Tidak Mudik Idul Fitri

Tidak Mudik Idul Fitri – Lebaran tahun ini rasanya bakal tidak sama bersama dengan lebaran-lebaran pada tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, tahun ini banyak sekali orang yang tidak mudik lebaran karena beraneka faktor.

Salah satu aspek utama yang muncul tahu tentu karena ada virus corona. Selain berdampak pada ekonomi, virus corona termasuk sebabkan warga terpaksa Tidak Mudik Idul Fitri pada tahun ini.

Lantas sebetulnya apa saja serba serbi Tidak Mudik Idul Fitri pada tahun ini? Menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya Glints bakal menjelaskannya satu per satu.

Penyebab-Penyebab Orang Tidak Mudik Idul Fitri

Tahun ini, menjadi tahun yang berat bagi banyak orang, lebih-lebih pegawai kantor yang sedang merantau. Pasalnya, wabah virus corona yang masih terjadi sebabkan mudik menjadi tidak memungkinkan.

Berikut ada sebagian aspek penyebab orang-orang tidak bisa mudik lebaran pada tahun ini:

1. Adanya larangan mudik

Demi menghindar ada penyebaran virus corona ke beraneka tempat di seluruh Indonesia, pemerintah pada akhirnya memutuskan untuk beri tambahan larangan mudik kepada seluruh penduduk pada tahun ini.

Dilansir dari Detik, pada tanggal 21 April 2020, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada akhirnya memutuskan untuk melarang penduduk mudik pada lebaran tahun ini.

Larangan mudik yang dikeluarkan oleh Presiden sebetulnya udah sesuai berdasarkan hasil survei yang berada di lapangan sehingga bukanlah sembarang larangan.

Bberdasarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), setidaknya ada 68% penduduk yang tunjukkan Tidak Mudik Idul Fitri, sedangkan 24% penduduk masih bersikeras untuk tetap mudik.

Dengan melihat hasil survei tersebut, maka terlampau berbahaya jikalau melepas 24% penduduk bakal memaksakan untuk mudik karena berpotensi menularkan virus corona ke orang-orang di kampung halamannya.

Berdasarkan larangan mudik ini, penduduk yang masih merantau, lebih-lebih anak kos dan pegawai kantor terpaksa wajib menunda pertemuan mereka bersama dengan keluarganya pada tahun ini.

Selain itu, orang yang merantau tentu berpikir bahwa mudik bakal membahayakan keluarga mereka di rumah dan juga orang-orang di lingkungannya.

2. Adanya perubahan cuti bersama dengan lebaran

Selain disebabkan larangan mudik, penyebab lainnya orang Tidak Mudik Idul Fitri adalah karena ada perubahan tanggal cuti bersama dengan lebaran.

Dilansir dari Tirto, Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri memutuskan untuk melakukan perubahan jadwal cuti bersama dengan pada tahun 2020.

Hal selanjutnya dilaksanakan pemerintah guna mempercepat penanganan dari virus corona itu sendiri. Diharapkan, akhir tahun virus corona udah berakhir sehingga penduduk bisa liburan.

Perubahan jadwal cuti bersama dengan selanjutnya termasuk termasuk cuti bersama dengan lebaran pada tahun 2020. Semula, cuti lebaran bersama dengan lebaran jatuh pada tanggal 26-29 Mei 2020. Hal itu lantas digeser ke akhir tahun menjadi 28-31 Desember 2020.

Adanya perubahan ini sebabkan penduduk berpikir lagi kalau mengidamkan mudik. Pasalnya, selain dilarang oleh pemerintah, perubahan cuti bersama dengan lebaran tentu bakal sebabkan liburan mereka jadi pendek jikalau pulang kampung.

3. Menghemat uang

Penyebab lain orang-orang tidak mudik pada tahun ini adalah karena mengidamkan menghemat duit di perantauan, lebih-lebih bagi anak kos dan pegawai kantor.

Saat mudik tentu bakal menggunakan duit transportasi sehingga ada baiknya menghindar diri untuk tidak mudik lebih-lebih dahulu.

Di segi lain, pegawai kantor yang masih bekerja di tengah-tengah pandemi virus corona ini tentu mengalami masa-masa yang sulit.

Bayang-bayang pemotongan gaji, PHK, sampai krisis ekonomi menghantui benak masyarakat. Hal ini sebabkan mereka terpaksa wajib bertahan hidup di tanah perantauan.

