Resep Bumbu Opor Ayam

Resep Bumbu Opor Ayam
Indonesia sebetulnya tenar bersama dengan banyak variasi sajian masakan yang nikmat dan menggugah selera. Salah satu makanan yang tenar yaitu opor ayam. Resep Bumbu Opor Ayam khas Indonesia ini kerap disajikan di dalam acara-acara tertentu. Makanan yang sama juga bersama dengan kuah santan ini sebetulnya punya cita rasa yang nikmat dan gurih. Takaran kuah santan dan bumbu yang digunakan pun berbeda-beda. Jadi makanan yang bisa dikatakan nyaris seluruh area punya ciri khas sendiri ini.

Ayam merupakan komponen utama berasal dari masakan ini, tak sekedar itu ada kuah santan kental yang bisa disita berasal dari perasan kelapa langsung atau bisa gunakan santan instan. Dan tentunya rempah-rempah yang jadi bumbu utama, menciptakan rasa yang sedap dan penyajiannya lebih menggoda. Bahkan masakan ini jadi primadona selagi lebaran yang umumnya disantap gunakan ketupat maupun lontong dan termasuk sambal goreng ati.

Daftar Resep Bumbu Opor Ayam

Meski opor ayam bisa dimasak sesuai selera tetapi takaran bahan dan bumbunya wajib pas. Nah bagi anda yang tengah inginkan memproses opor ayam atau coba memasaknya di rumah, tetapi belum sadar caranya pengolahannya, selanjutnya ini kami himpun berasal dari bermacam sumber 10 Resep bumbu opor ayam sederhana, sedap dan gurih.

1. Opor Ayam mix.

Bahan :
– 2 potong paha dan sedikit dada, sayat-sayat
– 1 buah tahu, belah-belah
– 3 telur rebus
– 2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong
– 3 batang sereh, geprek
– 1 ruas lengkuas, geprek
– 1 ruas kunyit
– 3 siung bawang putih
– 7 siung bawang merah
– 3 biji kemiri
– 3 lembar daun salam
– 3 lembar daun kunyit ml air
– 1 sdm garam Himalaya pink atau garam dapur
– 1 sdm kaldu jamur
– 2 sdm fiber creme

Cara memasak:
– Didihkan air, masukkan ayam, membuang kotoran yang muncul dipermukaan, selanjutnya kecilkan api.
– Haluskan bumbu kalau daun2-daunan, lengkuas dan sereh.
– Tumis bumbu halus, daun-daunanan, lengkuas dan sereh. Tumis sampai wangi dan berubah warna.
– Masukan tumisan bumbu ke rebusan ayam, tambahkan kentang, Masukkan garam serta kaldu
– Jika ayam sudah masak kentang sudah empuk, tambahkan sadar dan telur rebus.
– Tambahkan fiber creme, aduk-aduk, selanjutnya test rasa.
– Siap dihidangkan.

2. Resep Opor ayam simple.

Bahan:
– 2 btng serai, geprek
– 4 lembar daun salam
– secukupnya bawang merah goreng
– 1 kg daging ayam, potong-potong
– Secukupnya minyak
– 65ml sachet santan instan
– 1 jempol besar lengkuas,geprek
– 1 liter air
– Secukupnya garam dan gula pasir

Bumbu halus:
– 4 siung bawang putih
– 5 butir kemiri, sangrai
– 2 ruas jari jahe
– 6 siung bawang merah
– 1/2 sdt merica

Cara memasak:
– Rendam potongan ayam gunakan jeruk nipis, cuci lagi sampai bersih.
– Rebus ayam sebentar sampai berubah warna saja, tiriskan.
– Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang.
Masukkan salam, dan lengkuas, aduk-aduk.
– Masukkan ayam, aduk sebentar. Tambahkan air biarkan mendidih, bumbui garam dan gula. Masak sampai ayam empuk. Terakhir masukkan santan instan, aduk kembali, tunggu sampai mendidih. Jangan lupa cek rasanya.
– Angkat, sajikan bersama dengan taburan bawang merah goreng.

