Berbagai Macam Aktifitas Di Simpang Lima Semarang

Selain datang ke objek wisata populer layaknya Lawang Sewu, anda juga bisa datang ke Simpang Lima Semarang. Alun-alun kebanggaan warga Kota Atlas ini terdapat di pusat kota dan ringan diakses berasal dari mana saja. Ah, ngapain datang ke alun-alun? Paling juga isinya rumput doang. Eits, jangan salah, memang tersedia banyak kesibukan yang bisa anda laksanakan di sini. Mulai berasal dari yang bisa dikerjakan sendiri maupun beramai-ramai bersama dengan keluarga atau sahabat.

Asyiknya lagi, rata-rata kesibukan di sini nggak kudu menghabiskan banyak uang. Malah, anda bisa nikmatin wisata Simpang Lima Semarang tanpa terlihat ongkos sama sekali.

Sejarah Simpang Lima Semarang

Sebelum mengulas bermacam kesibukan seru yang bisa anda laksanakan di sana, tersedia baiknya anda tahu sekilas perihal histori Simpang Lima Semarang. Mungkin tak banyak yang tahu kecuali taman kota ini memang bernama Lapangan Pancasila. Sebutan Simpang Lima terlihat dikarenakan lokasinya yang berada di tengah-tengah lima persimpangan. Yakni Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, dan Jl. A. Dahlan.

Lapangan Pancasila pertama kali diresmikan tahun 1969. Namun, pembangunannya udah dimulai sejak pemerintahan Presiden Soekarno. Saat itu, Presiden Soekarno ingin alun-alun Semarang dipindah berasal dari posisinya semula di Kawasan Kauman. Pasalnya, sejak tahun 1938, alun-alun Kauman terkikis dan berubah faedah jadi kawasan perdagangan.

Pembangunan Pasar Johar dan pertokoan makin lama mempersempit alun-alun lama ini. Hingga akhirnya, hanya tersisa Masjid Agung Kauman yang kini dilestarikan jadi cagar budaya yang kudu dilindungi. Sejak diresmikan untuk umum, Lapangan Pancasila makin lama ramai dikunjungi masyarakat. Berbagai event besar nasional dan festival rakyat seringkali diselenggarakan di daerah ini.

Ngapain Aja di Simpang Lima Semarang?

Nah, saat ini saatnya mengulas kesibukan apa saja yang bisa anda laksanakan di kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah. Berikut ini saran kesibukan yang kudu anda cobalah sepanjang di sana.

1. Nongkrong Bareng Warga/Komunitas Lokal

Ada yang bilang kecuali traveling ke daerah itu belum lengkap kecuali belum berbaur bersama dengan warga lokal. Nah, Simpang Lima Semarang bisa jadi daerah yang tepat untuk meraih pengalaman tersebut. Pasalnya, alun-alun seluas 50 x 15 m2 ini udah layaknya daerah pelarian warga setempat untuk membiarkan penat. Terutama Simpang Lima Semarang malam hari dan akhir pekan.

Kalau anda tengah berwisata seorang diri, cobalah mengakses percakapan bersama dengan warga setempat di sana. Tunjukkan sikap antusiasmu untuk mengenal Semarang lebih dalam. Siapa tahu tersedia informasi penting yang hanya diketahui warga setempat. Apalagi, Lapangan Pancasila juga sering dijadikan daerah berkumpul komunitas-komunitas lokal. Coba cari tahu jadwal berkumpul komunitas yang cocok bersama dengan minatmu dan bergabunglah.

Yang kudu diingat, jangan hingga hilang kewaspadaan juga, ya. Bukan berburuk sangka, tapi sikap berhati-hati selalu penting sehingga tidak berjalan hal-hal yang tidak dinginkan.

2. Naik Sepeda, Becak, & Mobil Hias

Kalau anda ke Simpang Lima Semarang malam hari, kebanyakan tersedia banyak sepeda, becak, dan mobil hias yang disewakan untuk turis. Coba deh rasakan serunya naik kendaraan wisata yang dihiasi lampu-lampu cantik ini. Tarifnya lebih kurang Rp35.000/30 menit untuk sepeda. Sedangkan becak dan mobil sedikit lebih mahal, yakni Rp40.000 untuk sekali putaran. Kalau senang lebih murah, cobalah keluarkan jurus menawarmu.

Aktivitas ini paling cocok membuat para remaja dan wisatawan yang mempunyai anak kecil. Tapi sebenarnya, senang seru-seruan bersama dengan kawan baik dewasa pun sah-sah saja. Malah, romantis juga membuat foto-foto bareng pacar. Tak kudu malu, toh anda barangkali tidak akan bertemu lagi bersama dengan orang-orang di sana. Cukup jadi diri sendiri dan menikmati liburanmu bersama dengan sebebas-bebasnya.

3. Main Sepatu Roda, Inline Skate, & Otopet

Sepatu roda, inline skate, dan otopet juga banyak disewakan di Simpang Lima Semarang malam hari. Tarifnya lebih kurang Rp15.000 – Rp20.000/jam. Tak kudu khawatir kecuali anda masih didalam tahap belajar. Trotoar Lapangan Pancasila memadai luas dan mulus. Kalau kuatir jatuh, anda bisa studi di rerumputan.

