Makanan Khas Tulungangung

Makanan Khas Tulungangung
Makanan khas Tulungangung punyai ragam cita rasa yang khas. Banyak makanan Tulungagung yang masih diolah secara tradisional, agar punyai sifat rasa khusus.

Banyak makanan halal yang mampu ditemukan di sini. Mulai dari makanan yang mengenyangkan hingga makanan untuk dicamil atau oleh-oleh. Di Tulungagung ini Anda tak harus bingung mencarinya.

Selain sedap yang enak, kuliner di sini juga ramah di kantong dengan kata lain murah. Nah, jikalau anda tengah mampir ke kota ini, jangan lupa icip makanannya juga beli oleh-olehnya.

Daftar Makanan Khas Tulungangung

Berikut daftar makanan Makanan Khas Tulungangung:

1. Makanan Khas Tulungangung Enting-enting kacang

enting juga sering disebut sebagai Kue Geti, dibikin dari kacang tanah, wijen dan gula aren yang dibikin lingkaran. Rasa camilan ini gurih dan legit, tapi juga menyehatkan.

Makanan Khas Tulungangung ini mulai dijual di toko oleh-oleh atau pasar tradisional dalam satu kemasan. Setiap kemasan diberikan enting-enting yang berdiameter 4 sentimeter. Hidangan ini tergolong awet, mampu bertahan di toples kering selama 8 minggu. Maka enting-enting terlampau sesuai untuk dibikin oleh -oleh khas Tulungagung setelah dinikmati di Tulungagung.

2. Makanan Khas Tulungangung Ayam Goreng Tulungagung

Ayam goreng Tulungagung banyak dijual di kedai-kedai pinggir jalan. Tapi yang membedakan ayam goreng Tulungagung adalah bumbu rempah ungkepnya yang buat ketagihan. Hidangan khas Tulungagung yang paling tenar adalah Jalan MT Haryono 77 B Kabupaten Tulungagung.

Untuk nikmati kelezatan Ayam Goreng Tulungagung ini, Anda harus membayar kurang lebih 25 ribu rupiah saja. Sedikit mahal.

3. Makanan Khas Tulungangung Jenang Syabun

Ada m akanan khas Tulungagung paling sedap , yakni jenang syabun. Makanan gampang ini dibikin dari beras ketan, gula pasir, kelapa, dan susu kental. Semuanya terlampau sesuai bersama dengan teknik spesifik agar terlampau sesuai untuk dodol.

Proses mengaduk jenang syabun meminta kesabaran, tungku api juga harus memperhatikan, meminta jenang lembut dan tidak menggumpal. Bukan sembarang tangan yang mampu sebabkan jenang syabun, bahannya kemungkinan mampu didapat di daerah lain. Tapi cuma orang yang mampu sebabkan camilan khas Jawa Timur ini.

Jenang syabun disebut jenang yang halus dan licin, maka orang yang bicara sebagai jenang syabun perseis seperti sabun. Makanan ini awet hingga 3 bulan di suhu kering dan dibikin tanpa pengawet buatan.

Produsen jenang paling baik tersebar di Tulungagung dan Kediri. Anda mampu belanja bersama dengan gampang di toko oleh-oleh atau pasar tradisional. Dikemas bersama dengan praktis agar mampu dibawa sebagai buah tangan untuk kerabat.

4. Sompil

Sompil adalah sajian Makanan Khas Tulungangung yang terdiri dari sayur bung atau sayur rebung, lontong, tahu, sayur nangka muda, sayur kacang, dan sambal kacang. Jangan lupa sompil harus ditambah urap-urap yang pedas, dan bubuk kedelai sebagai pelengkap.

Dilihat dari wujudnya, mirip bersama dengan lontong sayur, dikarenakan lontong yang disiram bersama dengan kuah kuning. Tapi jikalau lidah anda telah mengunyah lontong, cari sayur kacang dan urap, perbedaannya terlampau terasa. Gurihnya santan kelapa dan rempah-rempah yang berpadu meresap ke dalam sayur mayur, ditambah sambal kacang yang ditambah melengkapi cita rasa yang khas dalam masakan ini

Anda mampu menemukan sompil di pasar tradisional dan kios sederhana pinggir jalan. Sarapan yang wajar di masyarakat Tulungagung ini sering habis waktu pukul 08.00, maka dari itu janan hingga kesiangan waktu berburu makanan ini.