3. Opor ayam kampung.

Bahan:
– 1/2 ekor ayam kampung
– 2 buah kentang ukuran sedang
– 50 g santan instan
– 3 butir kentang sedang
– Minyak untuk menumis
– Air secukupnya
– 1 buah serai
– 4 buah daun salam
– 3 buah daun jeruk
– 2 ruas lengkuas
– Bawang goreng

Bumbu halus:
– 1 sdt ketumbar, disangrai
– 1,5 ruas kunyitm disangrai
– 1 ruas jahe
– 5 buah bawang merah
– 2 buah bawang putih
– 3 buah kemiri

Cara memasak:
1. Ulek seluruh bumbu halus sampai lembut, tumis bersama dengan sedikit minyak, masukkan serai, daun sdalam, dau jeruk dan lengkuas yang sudah digeprek sampai harum.
– Masukkan ayam yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih, bolak balik agar merata.
– Masukkan kentang yang sudah dipotong-potong
– Tambahkan air kurang lebih 300 ml
– Setelah ayam empuk kecilkan api sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah
– Tambahkan sedikit garam, kaldu bubuk, gula putih dan test rasa.
– Masukkan bawang goreng dan sajikan

4. Opor ayam sadar bumbu kuning.

Bahan : gr dada ayam, potong-potong
– 2 bh sadar putih, potong-potong ml santan encer ml santan kental
– 2 lbr daun jeruk purut, robek daunnya
– 2 lbr daun salam
– 1 btg serai geprek
– Bawang merah goreng untuk taburan
– Sambal terasi goreng

Bumbu halus :
– 6 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1,5 cm kunyit bakar
– 1,5 cm jahe
– 1/4 sdt ketumbar sangrai
– 2 btr kemiri sangrai
– 10 btr merica butiran
– Jinten, sejumput
– Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak:
– Rebus ayam lebih-lebih dahulu membuang air dan sisihkan. Goreng sadar 1/2 matang, sisihkan.
– Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk, daun salam dan serai, aduk-aduk sampai agak layu. Tambahkan 3 sdm santan encer agar bumbu tidak gosong.
– Masukkan ayam, aduk sebentar selanjutnya tuang santan encer. Setelah mendidih, masukkan tahu. Rebus sampai ayam masak sempurna dan bumbunya meresap.
– Tuang santan kental, tambahkan gula, garam serta kaldu ayam bubuk. Aduk rata santannya, agar santan tidak pecah. Tes rasa, kalau sudah mendidih matikan api.
– Siap disajikan selagi hangat bersama dengan taburan bawang merah goreng & ditemani sambel terasi goreng.

5. Opor ayam tempe.

Bahan:
– 2 potong daging ayam
– Tempe, potong dadu
– Wortel, potong dadu
– Lengkuas, geprek
– Daun jeruk, sobek-sobek
– Santan kental
– Air secukupnya
– Minyak goreng
– Bawang goreng
– Kaldu ayam bubuk dan garam

Bumbu halus:
– Bawang merah
– Bawang putih
– Kunyit bubuk
– Ketumbar bubuk
– Lada bubuk
– Pala bubuk

Cara memasak:
– haluskan bumbu halus, panaskan minyak selanjutnya tumis sampai harum.
– Masukkan lengkuas yang di geprek dan daun jeruk.
– Tambahkan air masak secukupnya. Setelah mendidih masukkan ayam.
– Tunggu ayam sampai empuk, lantas masukkan tempe dan wortel
– Tambahkan kaldu bubuk dan garam, test rasa
– Masukkan santan, aduk-aduk perlahan sampai matang.
– Angkat dan sajikan

6. Opor ayam gurih.

Bahan:
– 1 kg daging ayam, potong-potong
– 2 lembar daun salam
– 1 batang serei
– Kayu manis sedikit
– 1 cm lengkuas
– Fiber cream

Bumbu halus:
– 1/2 sdt merica bulat
– 2 cm jahe
– 2 cm kunyit
– 1 sdm ketumbar gongseng
– Jintan sendikit
– Garam
– Gula

Cara memasak:
– Ayam yang sudah bersih dikasih jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Lalu direbus sebentar aja agar tidak amis. Buang airnya, goreng sebentar, sisihkan.
– Uleg bumbu halus, tumis bumbu halus dan bumbu lainnya bersama dengan sedikit minyak goreng.
– Setelah wangi masukan santan, aduk-aduk agar santan tak pecah.
– Masukan ayam yang sudah digoreng sebentar,koreksi rasa.
– Tunggu sampai bumbu meresap di dalam daging dan matang.
– Angkat dan tabur bersama dengan bawang goreng.

