Website Hosting

Hosting atau website hosting adalah sebuah sarana di dunia maya yang secara mendasar difungsikan sebagai daerah penyimpanan data-data dari sebuah website. Data-data yang disimpan di website biasanya berupa gambar, email, file, database, dan juga aplikasi atau script.

Bagi Anda yang berminat manfaatkan website hosting, maka perlu paham hosting dan fungsinya. Informasi singkat berkenaan hal berikut bakal disampaikan lewat ulasan ini dan segera saja mampu Anda lihat berikut.

Cara Kerja Website Hosting

Saat seseorang melaksanakan akses terhadap suatu website manfaatkan browser dalam bentuk network protocol bernama HTTP, maka jaringan internet bakal mengirimkan keinginan terhubung menuju ke server hosting. Kemudian, server hosting bakal melaksanakan pengiriman informasi berupa file yang diminta oleh pc orang yang akses website.

Informasi berikut bakal ditransfer dan diterjemahkan oleh browser dalam bentuk gambar dan tulisan. Hal ini konsisten terjadi bagi siapa saja yang melaksanakan akses suatu website.

Bermacam-Macam Layanan Hosting

Anda sekarang telah paham cara kerja dari sebuah website hosting dan perlu paham juga berbagai macam sarana hosting. Beberapa sarana hosting berikut mampu Anda lihat berikut ini.

Shared Hosting
Sesuai dengan namanya, shared hosting merupakan hosting yang dipakai secara bersama oleh sebagian pengguna. Semua pengguna dari shared hosting bakal saling berbagi terhadap resource maupun kapasitas server. Pengguna tidak mampu melaksanakan akses terhadap server secara leluasa, sebab semuanya diatur oleh pengelola server.

Pastinya manfaatkan shared hosting terdapat banyak kelebihan dan kekurangan. Anda perlu paham masing-masing dari kelebihan dan kekurangan tersebut. Beberapa kelebihan manfaatkan shared hosting:

  • Shared hosting ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan macam-macam hosting lainnya, seperti VPS server dan Dedicated server.
  • Shared hosting terlampau sesuai dipakai bagi pemula, sebab tidak perlu repot-repot perlu melaksanakan pengaturan sendiri terhadap server. Semua pemula juga telah paham bahwa tidak tersedia pengaturan server yang mudah.
  • Penyedia shared hosting biasanya sediakan sarana support dengan lebih memadai.

Apabila terjadi masalah dalam hal server, maka Anda tidak perlu turun tangan sendiri dan mampu menanti bagian penyedia shared hosting yang bakal merampungkan masalah tersebut.

Anda telah paham seluruh kelebihan dari shared hosting. Sekarang perlu paham kekurangan dari shared hosting diantaranya:

  • Apabila terdapat salah satu pengguna yang mengakibatkan server hosting overload, maka bakal mengganggu pengguna shared hosting lainnya.
  • Setiap pengguna shared hosting mempunyai akses terbatas terhadap server.
  • Semua batasan terhadap akses server dikelola oleh admin. Bahkan admin mampu saja menghapus pengguna hosting kala diakui melanggar ketentuan.

2. VPS Server atau VPS Hosting

Jenis hosting seterusnya adalah VPS hosting yang biasa disebut dengan VPS Server. VPS ini merupakan server hosting yang dibagi menjadi dua yakni server virtual dan server hosting tersendiri. Setiap pengguna VPS mempunyai root akses VPS dan berwenang mengelola secara penuh terhadap server atau hostingnya.

Apabila Anda berniat manfaatkan tipe hosting yang satu ini, maka Anda perlu mempunyai pengetahuan mendasar berkenaan server hosting. Perlu juga paham kelebihan dan kelemahan manfaatkan tipe hosting yang satu ini. Beberapa kelebihan manfaatkan VPS hosting adalah:

  1. VPS sesungguhnya tawarkan harga di atas shared hosting, tetapi tetap selamanya lebih terjangkau daripada Dedicated server.
  2. Kendali penuh terhadap kustomisasi VPS hosting.
  3. Hanya tipe VPS managed yang tawarkan full support dari penyedia hosting.
  4. Anda mampu upgrade dan downgrade resource tanpa mengalami downtime.

Anda telah paham seluruh kelebihan manfaatkan VPS hosting. Selanjutnya, Anda perlu paham apa saja kelemahannya di bawah ini.

