Makanan Khas Toraja

Makanan Khas Toraja
Beragam Makanan Khas Toraja lezat dan unik mampu Anda nikmati sementara berwisata ke Sulawesi Selatan.

Tana Toraja adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas tempat kurang lebih 3.203 km² dan dihuni oleh 268.588 jiwa (sensus th. 2017).

Tana Toraja ini terhitung keliru satu kabupaten di Indonesia yang masih menjaga budaya tradisionalnya dengan erat.

Masyarakatnya menjaga model hidup jaman lampau yang masih terawat hingga kini. Adat istiadat, bhs dan sastra, rumah, ukiran, seni musik dan tari hingga kulinernya masih sangat lestari kealamiannya hingga kini.

Penasaran kan dengan kabupaten yang satu ini bahkan dengan kuliner khas Tanah Toraja yang konon melegenda itu! Yuk simak keterangan kuliner berikut ini, siapa jelas kelak Anda berkesempatan berkunjung di Tana Toraja.

Daftar Makanan Khas Toraja yang Wajib Dicoba

Meskipun tidak seterkenal masakan Padang, tapi kuliner Tama Toraja tidak kalah menggoyang lidah dan mengakibatkan rasa ketagihan.

Bagaimana tidak, tiap tiap kuliner khas Tanah Toraja ini mampu menjajah selera melalui suapan pertama.

Bahkan saat mendengar deskripsinya saja, air liur seakan mengalir menghendaki mencicipinya. Sebelum tambah penasaran, inilah kuliner-kuliner khas berasal dari Tana Toraja yang kudu Anda cobalah :

1. Pantollo Pamarrasan

Kuliner khas Tana Toraja yang pertama adalah Pantollo Pamarrasan yang tenar dengan bumbu hitamnya.

Bumbu hitam ini terbuat berasal dari kluwak yakni buah berasal dari pohon yang tumbuh liar. Buah kluwek berwarna hitam dengan rasa pahit yang khas.

Rasa inilah yang menjadikan Pantollo Pamarrasan mulai tidak serupa dengan makanan khas Indonesia lainnya.

Bahan utama Pantollo Pamarrasan adalah daging. Ada yang memakai daging babi, kerbau, ikan, maupun belut terkait selera masing-masing keluarga.

Makanan ini umumnya diolah pedas dengan campuran cabai utuh untuk meningkatkan sensasi rasanya. Anda kudu cobalah makanan ini jika berkunjung ke Tana Toraja ya!

2. Pantollo Duku (babi)

Kuliner khas tanah Toraja yang satu ini memakai bumbu yang mirip persis dengan Pantollo Pamarassan.

Bahan basic yang digunakan adalah daging babi yang ditambahkan dengan lombok katokkon untuk meningkatkan sensasi pedasnya.

3. Pantollo Lendong

Dengan bumbu basic yang masih mirip yakni kluwak, Pantollo Lendong memakai bahan basic belut. Makanan ini umumnya disajikan saat tersedia acara atau upacara adat.

4. Pantollo Bale (ikan)

Dengan bumbu mirip dengan Pantollo Lendong dan Duku, Pantollo Bale memakai bahan pokok ikan. Ikan yang umumnya digunakan adalah ikan mas atau ikan tongkol.

5. Pantollo Duku Manuk

Kalau kuliner khas Tana Toraja satu ini bisa saja dapat mirip dengan suwir ayam pedas khas Jawa, hanya saja memakai bumbu kluwek. Rasanya dibikin pedas supaya tambah meningkatkan kenikmatan rasanya.

6. Pa’piong

Makanan ini dimasak dengan cara yang tak biasa yakni memakai bambu. Dihidangkan dengan sayur bulunangko atau mayana, pa’piong umumnya terbuat berasal dari daging ayam yang diberi bumbu dan rempah.

7. Pa’piong Bo’bo Nasi

Pa’piong yang satu ini tidak memakai bahan basic daging ayam ataupun babi, tapi memakai beras. Beras yang telah dicuci bersih dapat dicampur dengan beragam macam bumbu layaknya daun bawang, batang serai, merica, bawang merah, dan bawang putih.

Saat semua bumbu telah rata, campuran beras dimasukkan ke didalam bambu yang telah dialasi daun pisang sebelumnya.

Bambu ini dibakar dengan metode tradisional supaya menghasilkan kematangan yang pas.

8. Pa’piong Burak

Pa’piong burak tidak serupa dengan pa’piong babi meskipun memakai bahan basic yang mirip yakni daging babi.

Pa’piong burak memakai tambahan batang pisang muda atau batang bambu muda yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, merica, serai, dan kelapa muda.

Campuran ini sesudah itu dibakar diatas tungku hingga masak sempurna.