7. Opor ayam kuah putih.

– 1 kg ayam, potong-potong santan kental
– 8 cm lengkuas, geprek
– 1 batang serai, geprek
– 4 daun salam
– 2 daun jeruk
– 1 ruas kayu manis
– 2 bks penyedap rasa
– 1 sdt garam kasar
– 1 sdm gula pasir gelas air

Bumbu halus:
– 8 bawang merah
– 4 bawang putih
– 4 kemiri
– 5 cm jahe
– 1/2 buah pala

Cara memasak:
– Cuci bersih ayam, tiriskan sipakan bumbu halus dan kasar
– Lalu giling seluruh bumbu halus, dan siapkan bumbu kasar, tumis keduanya sampe bener-benar matang, kalau sudah masak masukan air 1 gelas aduk-aduk sampai rata.
– Kemudian masukan ayamnya aduk-aduk sampai semmua ayam terlumuri bersama dengan bumbu.
– Jika seluruh ayam sudah terlumuri bersama dengan bumbu masukan air 4 gelas air sampai ayam terendam.
– Aduk-aduk lagi agar seluruh bumbu tercampur rata, diamkan sampai ayam berubah pucat dan air agak berkurang kurang lebih 8-10 menit, masukan penyedap, gula dan garam.
– Lalu masukan santan, tambahkan air sedikit aduk-aduk sampai rata.
– Sembari mendidih tetep diaduk agar santan tidak pecah, kalau sudah cukup masak test rasa sesuai selera.
– Angkat taburi bawang goreng, siap dinikmati

8. Opor ayam telur puyuh simple san simpel.

Bahan:
– 2 ayam dada potong sesuai selera
– 15 butir telur puyuh rebus
– 1 batang sereh memarkan
– Sejempol lengkuas geprek
– 3 lembar daun jeruk membuang tulang batangnya
– secukupnya Garam, penyedap
– 65 ml santan instan
– secukupnya Air

Bumbu halus:
– 6 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 4 kemiri
– Seruas kunyit
– Seruas jahe

Cara memasak:
– Tumis bumbu halus bersama dengan sedikit minyak tambahkan lengkuas, sereh, daun jeruk sampai harum.
– Masukkan ayam aduk-aduk sebentar sampai ayam berubah warna dan bumbu meresap.
– Masukkan air secukupnya mengatur bersama dengan banyaknya ayam, masak sampai ayam stengah matang.
– Tambahkan santan, telur puyuh, garam, penyedap masak sampai ayam matang, tes rasa.
– Siap disajikan bersama dengan tambahan taburan bawang goreng.

9. Resep Bumbu Opor Ayam 5 bahan.

Bahan: gr ayam
– 1 bungkus santan
– 6 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 1 sdt ketumbar
– 3 butir cengkeh
– 1 cm kunyit ml air
– Secukupnya garam
– Secukupnya gula
– Secukupnya penyedap rasa
– Minyak goreng untuk menumis
– Bawang merah goreng
– Sambal
– Ketupat

Cara memasak:
– Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, garam, selanjutnya tumis bersama dengan dengang cengkeh sampai harum.
– Masukkan tumisan bumbu ke di dalam panci yang memuat air dan daging ayam.
– Masak bersama dengan api tengah sampai mendidih, beri gula, garam, dan penyedap rasa.
– Setelah empuk, masukkan santan, cek rasa.
– Angkgkat. Taburkan bawang goreng dan sajikan bersama dengan ketupat.

10. Resep Bumbu Opor Ayam simple bumbu instant.

Bahan:
– 1/2 kg ayam
– kentang, potong-potong.
– 2 bungkus bumbu instan opor indofood
– 2 btg serei
– 4 lmbar daun jeruk
– 2 lmbar daun salam
– Lengkuas
– Garam
– Santan kara

Cara memasak:
– Potong-potong ayam, cuci bersih. Sisihkan.
– Tumis bumbu instant bersama dengan daun jeruk, daun salam , serai dan lengkuas dan tumis sampai harum.
– Masukkan ayam dan tambahkan air secukupnya, serta masukkan potongan kentang.
– Setelah mendidih dan empuk masukkan santan sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
– Test rasa dan angkat.

