NFC Adalah

NFC Adalah – Sebenarnya teknologi NFC sendiri udah dikembangkan sejak lama antara masa akhir tahun 1990-an sampai 2000-an. Samsung pun menjadi salah satu pionir Kedatangan HP Android bersama teknologi NFC, tepatnya disematkan pada Nexus S di tahun 2010.

NFC Adalah

NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada di dalam jarak benar-benar dekat, maksimal 4 cm. Hal ini amat mungkin smartphone bisa membuka bersama smartphone lain yang mempunyai sensor NFC juga.

NFC ini dikembangkan berdasarkan RFID (Radio Frequency Identification) bersama basis antena yang bisa mengizinkan komunikasi dua arah. Sementara antena yang dimiliki NFC sengaja dibikin lebih pendek untuk menjauhi bentrokan bersama tanda operator.

Dengan pertumbuhan smartphone di tahun 2020, tentunya beberapa orang tetap bertanya-tanya apa sih kegunaan dari NFC yang hadir di perangkat kelas menengah maupun atas. Agar anda tidak bingung, tersebut fungsi-fungsi yang di tawarkan oleh NFC.

Mengecek dan Mengisi e-Money
Kini e-money (electronic money) berupa kartu udah merasa banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk bervariasi transaksi hariannya merasa dari belanja di supermarket, akses jalur tol, Commuter Line (Kereta Listrik), MRT, Trans Jakarta, dan lainnya.

Beberapa bank di Indonesia pun udah mengeluarkan kartu e-money tiap-tiap untuk menarik banyak pelanggan merasa dari BCA Flazz, Mandiri e-money, BRI BRIZZI, BNI Tap Cash, dan tetap banyak lagi.

Dengan hadirnya NFC, pengguna e-money bisa mengecek saldo langsung lewat smartphone. Bahkan pada pengguna terhitung bisa isikan saldo secara langsung pada kartu e-money dari beberapa Bank tertentu layaknya Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.

Biasanya pengisian kartu e-money ini bisa gunakan lewat aplikasi formal dari penyedia Bank yang dituju. Namun terdapat terhitung kartu e-money yang saldonya bisa diisi bersama gunakan aplikasi e-commerce. Pastinya, pengguna harus mempunyai smartphone yang dibekali bersama sensor NFC sehingga bisa membaca kartu e-money tersebut.

Pembayaran Digital
Dengan hadirnya NFC, pengguna smartphone bisa laksanakan pembayaran digital bersama ringan dan aman. Pengguna bisa menyimpan informasi kartu debit maupun kredit lewat aplikasi Samsung Pay, Apple Pay, Paypal, atau lainnya.

Dengan kata lain, anda hanya harus mengaktifkan aplikasi pembayaran digital dan sensor NFC. Selanjutnya, smartphone bisa didekatkan ke mesin pembayaran untuk memulai proses transaksi.

Terakhir, anda bisa memasukkan PIN atau laksanakan tanda tangan di smartphone untuk menyelesaikan pembayaran. Tentunya laksanakan pembayaran lewat NFC ini lebih praktis dibandingkan mempunyai banyak kartu kemana-mana.

Transportasi Umum
Di beberapa negara maju, smartphone bersama NFC bisa digunakan untuk laksanakan pembayaran tiket langsung. Nantinya pengguna lumayan mendekatkan smartphone bersama sensor NFC yang terdapat di gate masuk dan muncul stasiun maupun terminal dari angkutan umum yang digunakan.

Menghubungkan Dua Perangkat
NFC bisa digunakan untuk membawa dampak dua perangkat saling bertransfer data. Tidak hanya smartphone, sesungguhnya banyak perangkat yang bisa membuka bersama gunakan sensor ini. Pengguna bisa menghubungkan smartphone bersama kamera mirrorless atau DSLR, bersama printer, bersama produk audio, dan tetap banyak lagi.

Teknologi NFC ini terhitung amat mungkin dua perangkat bisa membuka bersama cepat dan tidak harus repot pairing layaknya teknologi Bluetooth.

Kunci Keamanan
Selain banyak berperan di dalam pembayaran digital, sensor NFC ini terhitung dikembangkan untuk kunci keamanan baik itu tempat tinggal atau mobil. Nantinya kunci bisa terbuka hanya bersama menempelkan smartphone ke sensor yang ada.