Tips Merayakan Lebaran biarpun Tidak Mudik
Rasanya tentu terlampau sedih karena tidak bisa merayakan Idulfitri bersama dengan keluarga pada tahun ini lantaran tidak bisa mudik karena ada sebagian faktor.

Kendati demikianlah jangan sedih terlampau dalam. Berikut tips bikin kamu yang tidak mudik sehingga sehingga lebaran tetap nyaman:

1. Melakukan video call bersama dengan keluarga

Saat hari raya Idulfitri tiba dan kamu ternyata tidak mudik, salah satu langkah sehingga tetap bisa merayakan Idulfitri adalah bersama dengan langkah melakukan video call bersama dengan orang keluarga.

Dengan begitu kamu bisa merasakan atmosfer Idulfitri bersama dengan keluarga biarpun hanya lewat video call.

Memang langkah ini merasa terlampau berbeda, tetapi langkah ini termasuk bisa menyembuhkan rasa rindu kamu bakal kampung halaman, kala kamu masih berada di tanah perantauan.

2. Mengatur pengeluaran

Jika kamu tidak mudik pada lebaran nanti, maka kamu bisa mengatur pengeluaran kamu bersama dengan lebih baik. Mudik sebetulnya kesibukan yang membahagiakan, tetapi wajib diakui kalau perihal itu memerlukan biaya.

Sering kali, ongkos ini tak hanya sekadar ongkos transportasi pulang-pergi, tetapi termasuk ongkos lain seperti membagikan duit kepada keponakan, belanja oleh-oleh, sampai liburan bersama dengan keluarga.

Nah, kala kamu tak bisa pergi ke kampung halaman, maka ongkos yang pada awalnya kamu siapkan untuk mudik bisa kamu alokasikan untuk keperluan lain.

Tidak ada yang tahu apa yang bakal terjadi dalam sebagian kala ke depan di jaman pandemi ini. Biaya yang pada awalnya kamu gunakan untuk keperluan mudik, bisa disimpan untuk dana darurat jikalau terjadi perihal terburuk.

Tak hanya itu, dana selanjutnya termasuk bisa kamu simpan untuk mudik di lantas hari kala jaman darurat usai sesuai bersama dengan kala yang direkomendasikan pemerintah.

Dengan begitu, rindumu pada keluarga bisa terbayarkan bersama dengan lebih safe dan nyaman.

3. Membersihkan Rumah

Memiliki rumah yang bersih bakal mengundang rasa tenang dan nyaman, biarpun kemungkinan tahun ini tidak ada acara berkunjung untuk silaturahmi. Kamu bisa share tugas bersama dengan seluruh keluarga dalam melakukan kesibukan ini bersama dengan sebabkan daftar pekerjaan bagi seluruh anggota keluarga. Aktivitas ini termasuk bisa kurangi virus di rumahmu. Selain itu, Kamu termasuk bisa mengganti tata letak perabotan rumah untuk mengganti keadaan rumahmu sehingga punyai keadaan baru dan tidak membosankan.

4. Mengenal dan bersilaturahmi bersama dengan anggota keluarga

Setelah sepanjang ini repot bersama dengan kesibukan masing-masing di luar rumah, moment ini bisa Kamu jadikan untuk mengenal anggota keluarga secara lebih dalam. Jauhkan seluruh gadget anggota keluarga dan mulailah melakukan sesi komunikasi yang lebih intens. Tanyakan kabar dan perasaan tiap anggota keluarga secara bergiliran bersama dengan sebabkan sesi semenarik mungkin. Kamu bisa menyelipkan beraneka mini games, seperti sebabkan pertanyaan-pertanyaan di kartu rahasia yang udah disembunyikan di seluruh rumah. Selain itu, gunakan moment Idul Fitri ini untuk bersilaturahmi bersama dengan keluarga yang jauh gunakan fitur video call.

5. Ikuti online workshop

Sekarang ini terdapat begitu banyak sarana kelas daring yang dibikin oleh beraneka pihak yang bisa kamu akses lewat aplikasi maupun lewat website. Kelas online punyai beraneka pilihan, merasa dari kelas pelatihan penulisan, kelas melukis, kelas kepemimpinan, apalagi kamu bisa ikuti kelas kajian agama lewat beraneka macam platform yang ada di internet. Ini bisa menjadi salah satu langkah Kamu untuk memperkaya wawasan bersama dengan keluarga.