5. Ledre Pisang

Bingnung cari o leh-oleh Khas Tulungagung ? Kue Ledre Pisang di Bojonegoro namanya. Kue tidak serupa bersama dengan ledre di daerah lain, yakni tersedia pisang di dalam kue ini. Bentuknya juga lebih tidak tipis tapi rasanya selamanya gurih dan manis. Bahan tepung terigu, tepung beras, telur, gula, dan pisang.

Anda mampu mendapatkan ledre pisang di toko oleh-oleh atau pusat jajanan di Tulungagung. Camilan ini terlampau sesuai buat buah tangan dikarenakan mampu bertahan selama 2-3 bulan di dalam toples.

 

6. Sayur Pindang Terong Pedas

Sayur Pindang Terong Pedas ini terlampau gampang ditemui di tempat tinggal makan. Rasanya pedas dan nyaris mirip bersama dengan sarden. Terongnya juga berica rasa khas, dikarenakan siraman kaldu pindang yang menyerap ke dalam seratnya.

Makanan Khas Tulungangung ini dibikin dari ikan pindang dan sayur terong yang ditambah bersama dengan bumbu cabai halus. Gurihnya ikan pindang yang telah dibumbui cabai halus dan bawang tumis kemudian disiram bersama dengan santan sabelum ditiriskan.

7. Kepiting Sambal Ijo

Tulungagug adalah kabupaten yang terletak di selatan pulau Jawa, dan berhadapan segera bersama dengan Samudra Hindia. 5% mata pencaharian warga lokal adalah melaut, maka ustahil rasanya jikalau tidak tersedia olahan makanan laut.

Nah, tersedia salah satu hasil laut yang tidak serupa dari kota lain. Yaitu Kepiting Sambal Ijo. Makanan ini adalah salah satu kuliner yang lahir di Tulungagung. Sepintas hidangan ini mirip bersama dengan balado.

Tapi jikalau dirasakan, tersedia campouran asam manis terhadap saus cabai hijaunya. Wangi laos dan rempah-rempah alami juga terasa dan menjadi bumbu yang sempurna untuk daging kepiting.

Untuk mendapatkan kuliner ini, Anda cuma harus membayar 50 ribu saja. Agak mahal tapi seimbang bersama dengan rasanya.

8. Kicak

Kicak juga dalam makanan gampang atau camilan jajan pasar. Bahan dasar dibikin dari singkong yang dikupas dan diparut. Kemudian diolah menjadi loyang. Loyang yang berisi olahan singkong kemudian diiris tipis dan ditambah gula aren dan juga parutan kelapa. Jadilah kue kicak.

Rasa manis kue kicak yang berbalut getah parutan singkong melekatkan aroma yang khas. Mirip seperti kue lapis, tapi jauh lebih lembut. Kue kicak terlampau ramah di perut penderita maag, waktu tersedia parutan kelapa di tiap-tiap gigitan.

Temukan kicak di Tulungagung sulit, memadai kunjungi alun-alun atau ke pasar terdekat waktu pagi pedagang jajan pasar selamanya menyediakan kue kicak bersama dengan warna yang beranka ragam.

9. Ireng-Ireng

Jajanan Tulungagug seterusnya masih dibikin dari singkong. Nama jajanan ini ireng-ireng, dikarenakan warnanya yang hitam pekat. Cara gampang cuma harus tepung tapioka, gula pasir, merang, dan air mendidih. Warna hitam dari kue ireng-irang berasal dari abu merang (batang padi) menjadi tidak tersedia pewarna kimia yang berbahaya.

Ireng-ireng selamanya dijual bersamaan bersama dengan kicak, cenil dan jajan pasar lainnya. Maka jikalau Anda penasaran bersama dengan kuliner satu ini harus rajin bangun pagi, dan segera mencicipinya di pasar tradisional.

10. Cenil

Makanan Khas Tulungagung Jawa Timur ini wujudnya terlampau menggemaskan. Biasanya kue cenil diwarnai merah, kuning, hijau, oranye, dan di sediakan bersama dengan parutan kelapa dan juga gula aren.

Cenil kebanyakan dijual oleh ibu-ibu pedagang keliling atau di pasar. Teksturnya kenyal bersama dengan bahan dasar tepung tapioka. Kelapa dan gula rasa manis khas Jawa yang digemari oleh seluruh kalangan.