Pemula kurang sesuai manfaatkan sarana tipe hosting ini, sebab perlu pengetahuan mendasar berkenaan hosting dan proses operasinya.
Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi daripada shared hosting, sehingga diperuntukkan dalam berbisnis

3. Dedicated Server Hosting

Dedicated server adalah tipe hosting yang terakhir dan ini amat mungkin penggunanya untuk mempunyai root access server untuk mengendalikan server hosting sepenuhnya. Pengguna yang membayar tipe sarana hosting ini telah pasti bukan pemula, sebab memerlukan pengetahuan yang mendalam.

Dedicated server hosting mempunyai banyak kelebihan dan kelemahan yang perlu Anda ketahui jikalau berminat untuk menggunakannya. Beberapa kelebihan dari dedicated server hosting adalah:

  • Setiap 1 server fisik hanya untuk satu pengguna
  • Punya hak akses root server hosting
  • Anda yang memutuskan ketentuan pemanfaatan sendiri.
  • Resource besar yang mampu dipakai oleh Anda sendiri.

Anda telah paham kelebihan dari dedicated server hosting, sehingga perlu paham berkenaan kelemahannya. Beberapa kelemahan dari dedicated server hosting yakni:

Perlu pengetahuan yang mendalam berkenaan server hosting dan proses operasinya.
Biayanya paling mahal dari tipe sarana hosting lainnya.

Fungsi Utama Web Hosting

Baik itu di website pribadi, perusahaan, organisasi, atau apalagi lembaga pendidikan. Namun, faedah hosting tidak hanya itu saja. Di artikel ini kami bakal mengupas tersedia 3 faedah hosting yang paling utama, yaitu:

Penyimpanan Data (Data Storage)
Sebagai faedah utama hosting, yakni sebagai daerah menyimpan data dari sebuah website atau aplikasi secara online yang bakal memudahkan para pengguna internet untuk mampu terhubung data berikut secara online. Ukuran sebuah hosting, apalagi hosting berbayar bakal bervariasi, jadi dari 30 MB, 50 MB, hingga ratusan GB mampu disediakan, dan dibayarkan oleh pemilik website untuk menyimpan banyak data, ataupun file di websitenya.

Tujuannya adalah memudahkan para pengguna internet untuk mencari, dan menemukan data-data yang mereka cari di satu, ataupun banyak website tertentu yang biasanya digunakan sebagai perpustakaan online di internet. Semakin banyak kuantitas ukuran sebuah hosting, maka makin besar harga yang dibayarkan oleh penyedia website tersebut.

2. Terhubung di internet (Online)

Fungsi yang tidak kalah mutlak dari hosting adalah untuk selamanya mengakibatkan suatu website terhubung di internet atau yang lebih dikenal dengan istilah online. Hal ini bakal meyakinkan website selamanya online, dan mampu ditemukan para pengguna internet dengan gampang dari seluruh dunia.

Maka, sepanjang tidak tersedia masalah terhadap hosting sebuah website, maka website selamanya terjaga dan tidak tersedia serangan dari hacker. Website yang aman dari masalah berikut mampu dengan gampang diakses dimana saja dan kapan saja. Namun, perlu diingat untuk para penyedia website yang manfaatkan sarana free website hosting, kadang-kadang website mampu secara tiba-tiba mati ataupun menghilang.

Oleh sebab itu, mutlak untuk para penyedia website dalam mempertimbangkan manfaatkan paid website hosting, sebab tipe paid website hosting bakal lebih aman dan mempunyai garansi, dan juga berbagai keunggulan lainnya yang mampu didapat para penyedia website maupun para pengguna website tersebut. Berangkat dari alasan tersebut, terlampau disarankan bagi suatu website bisnis, sehingga para penyedia semestinya menanggung keamanan websitenya sendiri dan menanggung keamanan data-data para pengunjung website dengan cara menentukan website hosting yang aman dan juga terpercaya untuk website nya.

3. Alamat Website (Link Website)

Selain sebagai daerah penyimpanan data, dan sebagai penghubung (online) di dunia maya, hosting sendiri juga berfaedah sebagai pengalihan atau yang biasa dikenal dengan istilah redirection dari sebuah DNS. Misalnya saja, terkecuali website anda mempunyai alamat hosting.com, maka website berikut mempunyai domain yang telah terdaftar terhadap sebuah DNS.

Ketika sebuah website bakal diakses oleh pengguna internet, maka penyedia domain atau server dari website berikut bakal segera menuju ke alamat hosting yang digunakan website berikut untuk mengakibatkan websitenya online dan mampu ditemukan di dunia maya. Bahkan, ketika sebuah alamat website telah terdaftar di suatu DNS tetapi tidak mempunyai hosting, website berikut tidak bakal mampu diakses secara online dan hanya bakal menghidupkan tanggapan error terhadap layar monitor ketika seseorang melacak alamat website tersebut.