Informasi Produk
Sejumlah produk brand populer pun dulu mengembangkan teknologi NFC untuk memudahkan promosi produknya di area umum. Misalnya saja sebuah poster yang meminta pengguna untuk menempelkan smartphone pada area tertentu yang mempunyai sensor NFC sehingga bakal muncul informasi lengkap tentang produk yang sedang dipromosikan tersebut.

Melihat dari segala fungsinya, teknologi NFC bisa dikembangkan untuk bervariasi kebutuhan masyarakat sesuai bersama kreativitas masing-masing. Dengan makin banyaknya produk yang gunakan NFC, maka tidak menutup bisa saja teknologi ini kelak bakal hadir di seluruh smartphone.

Cara kerja NFC

Seperti halnya Bluetooth atau Wifi, NFC bekerja bersama komitmen mengirim knowledge lewat tanda gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID (Radio Frequency Identification) yang gunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi. Frekuensi transmisi knowledge NFC adalah 13,56 MHz dan knowledge bisa dikrim bersama kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. NFC bisa menginduksikan arus listrik pada komponen NFC pasif layaknya yang terdapat pada stiker yang tidak miliki power atau daya sendiri. Sehingga komponen NFC pasif tersebut bisa bekerja. Ini merupakan perbedaan mendasar NFC bersama Bluetooth/Wifi.

NFC digolongkan ke di dalam dua bagian berdasarkan jenisnya, yaitu:

NFC Passive: NFC type ini tidak membutuhkan daya atau power sendiri. Dikenal terhitung bersama NFC tag. NFC tag terdapat sebuah chip komponen tanpa daya yang biasa di tempelkan pada sebuah kartu, stiker, gantungan kunci atau lainnya. NFC tag hanya menyimpan knowledge saja yang bisa di baca maupun ditulis oleh perangkat NFC Active.
NFC Active: Ini yang banyak terdapat pada smartphone/tablet atau perangkat portabel lainnya. NFC type ini membutuhkan power untuk bisa berkomunikasi bersama NFC aktif lainnya atau bersama NFC pasif.
NFC bekerja di dalam tiga mode.

  • NFC Peer-to-peer: NFC aktif bisa berkomunikasi bersama NFC aktif lainnya untuk saling bertukar data. Smartphone/tablet yang dilengkapi NFC mengirim knowledge bersama memancarkan gelombang radio (RF) kepada smartphone/tablet NFC aktif lainnya. Smartphone/tablet penerima bakal menonaktifkan RF kala menunggu kiriman data. Begitu terhitung sebaliknya sehingga ke-2 smartphone/tablet bisa saling bertukar data.
  • NFC Reader/Writer: Smartphone/tablet yang dilengkapi NFC aktif bakal membaca knowledge yang tersimpan di dalam NFC pasif. Saat bakal membaca data, NFC aktif memancarkan induksi medan magnet yang bakal mengoperasikan NFC pasif sehingga NFC pasif bisa memancarkan knowledge yang tersimpan di dalamnya. Jadi NFC pasif beroleh power dari induksi magnet yang dipancarkan perangkat NFC aktif. Untuk membaca atau menulis knowledge di NFC pasif bisa gunakan aplikasi layaknya Trigger app yang bisa didownload di Play store. NFC Tag yang diprogram gunakan aplikasi ini hanya bisa dibaca gunakan aplikasi yang sama.
  • NFC card emulator: Di sini smartphone/tablet yang dilengkapi NFC berguna layaknya sebuah kartu kredit virtual yang bisa digunakan laksanakan pembayaran pada toko bersama alat khusus. Tentu pada mulanya kita harus miliki akun pembayaran online semacam Google Wallet, Samsung Pay, Apple Pay atau lainnya bersama kartu kredit yang valid.

Perbandingan NFC bersama Bluetooth

Ada beberapa perbedaan mendasar yang membawa dampak NFC lebih unggul dibandingkan Bluetooth pada situasi tertentu. Diantaranya:

Konsumsi daya NFC lebih rendah dibandingkan bersama Bluetooth, lebih-lebih bersama Bluetooth 4 (Bluetooth Low Energy) sekalipun. Dan lebih-lebih NFC pasif bisa beroperasi hanya bersama induksi magnet saja.
NFC miliki kecepatan koneksi lebih unggul dibandingkan Bluetooth gara-gara tidak membutuhkan manual pairing layaknya Bluetooth. Manual pairing pada bluetooth adalah mengisikan kode berupa angka disaat bakal berpasangan bersama perangkat Bluetooth lainnya.