 

Resep Sederhana

Masak opor ayam bersama dengan Resep Bumbu Opor Ayam yang sederhana, yuk!

Kurang lengkap rasanya kalau Hari Raya tanpa menyantap masakan khas Lebaran, tidak benar satunya adalah opor ayam. Opor ayam dan ketupat, tuh, ibarat jodoh di meja makan. Setuju nggak?

Opor ayam ini jadi menu Lebaran favorit bagi anda lebih-lebih yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, apalagi merah. Walaupun warna kuahnya berbeda-beda, tetapi rasanya selamanya enak, kok!

Source: PinterestUntuk anda yang nggak bisa mudik ke kampung halaman dan inginkan selamanya menyantap makanan Lebaran, jangan sedih. Kamu termasuk bisa membawa dampak opor ayam layaknya yang umumnya dibikin oleh Ibu, lho!

Daripada ngidam tetap dikarenakan nggak bisa makan opor ayam buatan rumah, lebih baik memasaknya sendiri, dong. Simak resep opor ayam yang gampang dibikin dan rasanya enak. Jangan lupa simpan Resep Bumbu Opor Ayam, ya!

1. praktis ala anak kost

Resep opor ayam satu ini sesuai banget untuk pemula atau bagi anda yang nggak pernah memasak opor sebelumnya. Hanya wajib gunakan bumbu instan dan santan instan, opor ayam sedap pun jadi. Anak kost layaknya anda tentu bisa membuatnya, deh!

Bahan

* 1/2 ekor ayam
* 1 bungkus bumbu instan opor ayam
* 1 bungkus santan bubuk instan
* 350 ml air
* Garam secukupnya
* Gula secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bumbu instan bersama dengan minyak panas sampai harum, sisihkan.
2. Rebus ayam di dalam air sampai mendidih. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis.
3. Tambahkan santan bubuk, garam, dan gula. Masak sampai ayam matang.
4. Angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat!

2. Opor ayam, tahu, dan telur praktis

Untuk anda yang kangen masakan Ibu, bisa langsung membawa dampak opor ayam, tahu, dan telur, nih. Dalam satu mangkok opor ini, anda bisa beroleh asupan protein yang banyak. Resep ini amat sesuai untuk anda yang nggak punya banyak selagi untuk memasak, ya.

Bahan

* 1/2 ekor ayam potong
* 1 bungkus bumbu instan
* 1 sachet santan instan bubuk
* 1 ruas lengkuas
* 2 ruas kunyit
* Daun serai secukupnya
* Daun salam secukupnya
* Daun jeruk secukupnya
* 3 siung bawang putih
* Mentega secukupnya
* Telur rebus secukupnya (opsional)
* Tahu goreng secukupnya (opsional)

Cara membuat:

1. Tumis bawang bersama dengan mentega sampai matang. Kemudian masukkan kunyit, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan bumbu instan. Tumis sampai masak dan harum.
2. Masukkan santan yang sudah dilarutkan bersama dengan air. Aduk sampai rata, tambahkan sedikit air kalau dirasa amat kental.
3. Tambahkan tahu, telur, dan ayam potong. Masukkan air secukupnya. Rebus ayam sampai masak sempurna.
4. Masukkan garam dan gula, koreksi rasa dan aduk sampai merata.
5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

3. kuah putih

Selain opor ayam kuah kuning, ada termasuk opor ayam kuah putih, lho. Kalau umumnya resep opor itu gunakan kunyit, nah, resep opor ayam satu ini nggak gunakan kunyit agar warnanya pun jadi putih. Walau begitu, ya, rasanya nggak kalah sedap berasal dari opor ayam kuah kuning, lho!