9. RW Pa’tong

Kuliner khas Tanah Toraja yang satu ini sebetulnya memadai ekstrem saat mendengarnya. RW pa’tong adalah olahan daging anjing dengan beragam macam bumbu tradisional supaya menghasilkan cita rasa masakan yang pedas, khas dan nikmat.

Sayangnya, tidak banyak yang sedia kan menu makanan ini gara-gara harganya memadai mahal.

10. Pa’lawa

Makanan yang satu ini terbuat berasal dari daging ayam dengan bumbu sederhana yang diolah sedemikian rupa jadi makanan yang nikmat. Rasanya pedas dan gurih supaya kerap kali digunakan sebagai lauk makan.

11. Tu’tuk Utan

Makanan khas ini terbuat berasal dari semua jenis sayuran yang ditumbuk. Biasanya sayuran yang digunakan adalah daun singkong yang dimasak dengan daging babi hingga kering.

12. Tu’tuk Lada Katokkon

Kuliner khas Tana Toraja ini sebetulnya adalah semacam sambal. Terbuat berasal dari cabai terpedas yang tersedia di Tana Toraja, Tu’tuk lada katokkon dapat memberi tambahan sensasi nikmat tersendiri saat makan, bahkan bagi Anda pengagum masakan pedas.

13. Koteng atau Suso

Koteng adalah makanan yang bersifat olahan keong. Keong yang sukses dihimpun berasal dari sawah dicuci bersih lalu sesudah itu ditumis dengan memakai bumbu dan diberi sedikit kuah.

14. Pokon

Pokon punyai bentuk yang sangat mirip dengan lontong didalam kuliner jawa. Namun, secara bahan dan pembungkus mirip sekali berbeda.

Pokon berbahan basic ketan hitam yang dicampuri parutan kelapa sesudah itu dibungkus layaknya lontong dengan memakai daun bambu.

Makanan ini umumnya disajikan sore hari sebagai pendamping teh atau kopi.

15. Kapurung

Makanan yang satu ini sebetulnya memadai khas dan banyak dikenal sebagai oleh-oleh berasal dari Tana Toraja.

Berbahan basic macam-macam sayuran layaknya kacang panjang, kangkung, ontong pisang, dan labu merah muda, terhitung dimasukkan ikan bandeng, teri goreng, dan juga sagu.

Rasanya segar, gurih dan pedas khas Tana Toraja.

16. Pangrarang (sate)

Bentuknya mirip layaknya sate di tempat lain, hanya saja pangrarang memakai bumbu garam saja sementara membakar dagingnya.

Bumbu santapannya pun hanya ulekan cabai dan perasan jeruk nipis saja, tapi rasanya sangat menggugah selera.

17. Deppa Tori

Makanan ini merupakan kue kering khas yang umumnya dijadikan oleh-oleh. Bahan pembuatannya hanya tepung beras, gula dan beberapa bahan lainnya.

18. Dangkot Daging Kotte Bebek

Kuliner khas Tana Toraja yang satu ini terbuat berasal dari daging bebek yang diolah dengan cara dan bumbu khusus. Rasanya sangat nikmat yakni perpaduan rasa gurih, asin, dan pedas. Dijamin Anda pasti dapat terpesona oleh keunikan rasanya.

19. Ballo (tuak)

Ballo adalah hasil sadapan berasal dari pohon enau yang terhitung biasa disebut dengan tuak. Minuman ini mengandung alkohol dan memadai mampu memabukkan.

Minum minuman beralkohol di Tanah Toraja sebetulnya jadi sebuah formalitas dan budaya setempat.

20. Kopi Toraja

Tana Toraja jadi keliru satu tempat penghasil kopi terbaik di dunia. Di sini, tumbuh dengan subur kopi arabica dengan cita rasa unik. Anda sebaiknya tidak melepas mencicipi kopi toraja yang tenar ini.

Kuliner Khas Terpopuler

Menyebut Tana Toraja pastinya bukan hal yang asing di telinga penduduk Indonesia. Keberagaman budaya dan juga istiadatnya selamanya memancing untuk diulik dan dijelajah. Bahkan hingga menarik perhatian wisatawan asing berasal dari beragam penjuru negeri. Hal ini rupanya belum memicu Toraja puas, terbukti Tana Toraja terhitung punyai kuliner khas yang tak kalah populer. Yuk simak kuliner apa saja yang paling tenar dan kudu cobalah didalam ulasan berikut.

1. Makanan Khas Toraja Pa’piong Manuk Ayam atau Dangkot

Papiong manuk atau ayam ini merupakan makanan yang berbahan basic ayam. Kuliner khas Toraja ini jadi makanan yang diburu oleh banyak orang gara-gara kelezatannya. Sebenarnya, pa’piong tidak kudu memakai daging ayam gara-gara semua daging mampu di olah untuk jadi pa’piong. Entah itu daging ikan, babi, atau daging sekalipun yang sesuai dengan selera penikmatnya.