Tak ayal, meski cenil tergolong makanan masa lampau jajanan ini selamanya laris di pasaran dan menjadi favorit wisatawan.

11. Kerupuk Rambak

Makanan lengkap ini dibikin dari kulit kerbau. Rasanya gurih, terlampau sesuai untuk melengkapi bubur ayam atau nasi uduk. Kerupuk rambak di Tulungagung tersebar di seluruh pasar tradisional dan oleh-oleh. Ada yang menjual mentah dan tersedia pula yang menjualnya setelah digoreng (matang).

Rekomendasi oleh-oleh kerupuk rambak adalah milik bu Hartini yang telah dirintis sejak tahun 1997. Kioasnya tersedia di stasiun Tulungagung, atau kerupuk bersama dengan label UD Harapan Jaya adalah hasil memproses Bu Hartini.

13. Nasi Bantingan

Makanan ini mirip sekali seperti nasi kucing ala Yogyakarta. Porsi nasinya cuma sebesar genggaman tangan, tapi isinya lebih lengkap. Umumnnya nasi bantingan berisi sayur tahu, mie dan potongan telur.

Berkembangnya zaman dan usaha, kemudian pindah isi dari nasi bantingan itu sendiri. Ada yang mengisinya bersama dengan tambahan ayam suwir atau oseng jamur.

Makanan khas Tulungagung cuma R0 3,500, – dan warung nasi bantingan spesial lauk tambahan. Ayam goreng, tempe goreng, sate usus, sate ampela, sate telur puyuh dan kopi hangat siap menjadi teman makan nasi bantingan.

Tentunya sajian ini menambah motivasi makan, sembari nikmati kabupaten Tulungagung di malam hari.

14. Capar Tape

Caper tape adalah olahan fermentasi singkong (tape) yang kemudian diberi kecambah rebus. Makanan tipe ini tergolong sebagai hidangan satu piring , atau hidangan sumber mangkuk.

Orang Tulungagug menyebut nama lain capar tape sebagai tape pecel. Adanya sayur kecambah rebus yang kemudian disiram sambal kacang sebabkan tampilan makanan ini seperti pecel. Menjadi orang-orang yang diizinkan sebagai tape pecel.

Membuat hidangan ini tidak terlampau sulit, selama mengupas teknik sebabkan kaset singkong yang baik dan yang benar. Bagi Anda orang sunda yang kebanyakan dibawa tape singkong utuh, kemungkinan agak aneh waktu meraskaan gigitan pertama.

Rasa asin, gurih dan manis bercampur dalam satu piring yang kaya bakal serat, protein dan gula.

16. Kue Sagon

Oleh-oleh Khas Tulungagung yang satu ini adalah makanan tradisional yang tergolong sebagai kue kering. Kue sagon terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, tepung sagu, tepung ketan, kelapa, dan gula.

Semuanya diolah bersama dengan teknik rahasia dan dipanggang selama 1/2 jam hingga kering. Proses memanggang inilah yang sebabkan kue sagon sambil dibikin dari kelapa. Tanpa pengawet buatan, kue ini sesuai dibikin camilan atau oleh-oleh.

17. Kopi Ijo

Kopi sama bersama dengan warna hitam kecokelatan, tapi Tulungagung menyajikan kopi bersama dengan cara yang berbeda. Warna kopi yang khas di sini adalah hijau. Kopi ijo, menjadi warga masyarakat.

Kopi ini konon telah tersedia sejak zaman nenek moyang masyarakat Tulungagung sebelum saat masa kolonial.

Teksturnya tidak serupa dari kopi kebanyakan. Warnanya gelap dan timbul warna kehijauan jikalau diterawang lampu atau dituang ke tatakan.

Kopi yang terlihat kehijauan ini tidak memadukan bahan apa pun, lebih baik dikarenakan sistem yang lebih tinggi dari yang lain. Kopi dipanaskan di atas api tungku yang dijaga agar selamanya stabil. Biji kopi yang telah melalu sistem pemanasan kemudian dihaluskan bersama dengan mesin giling.

Proses menyeduhnya mirip seperti kopi kebanyakan. Bubuk kopi kemudian diberi gula secukupnya dan air mendidih atau air panas.

