi bersama dengan nama tempoyak. Tempoyak di padukan bersama dengan bahan lain seperti cabai merah, gula, garam, dan terasi.

Sambal ini sesuai disantap bersama dengan bersama dengan lauk lain seperti, gulai ikan dan pindang patin.

Sambel tempoyak umumnya dijual bersama dengan harga menjadi dari Rp 8.000 per porsinya.

13. Es kacang Merah

Selain menu ikan dan kue, Palembang terhitung memiliki menu es yang terhitung lumayan terkenal, yakni es kacang merah.

Es kacang merah terbuat dari bahan basic kacang merah yang dipadukan bersama dengan es krim vanila yang segar. Rasa khas dari kacang merah dipadukan bersama dengan es krim sesungguhnya benar-benar sesuai dan nikmat.

Kacang merah digunakan sebagai bahan gara-gara memiliki rasa yang sedap dan terhitung sanggup sebagai sumber protein dan zat besi yang terhitung sehat.

Es kacang merah sesuai dinikmati sebagai penyegar saat hawa panas. Harga per porsi es kacang merah menjadi dari Rp 10.000.

14. Kue Lumpang

Kue bersama dengan bahan basic tepung tapioka dan tepung beras ini terhitung jadi salah satu cemilan khas Palembang yang disukai banyak orang.

Yang khas dari kue ini adalah bentuknya yang unik yakni memiliki cekungan di sedang seperti lumpang. Kue lumpang memiliki bermacam macam warna dari pewarna alami seperti pandan, gula merah, dan ubi ungu.

Terakhir, kue lumpang biasnya dihidangkan bersama dengan parutan kelapa diatasnya yang akan meningkatkan rasa gurih.

Harga kue lumpang di Palembang menjadi dari Rp 2.000 per buah.

15. Kue Srikaya

Sama seperti namanya, kue merupakan cemilan khas Palembang yang dibuat bersama dengan bahan basic buah srikaya yang terkenal manis.

Bahan untuk mengakibatkan kue srikaya ini lumayan sederhana yakni bersama dengan santan, gula, dan buah srikaya yang dipotong kemudian di tumbuk.

Sebagai pewarna dan penambah aroma, kue srikaya ditambah bersama dengan daun pandan. Kue srikaya banyak ditemui di pasar tradisional dan toko oleh-oleh bersama dengan harga menjadi dari Rp 2.000 per buah.

16. Lakso

Makanan khas Palembang yang satu ini merupakan mie yang dibuat dari tepung beras bersama dengan kuah santan kental.

Bumbu yang digunakan untuk mengakibatkan lakso antara lain santan kelapa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan bawang putih. Selain itu, terhadap kuahnya terhitung ditambahkan campuran daging ikan yang meningkatkan rasa khas.

Mi untuk lakso memiliki tekstur kenyal dan lunak agar ringan dan nikmat untuk dimakan.

Lakso sanggup ditemui di sekitar Palembang bersama dengan harga menjadi dari Rp 12.000 per mangkuk.

17. Godo-godo

Makanan yang menyerupai bersama dengan bakwan ini adalah salah satu makanan khas Palembang dari hasil olahan ikan yang banyak disukai.

Bahan pembuatan godo-godo adalah tepung terigu, daging ikan, telur, dan garam. Yang khas dan unik dari godo-godo adalah dalam penyajiannya, godo-godo memakai kuah cuko yang digunakan terhadap pempek.

Godo-godo dipilih jadi cemilan sebagai alternatif dari pempek gara-gara memiliki rasa yang sama gara-gara terhitung memakai kuah cuko sebagai sambalnya.

Godo-godo umumnya dijual bersama dengan harga per porsi menjadi dari Rp 8.000.

18. Burgo

Makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras ini terhitung sanggup jadi alternatif pilihan makanan berkuah.

Burgo dibuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu yang dimasak tidak tebal sama seperti telur dadar. Makanan ini dihidangkan bersama dengan kuah kental yang terbuat dari santan, lengkuas, ketumbar, kunyit, dan kemiri.

Burgo ditambah telur rebus serta daging ikan yang meningkatkan rasa nikmat. Makanan ini banyak dijual di warung di Palembang bersama dengan harga menjadi dari Rp 12.000 per porsi.

19. Lenggang

Yang satu ini merupakan makanan khas Palembang yang sama seperti pempek, namanya adalah lenggang.

Yang membedakan lenggang bersama dengan pempek adalah sistem memasaknya, yakni lenggang dimasak bersama dengan cara dibungkus bersama dengan dau pisang yang kemudian dibakar.

Bahan pembuatannya terhitung sama bersama dengan pempek yakni daging ikan, tepung kanji, dan garam. Saus yang dihidangkan terhitung sama yakni memakai sambal cuko yang dicocol.

Lenggang memiliki rasa khas tersendiri daripada pempek gara-gara hasil dari dibakar yang menghasilkan aroma khas. Harga lenggang per porsinya menjadi dari Rp 10.000.

20. Dadar Jiwo

Makanan ini terhitung merupakan salah satu makanan khas Palembang yang unik dan disukai banyak orang. Dadar jiwo atau sanggup terhitung di sebut gulungan kuning ini dibuat dari tepung terigu, telur, dan kunyit.

Dalam penyajiannya, dadar jiwo umumnya digulung menyerupai dadar gulung yang di dalamnya di beri isian berwujud tumis pepaya muda, udang cincang, dan kelapa parut.

Dadar jiwo dihidangkan bersama dengan taburan bawang goreng. Harga makanan ini per porsinya menjadi dari Rp 12.000.

21. Kue Gandus

Makanan khas Palembang terakhir yang akan kami bahas adalah kue gandus.

Walaupun namanya kue, tapi makanan yang satu ini bercitarasa asin. Kue gandus ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji. Kue ini berwujud bulat, dan diberikan topping sebagai pelengkap seperti abon, seledri, potongan cabe merah, dan taburan bawang goreng.

Citarasa yang dihasilkan benar-benar nikmat, paduan antara kue dan topping menyatu jadi satu kesatuan citarasa yang benar-benar klop.

harga yang dipatok untuk kue gandus ini lumayan tidak mahal yakni sekitar Rp. 2.000 per satu kue nya.