Daging ayam yang telah dibersihkan dapat dicampur dengan resep spesifik yang kaya dapat rempah. Yang memicu cita rasanya tambah enak gara-gara ada daun mayana didalam proses pengolahannya. Untuk meningkatkan rasanya, ayam terhitung dapat ditambahkan dengan cabe rawit. Bagi pengagum kuliner yang tidak doyan pedas sebaiknya berhati hati untuk rasa pedasnya. Tapi meskipun pedas tapi kuliner satu ini kudu untuk Anda rasakan sendiri.

2. Makanan Khas Toraja Pokon

Kuliner tenar di Toraja setelah itu adalah Pokon yang mirip dengan lontong. Yang membuatnya tidak serupa hanya di bahan dasarnya dan terhitung teknik membungkusnya. Bahan utama yang digunakan didalam pokon adalah beras ketan hitam. Dalam pengolahannya pokon dapat dimasak dengan parutan kelapa supaya rasanya tambah gurih. Pokon dibungkus dengan daun bambu dan terhitung daun pandan yang sesudah itu diikat dengan rafia.

Pokon sendiri dimasak dengan cara dikukus dengan memakai kayu bakar supaya rasanya lebih enak. Pokon Toraja sebetulnya selamanya dirindukan gara-gara tidak cuman rasanya yang enak, bahan yang digunakan sebetulnya sudha yang berkualitas, Pokon umumnya hanya dibikin saat upacara spesifik layaknya pernikahan, Ma’Tammu Tedong, dan juga pengucapan syukur sesudah panen. Jangan heran jika makanan ini selamanya jadi rebutan dan sangat terkenal.

3. Makanan Khas Toraja Deppa Tori

Deppa Tori merupakan camilan yang tak kalah tenar di Toraja. Camilan ini terbuat berasal dari tepung beras dengan gula merah dan juga bahan lainnya. Deppa Tori dimasak dengan cara digoreng supaya teksturnya renyah. Tak jarang para pelancong menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh untuk di bawa pulang. Untuk mendapatkan camilan satu ini terhitung tidaklah sulit umumnya pusat oleh oleh khas Toraja menyediakannya. Bahkan tersedia terhitung yang menjajakannya secara keliling.

4. Makanan Khas Toraja Pantollo Pamarrasan

Makanan khas Tana Toraja seterusnya yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi adalah Pantollo Pamarrasan. Pamarrasan sendiri merupakan nama berasal dari bumbu dimana di tempat lain menyebutnya sebagai kluwak. Olahan Pantollo Pamarrasan memakai daging sebagai bahan dasarnya. Mulai berasal dari daging sapi hingga daging ikan yang sesudah itu ditambahkan dengan rempah yang lain. Kuliner ini mampu dijumpai di nyaris semua restaurant di Toraja.

Selain menikmatinya di Tana Toraja, pengagum kuliner terhitung mampu membuatnya sendiri di rumah. Merindukan kuliner Tana Toraja kini bukanlah hal yang sulit mengingat jarak kadang jadi kendala. Cara pembuatannya terhitung enteng dan juga tak kudu merogoh kocek yang dalam. Daginya mampu Anda pilih menghendaki daging sapi atau ikan layaknya ikan gabus atau bahkan ikan mas. Kemudian rempah yang lainnya terhitung mampu dengan enteng untuk dicari kluwak misalnya.

5. Makanan Khas Toraja Palopo Khas Toraja

Kuliner khas Toraja ini tidak cuman tenar terhitung unik supaya kudu dicoba saat mendatangi Toraja. Menu satu ini berbahan basic tepung sagu yang telah disiram air panas sesudah itu dibentuk jadi bulatan bulatan layaknya cilok. Bulatan sagu terhitung ditambahkan daging atau ikan tertentu. Bulatan dapat ditambahkan dengan kuah berbumbu kacang yang berisi sayuran layaknya jagung. Makanan satu ini sangat nikmat jika disantap didalam kondisi hangat.

Makanan satu ini terhitung dapat memicu penikmatnya cepat kenyang gara-gara ada sagu didalamnya. Sehingga meskipun tidak memakai nasi terhitung tidak dapat jadi masalah. Rasa yang enak dengan teksturnya yang kenyal berserta kuah ikan yang gurih tak dapat mampu dilupakan begitu saja. Ketika menginjakkan kaki di Tana Toraja jangan hingga kelewatan untuk menjajal kuliner yang menggoyang lidah satu ini.