18. Apem

Kue apem telah tersedia sejak zaman Sunan Kalijaga. Makna filosofis masyarakat Jawa dibalik aplikasi untuk pencipta. Itu sebabnya kue ini sering menjadi hidangan waktu perayaan panen atau upacara laut.

Di Tulungagung apem sering disebut jajan slametan, dikarenakan sesungguhnya terhadap dasarnya masyarakat tidak mampu dipahami dan filosofinya. Anda mampu mendapatkan kue khas Tulungagung di pasar tradisional atau kios sederhana di pinggir jalan.

Sepintas kue apem Tulungagung tidak jauh tidak serupa bersama dengan kue apem di daerah lain, tapi sebaliknya pedagang apem di Tulungagung menjualnya bersama dengan berbagai macam warna. Bahan yang berguna adalah tepung beras dan gula.

19. Brondong Ketan

Jipang atau brondong tampaknya berasal dari Tulungagung. Rasanya manis dan renyah ini telah menjadi jajanan yang laris manis sejak tahun 80-an. Brondong ketan ini berbentuk halus dan kering, tapi waktu campurannya tersedia rasa manis yang pekat melekat di lidah. Ternyata rasa manis itu berasal dari gula aren yang punya kandungan gula pasir, dan fungsinya juga punya kandungan perekat ketan.

Ketan Brondong dijual oleh para pedagang kaki lima di seluruh Tulungagung. Anda mampu menajdikannya oleh-oleh khas Tulungagung dikarenakan bentuknya yang persegi dan praktis. Mudah ditata di tas dan tidak terlampau berat.

20. Makanan Khas Tulungangung Jenang Grendul

Makanan khas Tulungagung murah ini sering menjadi andalan hidangan berbuka puasa. Bentuknya yang bulat sebabkan jawa mengakibatkan grendul-grendul, hingga warga Tulungagung diundang sebagai jenang grendul.

Bentuknya yang bulat ini berasal dari tepung kanji dan ubi kuning yang telah dihaluskan. Kemudian dibikin melingkar dan dimatangkan di atas bara api.

Jenang Grendul terlampau lezat jikalau dicampur bersama dengan santan atau bubur kacang hitam. Rasanya yang tidak terlampau manis, mampu menyeimbangkan rasa bubur yang juga telah seimbang bersama dengan gula.

21. Makanan Khas Tulungangung Nasi Lodho

Nasi Lodho adalah makanan khas Tulungagung Jawa Timur . Ayam berbumbu santan ini biasa di sediakan sebagai menu spesial di tempat tinggal makan di Tulungagung. Rasanya ayamnya terlampau pedas. Makanan ini terlampau memanjakan lidah fans kuliner dikarenakan bumbu santannya berpadu bersama dengan bumbu yang terlampau terasa kuat di dalam mulut.

Daging ayam lodho teksturnya terlampau lembut, bukbunya meresap sempurna ke dalam daging. Nama ayam lodho bermakna ayam empuk, saking empuknya hingga gampang terlepas dari tulang bersama dengan sendirinya. Ayam lodho kebanyakan menjadi kebersamaan bersama dengan nasi uduk, lalap, dan sambal.

22. Makanan Khas Tulungangung Sredek

Adalah makanan yang dibikin dari ketela putih yang kemudian digoreng. Bentuk sredek mirip bersama dengan sosis mini dan terasa gampang keasinan. Hampir mirip seperti oncom ala jawa barat yang tanpa kacang kedelai. Biasanya sredek dimakan bersaama tempe bacem, mirip seperti mengkonsumsi jadah tempe khas Yoygakarta.

Anda masih mampu mendiskusikan sredek di lebih dari satu titik di Tulungagung seperti pasar senggol atau pasar ngemplak. Sajian ini tidak seperti makanan lain yang gampang ditemukan, dikarenakan warga lokal telah siap pakai sendiri.

 

Demikianlah makanan khas Tulungagung yang mampu dibawa pulang oleh-oleh atau Anda santap waktu berlibur ke sana. Agak sulit sesungguhnya kuliner Tulungagung bersama dengan makanan di daerah lain, dikarenakan sesungguhnya makanan yang diperlukan di kabupaten ini telah dikenal luas. Meski begitu, ternyat makanan yang tersedia di Tulungagung juga punyai cita rasa khas versinya sendiri.