Bahan

* 1/2 ekor paha ayam
* 300 ml santan cair
* 100 ml santan kental
* 1 batang daun serai
* 3 lembar daun jeruk
* Laos secukupnya
* 1 sdm gula merah
* Garam secukupnya
* Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu

* 1/2 sdt ketumbar bubuk
* 1/2 sdt jintan bubuk
* 4 butir kemiri
* 4 buah cabai merah
* 6 siung bawang merah
* 4 siung bawang putih
* Jahe secukupnya

Cara membuat:

1. Haluskan kemiri, jintan, ketumbar, jahe, laos, cabai, bawang merah dan putih, serta 2 sdt minyak goreng. Blender sampai halus.
2. Kemudian tumis bumbu bersama dengan api kecil sampai harum.
3. Masukkan ayam dan aduk sampai rata. Diamkan sampai 3 menit.
4. Tambahkan serai, daun jeruk, dan laos ke di dalam ayam, selanjutnya masukkan santan encer. Aduk sampai rata dan masak sampai harum.
5. Masukkan gula, garam, dan lada secukupnya. Lalu tambahkan santan encer. Masak sampai ayam matang.
6. Kalau anda bahagia opor yang kental, bisa termasuk ditambahkan santan kental dan tunggu sampai ayam matang.

4. 7 menit

Masak opor ayam cuma di dalam 7 menit, sebetulnya bisa? Jika anda lihat video tutorial resep opor ayam di video berikut, perihal itu barangkali saja terjadi, lho. Opor ayam kuah kuning ini amat sesuai dimakan bersama dengan bersama dengan nasi hangat. Nggak cuma selagi Lebaran, anda bisa membawa dampak opor ayam kapan pun anda mau, deh.

Bahan

* 5 potong dada ayam fillet
* 100 ml santan instan
* 2 batang serai, geprek
* 1 ruas jahe, geprek
* Sedikit lengkuas, geprek
* 3 bawang merah, iris halus
* 2 bawang putih, iris halus
* 2 buah kemiri, sangrai dan haluskan
* 1 sdt gula merah
* 1/2 sdt ketumbar
* Kunyit bubuk secukupnya
* Jintan bubuk secukupnya
* Cabai rawit secukupnya, kalau bahagia pedas
* 3 lembar daun salam
* 3 lembar daun jeruk
* Garam secukupnya
* Merica secukupnya
* Air secukupnya

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, kemiri ke di dalam wajan antilengket atau Teflon. Masak sampai harum.
2. Masukkan gula merah, ketumbar, kunyit bubuk, jintan bubuk, dan ayam fillet. Besarkan api sampai bumbu matang.
3. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
4. Masukkan santan instan dan tambahkan sedikit air.
5. Masak sampai ayam masak dan tambahkan cabai rawit.
6. Opor ayam siap disantap bersama dengan nasi hangat.

5. kuah susu

Nah, opor ayam yang satu ini sesuai banget bagi anda yang tengah merawat pola makan atau mengurangi makanan bersantan. Walau nggak gunakan santan, opor ayam kuah susu termasuk sedap dimakan bersama dengan nasi atau ketupat, lho. Mau sadar resepnya? Simak resep ayam opor kuah santan di bawah sini, yuk!

Bahan

* 1 ekor ayam
* 10 siung bawang merah
* 5 siung bawang putih
* 2 ruas jahe
* 2 ruas kunyit
* 5 butir kemiri
* 1 sdt ketumbar
* 4 ruas lengkuas
* 1 batang serai geprek
* 2 lembar daun jeruk sobek jadi 2 bagian
* 1 liter susu UHT full cream
* Garam secukupnya
* Penyedap rasa ayam secukupnya
* Minyak secukupnya
* Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, perisa ayam, bubuk ketumbar, dan sedikit minyak ke di dalam blender atau food processor. Sisihkan.
2. Tumis jahe, serai, dan daun jeruk di atas wajan antilengket atau Teflon. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan masak sampai harum.
3. Kalau sudah harum, masukkan ayam dan sampai seluruh bahan tercampur.
4. Masukkan air dan susu full cream, selanjutnya aduk agar seluruhnya tercampur merata.
5. Masak sampai kuah menyerap atau sesuai selera.
6. Santap bersama dengan nasi ulam.

Itulah dia sebagian resep membawa dampak opor ayam yang sederhana, mudah, dan sedap untuk disantap selagi Lebaran. Menu makanan selagi Hari Raya itu sebetulnya khas banget. Mulai berasal dari ketupat sampai opor ayam selamanya wajib ada di meja makan. Akan lebih nikmat lagi kalau disantap bersama dengan bersama dengan keluarga dan teman, nih!

Kamu punya resep opor ayam yang jadi andalan nggak? Coba share di kolom komentar, yuk!