6. Makanan Khas Toraja Pa’piong Bo’bo Nasi

Pa’piong sebetulnya jadi makanan khas berasal dari Tana Toraja yang unik. Karena cara memasaknya di didalam bambu dan dibakar. Pa’piong Bo’bo Nasi ini merupakan beras yang telah dicampur dengan bumbu tertentu. Kemudian dimasukkan ke sebilah bambu yang telah dilapisi dengan daun pisang muda. Bambu berikut dibakar hingga isian di dalamnya raih kematangan yang sempurna. Tertarik untuk mencobanya kuliner khas Toraja ini?

7. Makanan Khas Toraja Dangkot Daging Kotte Bebek

Makanan satu ini berbahan basic bebek yang dimasak dengan bumbu spesifik berasal dari Tana Toraja. Rempah rempah yang tersedia didalam bumbu dipercaya mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terhitung mampu meningkatkan antioksidan hingga menghambat anemia. Rasa berasal dari dangkot daging kotte bebekini gurih dan juga pedas yang dapat memicu Anda ketagihan. Makanan satu ini terhitung mampu dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

8. Makanan Khas Toraja Tu’tuk Utan Toraja

Kuliner tenar satu merupakan sayuran yang diolah sedekimian rupa supaya menghasilkan rasa yang enak. Tutuk sendiri artinya tumbuk sementara utan artinya sayuran. Cara mengolahnya sendiri sebetulnya dengan cara menumbuk sayuran didalam hal ini daun singkong sesudah itu dicampurkan dengan daging yang telah dipotong kecil kecil. Lalu ditambahkan dengan cabe dan terhitung kelapa yang telah diparut terlebih dahulu.

Rasa makanan satu ini dijamin mampu memicu nafsu makan meningkat. Berbahan sayur pastinya sehat dan punyai takaran gizi yang lengkap. Untuk bumbu lainnya pastinya bumbu khas Toraja yang kaya dapat rempah. Tu’tuk Utan Toraja ini dapat tambah nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih menggepul. Meskipun nampak sederhana tapi soal rasa boleh diadu. Penasaran untuk merasakan kelezatan makanan sehat satu ini?

9. Makanan Khas Toraja Pantollo Bale Atau ikan

Pamntollo Bele sebetulnya mirip dengan Pantollo Pamarrasan hanya saja mengguanakan ikan. Selain itu terhitung tersedia tambahan bahan yang lainnya yang dapat membuatnya tambah sedap. Kuliner ini mampu dengan enteng Anda temui saat acara adat gara-gara jadi menu favorit masyarakat. Ikan yang digunakan adalah jenis ikan tongkol atau ikan mas dengan tekstur yang empuk. Memasaknya terhitung dengan digoreng atau dipanggang dan tidak tersedia kuah. Tentunya dapat sangat lezat dengan nasi hangat bukan?

10. Makanan Khas Toraja Pangrarang atau Sate

Pangrarang ini kerap kali disebut dengan sate yang terhitung melalui proses dibakar. Hanya saja sate khas Toraja tidak memakai tusuk dan hanya dipotong potong saja. Bumbu yang digunakan terhitung lebih sederhana yakni garam. Daging yang telah diberi dengan fgaram dapat dibakar hingga matang. Cara penyajiannya umumnya dengan cabe uleg yang telah ditambahkan jeruk nipis. Untuk daging yang digunakan umumnya daging sapi atau daging ayam.

11. Makanan Khas Toraja Kapurung Toraja

Kapurung Toraja merupakan makanan khas yang sangat dikenal di penduduk Toraja. Makanan ini sangat sehat gara-gara terbuat berasal dari sayuran, ikan dan terhitung sagu. Semua bahan ini digabungkan hingga jadi olahan yang sangat nikmat. Sayuran yang ditambahkan terhitung sangat banyak variasi mulai berasal dari jantung pisang, labu merah hingga bayam. Kemudian dapat ditambahkan ikan teri goreng dan juga ikan bandeng yang tambah menggoda.

Sagu jadi bahan yang paling terakhir untuk dimasukkan. Sagunya umumnya terhitung telah dibentuk bulat supaya dapat enteng didalam memakannya. Kuahnya umumnya bewarna kuning dengan cita rasa yang fresh dan nikmat. Tampilannya sebetulnya menggoda bahkan rasanya, tak heran jika makanan ini kerap datang di beragam restaurant. Jika berkunjung ke Toraja jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

Makanan khas Tana Toraja sangat banyak variasi mulai berasal dari daging hingga olahan yang kaya dapat sayuran. Yang membuatnya tambah unik adalah pengunaan rempah rempah yang banyak fungsi untuk tubuh. Bahan yang digunakan terhitung berkwalitas supaya menghasilkan rasa yang sangat pas. Beberapa makanan terhitung mampu dibawa pulang untuk dijadikan oleh oleh khas untuk keluarga maupun kerabat di rumah. Sudah siap untuk berwisata kuliner di Tana Toraja?