Ditambah lagi, kebanyakan banyak juga orang dewasa yang masih studi di sini. Jadi, nggak usah malu akan kalah sama anak-anak kecil.

4. Main Catur 3 Langkah Mati

Buat fans tantangan, anda bisa bermain catur 3 cara mati di sini. Tinggal cari bapak-bapak yang menggelar papan catur di trotoar Simpang Lima Semarang malam hari. Kamu kudu membayar Rp5.000 untuk mengawali permainan melawan bapak tersebut. Kalau menang, anda bisa mempunyai pulang 2 bungkus rokok. Tapi kecuali kalah, duwit pendaftaran tadi akan masuk ke kantong si bapak.

5. Foto-Foto

Mau foto-foto membuat dibagiin ke fasilitas sosial? Spot foto yang jadi favorit para pengunjung adalah tulisan Simpang Lima berasal dari lampu LED yang terpampang besar di pinggir trotoar.

Selain itu, anda juga bisa berpose bersama dengan karakter-karakter unik yang mondar-mandir di trotoar. Ada yang Mengenakan robot Transformer, Doraemon, Elsa Frozen, hingga hantu gentayangan. Setelah berfoto, jangan lupa kasih tips ke mereka ya.

6. Duduk Santai Sambil Menikmati Simpang Lima Semarang Malam Hari

Kalau lagi malas ngapa-ngapain, Lapangan Pancasila selalu cocok anda kunjungi. Kamu bisa sekedar duduk enjoy di kursi yang udah dihidangkan di trotoar. Bisa juga menggelar tikar di rumput sambil menikmati pemandangan atau mencermati orang-orang di sekitarmu. Tetap bisa asyik kan tanpa kudu mengeluarkan uang?

Kegiatan ini paling asyik dikerjakan di malam hari. Selain lebih sejuk, Simpang Lima Semarang malam hari kebanyakan lebih indah dikarenakan tersedia lampu-lampu berasal dari kendaraan hias yang berlalu-lalang.

7. Mampir ke Mall

Kalau tiba-tiba kangen pingin wisata belanja, anda tinggal datang ke Mal Ciputra yang tersedia di seberang Simpang Lima Semarang persis. Mau terlalu membeli atau sekedar cuci mata boleh anda laksanakan di sini. Kamu pun bisa nonton film atau sekedar nongkrong menikmati makanan di dalamnya.

8. Ikut Car-Free Day (CFD) & Event Khusus

Selain Simpang Lima Semarang malam hari, akhir pekan adalah kala yang paling tepat untuk datang di sana. Di hari Minggu, bahkan tersedia event Car-Free Day sehingga jalanan di lebih kurang lapangan ditutup untuk kendaraan bermotor. Jadi, anda bisa bebas bermain sepeda, sepatu roda, atau jogging enjoy di jalanan merasa berasal dari pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Beberapa komunitas atau lembaga jadi sering mengadakan event spesifik kala CFD. Misalnya jalur santai, senam bersama, demo memasak, dll. Semuanya bisa dikerjakan bersama dengan bebas tanpa khawatir tertabrak mobil atau motor. Aktivitas ini terlebih cocok untuk anda yang mempunyai balita yang sering berlarian kesana-kemari. Jarang-jarang kan, balita boleh bermain di jalur raya.

Kendaraan wisata layaknya mobil dan becak hias juga banyak disewakan di acara ini. Ada juga penjual makanan, minuman, hingga mainan yang bisa anda temui di sepanjang jalan. Selain CFD, anda juga bisa ikuti event spesifik di hari-hari tertentu. Misalnya kala tersedia Festival Dugderan, pawai Hari Kemerdekaan, malam perubahan tahun, dll. Saat tersedia event ini, kebanyakan suasana Simpang Lima Semarang malam hari akan makin lama semarak.

9. Berburu Kuliner Simpang Lima Semarang

Selain laksanakan aktivitas-aktivitas di atas, anda juga bisa memanjakan perutmu. Di sekeliling Lapangan Pancasila, tersedia Pujasera daerah para pedagang menjual makanannya. Berbagai jenis makanan tradisional tersedia di sini. Mulai berasal dari yang khas Semarang layaknya tahu gimbal, wedang tahu, soto bokoran, dan lumpia; hingga khas daerah lain layaknya coto Makassar, dan soto Lamongan.

Jadi, jangan khawatir kecuali anda hanya miliki kala satu hari tapi ingin merasakan bermacam macam kuliner Semarang. Selama perutmu masih bisa diisi, anda bisa memesan masakan yang anda inginkan. Tak kudu khawatir akan mendapat harga menakjubkan layaknya yang sering berjalan di Malioboro Jogja. Di sini, rata-rata penjual menempelkan daftar harganya sehingga anda tak kudu khawatir tertipu.

Hanya saja, anda hanya bisa menikmati kesibukan ini di Simpang Lima Semarang malam hari. Karena, penjual baru merasa mengakses dagangannya lebih kurang magrib hingga dini hari.